Biodata Brian David Josephson Penemu Efek Josephson

Biodata Brian David Josephson Penemu Efek Josephson

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Brian David Josephson seorang penemu efek Josephson. Penasaran ingin tahu tentang penemu efek Josephson, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Brian David Josephson :

  • Lahir : 4 Januari 1940 Cardiff, Wales
  • Kebangsaan : Britania Raya
  • Bidang : Fisika
  • Lembaga : Fellow, Trinity College, Cambridge ; Profesor emeritus fisika, University of Cambridge
  • Alma mater : University of Cambridge, BA, MA (1960, 1964), PhD (1964)
  • Tugas Akhir :  Konduksi Non-linear dalam superkonduktor
  • Penasihat Doktor : Brian Pippard
  • Dikenal atas : Penemu Efek Josephson
  • Penghargaan : Fellow of the Royal Society (1970) ; Elliott Cresson Medal (1972) ; Penghargaan Nobel dalam Fisika (1973) ; Faraday Medal (1982)
  • Pasangan : Carol Anne Olivier

 

Brian David Josephson adalah fisikawan asal Inggris dan pemenang Hadiah Nobel dalam Fisika tahun 1973, Bagian hadiah lainnya diberikan kepada Leo Esaki dan Ivar Giaever. Brian menemukan efek Josephson saat ia masih be­rusia 22 tahun.

Biografi

Brian David Josephson lahir pada tanggal 4 Januari 1940 di Cardiff, Wales. anak dari pasangan seorang Yahudi, Mimi (née Weisbard, 1911-1998), dan Abraham Josephson.

Brian belajar di SMA Cardiff, ia mendapat bimbingan dari Master fisika, EMRYS Jones, yang memperkenalkannya kepadanya teori fisika. Pada tahun 1957 Brian pergi ke Cambridge, di mana ia belajar matematika di Trinity College.

Setelah menyelesaikan Matematika Bagian II dalam dua tahun, Brian memutuskan untuk beralih ke fisika.
Setelah mengikuti kuliah fisika di Trinity College Brian menyandang gelar master serta doktor pada tahun 1964.

Baca Juga :  Biodata Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau Penemu dan Pendiri Path

Penemuan

Brian meminati bidang superkonduktivitas. Ia lalu memulai penyelidikannya atas sifat-sifat sambungan (junction) antara dua superkonduktor, yang kelak di­kenal sebagai sambungan Josephson.

Brian kemudian mengembangkan hasil penelitian awalnya itu menjadi tunnelling, yakni gejala tempat elektron-elektron yang ber­ungsi sebagai gelombang-gelombang radiasi dapat menembus benda-benda padat.

Secara teoritis Brian memperlihatkan bahwa tunnelling di antara dua superkonduktor pasti mempunyai karakteristik tersendiri, yakni mengalir sepanjang lapisan yang terisolasi tanpa mengenakan voltase, jika voltase dikenakan, alirannya akan berhenti dan berpusar dengan frekuensi tinggi.

Itulah yang disebut efek Josephson. Efek ini antara lain diterapkan oleh IBM untuk sakelar komputer yang sangat cepat.

Penutup

Itulah biodata Brian David Josephson seorang penemu efek Josephson. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski