Biodata Albertus Magnus (Albertus Agung) Penemu Unsur Kimia Arsen (Arsenik)

Biodata Albertus Magnus (Albertus Agung) Penemu Unsur Kimia Arsen (Arsenik)

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Albertus Magnus seorang penemu unsur kimia arsen (Arsenik). Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur kimia arsen (Arsenik), simak penjelasannya berikut ini.

Santo Albertus Magnus adalah seorang ilmuwan, filsuf, dan uskup. Albertus lahir sekitar tahun 1205 sampai 1206 dan meninggal di Cologne pada tanggal 15 November 1280.

Santo Albertus disebut Magnus (Latina: Besar) dan juga Doktor Universal, karena kecerdasannnya yang luar biasa. Dia adalah seorang Uskup Gereja Katolik dari Ordo Dominikan.

Albertus ialah anak sulung dari the Count of Bollstädt, yang lahir di Lauingen, Swabia, Jerman. Albertus bersekolah di Universitas Padua, dan dia bergabung dengan Ordo Dominikan pada tahun 1223.

Hampir sepanjang hidupnya dihabiskan untuk belajar, berdoa, dan penelitian. Menurut ahli sejarah, setelah selesai belajar ilmu dasar, Albertus melanjutkan belajarnya ke Padua, Bologna, Paris.

Saat di Paris, Santo Albertus Magnus menerima penobatannya sebagai Doktor Theologi. Albertus amat dipengaruhi oleh Aristoteles sebagai ilmuwan dan filsuf sepanjang masa.

Karena, dialah yang pertama kali mengkomentari karya-karya Aristoteles dan hal itu membuatnya mempunyai pemikiran luas dan pengetahuan yang luas. Studi ini, juga membawanya untuk mempelajari dan mengomentari pengajaran dari akademisi Muslim, Avicenna dan Averroes.

Albertus belajar tidak hanya dari buku. Namun, ia juga melakukan penelitian menggunakan metode-metode penelitian Aristoteles.

Arsen

Arsen, arsenik, atau arsenikum adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol As dan nomor atom 33. Ini adalah bahan metaloid yang terkenal beracun dan mempunyai tiga bentuk alotropik; kuning, hitam, dan abu-abu. Arsenik dan senyawa arsenik digunakan sebagai pestisida, herbisida, insektisida. Albertus Magnus dipercaya sebagai orang pertama yang memisahkan unsur ini.

Baca Juga :  Biodata Igor Ivanovich Sikorsky Penemu Helikopter

Penemuan unsur kimia Arsen

Sebagai seorang ilmuwan, Santo Albertus Magnus adalah orang yang pertama kali berhasil mengisolasi Arsenik, pada tahun 1250. Ia mendokumentasikanya dengan baik. Cara mengisolasinya dengan memanaskan arsenik trisulfida (As2S3) bersama-sama dengan sabun. Kontribusi inilah yang amat berguna bagi dunia ilmu pengetahuan.

Dari penemuan itu, Albertus dikreditkan dengan penemuan unsur arsenik dan bereksperimen dengan bahan kimia fotosensitif, termasuk perak nitrat. Albertus memang percaya bahwa batu mempunyai sifat okultisme, sebab ia terkait dalam karyanya De mineralibus. tapi, ada sedikit bukti bahwa dia secara pribadi melakukan eksperimen alkimia.

Sifat dan Manfaat Arsen

Arsenik secara kimiawi mempunyai karakteristik yang serupa dengan Fosfor, dan sering dapat digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan juga beracun.

Saat dipanaskan, arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik, yang berbau seperti bau bawang putih. Arsenik dan beberapa senyawa arsenik juga dapat langsung tersublimasi, berubah dari padat menjadi gas tanpa menjadi cairan terlebih dahulu.

Zat dasar arsenik ditemukan dalam dua bentuk padat yang berwarna kuning dan metalik, dengan berat jenis 1,97 dan 5,73. Timbal biarsenat telah digunakan pada abad ke-20 sebagai insektisida untuk buah namun mengakibatkan kerusakan otak para pekerja yang menyemprotnya.

Selama abad ke-19, senyawa arsen telah digunakan dalam bidang obat-obatan tetapi kebanyakan sekarang telah digantikan dengan obat-obatan yang lebih modern.

Kegunaan lain :

  • Berbagai macam insektisida dan racun
  • Galium arsenida adalah material semikonduktor penting dalam sirkuit terpadu. Sirkuit dibuat menggunakan komponen ini lebih cepat tetapi juga lebih mahal daripada terbuat dari silikon.

Penutup

Itulah biodata Albertus Magnus seorang penemu unsur kimia arsen (Arsenik). Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Dorothea Rosa Herliany, Penulis dan Sastrawan Indonesia

sumber :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Albertus_Agung
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Albertus_Magnus
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Arsen
  • http://bukukimia.blogspot.co.id/2012/06/albertus-magnus-penemu-arsenik.html

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski