Biodata Alexander Parkes Penemu Plastik atau Parkesine Pertamakali

Biodata Alexander Parkes Penemu Plastik atau Parkesine Pertamakali

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Alexander Parkes seorang penemu plastik atau parkesine pertamakali. Penasaran ingin tahu tentang penemu plastik atau parkesine pertamakali, simak penjelasannya berikut ini.

Alexander Parkes ialah seorang ahli metalurgi dan penemu dari Birmingham, Inggris. Parkes menciptakan Parkesine, yang merupakan plastik pertama buatan manusia.

Biografi

Alexander Parkes lahir di Suffolk Street, Birmingham, Inggris pada tanggal 29 Desember 1813. Parkes adalah putra keempat dari pasangan James Mears Parkes dan Keren happuch Childs.

Parkes dua kali menikah. Pernikahan pertamanya, dengan Jane Henshall Moore (1817-1850), mempunyai empat putra dan dua putri. Sedangkan pernikahan yang kedua dengan Mary Ann Roderick (1835-1919),mempunyai dengan empat putra dan tujuh putri.

Parkes ditugaskan di departemen casting, saat itu perhatiannya mulai fokus pada elektroplating. Parkes mengambil paten pertamanya (No. 8905) pada tahun 1841 dalam sebuah proses untuk menyepuh karya seni halus. Parkes meningkatkan sebuah metode untuk menyepuh benda halus dan rapuh, seperti bunga, diberikan paten pada tahun 1843.

Paten yang melibatkan sebuah objek elektroplating yang sebelumnya dicelupkan dalam larutan fosfor yang terkandung dalam bisulfide karbon, dan kemudian di nitrat perak. Sebuah jaring laba-laba, perak berlapis menurut metode ini, telah disampaikan kepada Pangeran Albert ketika ia mengunjungi Elkington pada tahun 1844.

Penemuan Parkesine

Plastik pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Parkes pada tahun 1862 di sebuah ekshibisi internasional di London, Inggris. Plastik temuan Parkes disebut parkesine ini dibuat dari bahan organik dari selulosa.

Baca Juga :  Biodata Subrahmanyan Chandrasekhar Penemu Teori Evolusi Bintang

Parkesin adalah sebuah material organik yang berasal dari selulosa atau serat yang dapat dibentuk bila dipanaskan dan mengeras ketika suhunya turun.

Alexander Parkes mengatakan bahwa temuannya ini mempunyai karakteristik mirip karet, namun dengan harga yang lebih murah. Parkes juga menemukan bahwa parkesine ini bisa dibuat transparan dan mampu dibuat dalam berbagai bentuk.  Sayangnya, temuannya ini tidak bisa dipublikasikan karena mahalnya bahan baku yang digunakan.

Kematian

Alexander Parkes meninggal dunia pada tanggal 29 Juni 1890. Parkes dimakamkan di West Norwood Cemetery, London, Inggris.

Penutup

Itulah biodata Alexander Parkes seorang penemu plastik atau parkesine pertamakali. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Alexander_Parkes & Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski