Keladi Green Ice atau Keladi Army Look

Keladi Green Ice

Keladi Green Ice atau Keladi Army Look – Keladi merupakan tanaman hias yang populer di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia. Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Berbagai macam jenis keladi yang tumbuh di sekitar kita, salah satunya adalah jenis keladi yang memiliki ciri khas. Apa saja ciri dan bagaimana perawatannya? Simak ulasan Waca Berita kali ini tentang Keladi Green Ice ya sob!

Klasifikasi Ilmiah Keladi

Keladi secara umum memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut :

  • Kigdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledonae
  • Ordo : Araceales
  • Family: Araceae
  • Genus : Caladium

Sementara itu untuk Keladi Green Ice memiliki nama ilmiah Caladium marmoratum.

Ciri Tanaman Keladi

Ciri yang paling khas dari tanaman keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

Kecantikan ini terletak pada bentuk dan warna daunnya, dari warna campur hingga menyerupai batik. Sekarang, keladi hias sedang banyak digemari. Kenapa keladi hias digandrungi banyak orang? Bentuk daunnya yang bagus, tak hanya berwarna hijau tapi ada juga yang merah hingga putih, membuat keladi hias menjadi orang jatuh cinta. Jenisnya pun sangat banyak.

Baca Juga :  Biodata dr Moewardi, Pahlawan Nasional

Keladi ini sangat menyukai cahaya, namun ia tidak terlalu menyukai cahaya matahari langsung, pada habitatnya dia lebih menyukai tempat yang berada di bawah pohon-pohon rindang, jika tidak demikian daun-daun tersebut akan gosong atau terbakar. Keladi ini akan mudah hidup pada media yang tidak terlalu padat. Cara perkembangbiakan dengan dua cara, vegetatif (umbi) dan generatif (biji). Dengan umbi lebih cepat, sedangkan dengan biji memakan waktu lebih lama.

Corak Keladi Jenis Green Ice

Hampir semua keladi tidak berbatang, tetapi hanya membentuk pelepah atau tangkai daun. Bentukdaunnya juga sangat bervariasi,dari segitiga,oval,bulat,hingga panjang.

Pangkal daun berlekuk,tulang daun sangat menunjang keindahan daunnya serta tepi daun ada yang rata dan ada pula yang berlekuk atau bergerigi menyerupai gergaji. Warna daun juga bervariatif,dari hijau muda,hijau kehitaman, hijau kehitaman, hijau keunguan, kuning, putih, merah muda, merah tua, ungu, keperakan, cokelat, atau kehitaman, hingga kombinasi dari warna warna tersebut.

Tanaman keladi ini memiliki sifat yang umum seperti tanaman keladi jenis lainnya. Yang membedakan adalah corak yang khas pada daunnya. Tanaman keladi ini memiliki ciri tangkai daun yang berwarna hijau tua dan ada bintik-bintik hitam. Sedangkan fisik daunnya cenderung berbentuk oval dengan ujungnya agak meruncing. Warna dasar daunnya dominan hijau, lantas ada bercak-bercak hijau muda keputihan.

Tak heran jika kemudian keladi ini yang menyebut dengan keladi army lokal karena coraknya mirip dengan keladi army look. Tulang daun green ice nyaris tak tampak, karena kecil dan tipis. Sementara itu keladi jenis green ice bisa mencapai ketinggian hingga 1 meter.

Harga Keladi Green Ice

Di pasaran saat ini, keladi jenis green ice masih diminati oleh para pecinta tanaman hias. Harga yang ditawarkan mulai Rp 15.000. Sobat bisa mendapatkan keladi ini di kebun tanaman hias atau marketplace langganan Sobat.

Baca Juga :  Biodata James Clerk Maxwell Penemu Spektrum Elektromagnetik

Perawatan Keladi Green Ice

Perawatan keladi ini tergolong mudah ya sob. Untuk pencahayaan kamu cukup menempatkan keladi ini di tempat yang agak teduh, tidak terkena sinar matahari langsung penuh. Lakukan penyiraman dua hari sekali, asal media tanamnya basah saja.

Demikian informasi tentang Keladi Green Ice, semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski