Biodata Antonie Philips van Leeuwenhoek Penemu Lensa Optik

Biodata Antonie Philips van Leeuwenhoek Penemu Lensa Optik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Antonie Philips van Leeuwenhoek seorang penemu lensa optik. Penasaran ingin tahu tentang penemu lensa optik, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Antonie Philips van Leeuwenhoek :

Lahir : 24 oktober 1632, Delft, Belanda

Meninggal : 26 Agustus 1723 (umur 90) Delft, Belanda

Tempat tinggal : Belanda

Kebangsaan : Belanda

Dikenal atas : Menemukan protozoa deskripsi sel darah merah pertama. penemu lensa optik

Karir ilmiah Bidang : ahli mikroskop dan biologi

 

Antonie Philips van Leeuwenhoek (24 Oktober 1632 – 26 Agustus 1723) ialah seorang berkebangsaan Belanda. Dia dikenal sebagai ” Bapak Mikrobiologi “, dan dianggap sebagai yang pertama kali menekuni ilmu mikrobiologi.

Saat masa mudanya Leeuwenhoek bekerja sebagai pedagang kain, dan tahun 1654 dia mendirikan toko sendiri di Delft , Belanda. Dia adalah orang pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel tunggal, yang awalnya disebut sebagai animalcules, dan yang sekarang disebut sebagai mikroorganisme.

Leeuwenhoek juga yang pertama merekam pengamatan mikroskopis serat otot, bakteri, spermatozoa, dan darah mengalir di kapiler (kecil pembuluh darah ). Penemuan Leeuwenhoek terungkap melalui korespondensi dengan Royal Society , yang menerbitkan surat-suratnya.

Awal Karir

Antonie van Leeuwenhoek lahir di Delft , Belanda , pada 24 Oktober 1632. Ayahnya bernama Philips Antonysz van Leeuwenhoek, bekerja sebagai pembuat keranjang yang meninggal saat Antony berusia lima tahun.

Ibunya bernama Margaretha (Bel van den Berch). Antonie mempunyai empat kakak perempuan yaitu Margriete, Geertruyt, Neeltge, dan Catharina.

Baca Juga :  Biodata Yudi Utomo Imardjoko Penemu Kontainer Limbah Nuklir

Antonie bersekolah di dekat Leyden untuk waktu yang pendek sebelum disuruh tinggal di Benthuizen dengan pamannya, yang berprofesi sebagai seorang pengacara dan  petugas kota.

Pada bulan Juli 1654 Antonie menikah dengan Barbara de Mey,  lalu dikaruniai satu anak perempuan, Maria (empat anak lainnya meninggal saat masih bayi). Istri Antonie meninggal pada tahun 1666, kemudian pada 1671 Antonie menikah lagi dengan Cornelia Swalmius.

Penemuan Lensa Optik

Antonie van Leeuwenhoe mendapatkan mikroskop yang punya daya kekuatan pengamatan yang jauh lebih baik dari mikroskop yang sudah ada sebelumnya.

Salah satu dari lensa yang masih ada memiliki kapasitas membesarkan sekitar 270 kali, bahkan ada tanda-tanda bahwa Antonie berhasil membuat lebih sempurna dari temuan itu.

Antonie membuat lebih dari 500 lensa optik. Dia juga menciptakan sedikitnya 25 mikroskop, dari jenis yang berbeda, tetapi hanya sembilan bertahan.

Mikroskopnya terbuat dari frame perak atau tembaga, dengan lensa buatan tangan. Antonie van Leeuwenhoek mampu membuat perbesaran hingga 275 kali. Tidak mustahil bila Antonie mempunyai beberapa mikroskop yang dapat memperbesar hingga 500 kali.

Kematian dan warisan

Saat akhir hidupnya, Antonie Van Leeuwenhoek telah menulis sekitar 560 surat kepada Masyarakat dan lembaga-lembaga ilmiah lainnya tentang pengamatan dan penemuannya.

Bahkan ketika dalam keadaan sakit, Antonie terus mengirim surat pengamatan penuh ke London. Beberapa surat terakhirnya berisi deskripsi yang tepat dari penyakitnya sendiri.

Antonie menderita penyakit langka, gerakan yang tak terkendali dari perut, yang kini bernama penyakit Van Leeuwenhoek. Antonie Van Leeuwenhoek meninggal pada 26 Agustus 1723, saat usianya 90 tahun dan dimakamkan empat hari kemudian di Oude Kerk (Delft)

Penutup

Itulah biodata Antonie Philips van Leeuwenhoek seorang penemu lensa optik, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Sunan Bonang (Raden Maulana Makdum Ibrahim)

baca juga : Biodata Alfred Nobel Penemu Dinamit

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski