Biodata Caroline Herschel Penemu Beberapa Komet

Biodata Caroline Herschel Penemu Beberapa Komet

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Caroline Herschel seorang penemu beberapa komet. Penasaran ingin tahu tentang penemu beberapa komet. simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Caroline Herschel :

  • Tanggal lahirCaroline Lucretia Herschel 16 Maret 1750 Hanover , Pemilih dari Hanover , HRE
  • Meninggal9 Januari 1848 (umur 97) Hanover, Kerajaan Hanover , Jerman Konfederasi
  • Kebangsaan : Jerman
  • FieldsAstronomi
  • Dikenal sebagai : Penemuan beberapa komet
  • Penghargaan terkemukaMedali Emas dari Royal Astronomical Society (1828), Medali Emas Prussian Sains (1846)

Caroline Lucretia Herschel (16 Maret 1750 – 9 Januari 1848) adalah seorang astronom Jerman, yang paling signifikan kontribusi untuk astronomi adalah penemuan dari beberapa komet, termasuk komet periodik 35P / Herschel-Rigollet , yang menyandang namanya. Dia juga adik dari astronom William Herschel , dan dengannya dia bekerja sepanjang karirnya.

Caroline adalah wanita pertama yang harus dibayar untuk kontribusinya bagi ilmu pengetahuan, akan diberikan Medali Emas dari Royal Astronomical Society pada tahun 1828, dan diberi nama Anggota Kehormatan dari Royal Astronomical Society (1835, dengan Mary Somerville ). Caroline dinobatkan sebagai anggota kehormatan Royal Irish Academy tahun 1838. Raja Prusia saat itu juga memberinya Medali Emas untuk bidang Sains pada ulang tahunnya yang ke-96(1846).

Kehidupan awal

Caroline Lucretia Herschel lahir di kota Hanover pada 16 Maret 1750. Dia adalah anak kedelapan dan putri keempat dari pasangan Isaac Herschel, seorang Yahudi oboist , dan istrinya Anna Ilse Moritzen.

Isaac menjadi bandmaster di Garda, dan keluar dengan resimennya untuk periode yang cukup besar, dan menderita sakit, setelah Pertempuran Dettingen pada tahun 1743.

Baca Juga :  Biodata Lars Fredrik Nilson Penemu Skandium

Pada usia sepuluh tahun, Caroline menderita penyakit tifus, dia juga kehilangan penglihatan di mata kirinya karena penyakitnya itu. Keluarganya mengira dia tidak akan pernah menikah dan ibunya merasa itu yang terbaik baginya untuk melatih menjadi pembantu rumah daripada menjadi orang yang berpendidikan.

Ayah Caroline terkadang mengambil kesempatan ketika ibunya sedang tidak ada untuk mengajarinya, dalam pelajaran kakaknya, seperti biola. Caroline juga diperbolehkan untuk belajar menjahit dari tetangganya, tetapi  usahanya terhambat oleh pekerjaan rumah tangganya selama berjam-jam.

Setelah ayahnya meninggal, saudaranya William dan Alexander mengusulkan agar ia bergabung dengannya di Bath, Inggris untuk menjalani masa percobaan sebagai penyanyi.

Caroline akhirnya pergi dari Hanover pada 16 Agustus 1772 setelah intervensi kakaknya dengan ibu mereka. Dalam perjalanan ke Inggris, Caroline pertama kali diperkenalkan pada astronomi melalui rasi bintang dan toko-toko kacamata.

Kehidupan pribadi

Ketika William menjadi semakin tertarik pada astronomi, lalu dia mengubah dirinya dari seorang musisi menjadi seorang astronom, Caroline mendukung usahanya itu.

Namun, pada akhirnya, dia menjadi sangat tertarik pada astronomi dan menikmati pekerjaannya tersebut. Pada tahun 1770-an, ketika William menjadi lebih tertarik pada bidang astronomi, dia mulai membuat teleskop sendiri dari lensa yang dia punya, karena dia tidak menyukai kualitas lensa yang dia beli.

Hobinya menghabiskan waktu di malam hari menjadikan William tertarik pada astronomi. Ketika sarapan pagi hari berikutnya, dia akan memberikan pembelajaran tentang apa yang telah dia pelajari di malam sebelumnya.

Caroline menjadi tertarik juga sama seperti William. William menjadi terkenal karena karyanya pada teleskop berkinerja tinggi, dan Caroline yang mendukung usahanya.

Caroline menghabiskan waktu beberapa jam untuk membersihkan cermin dan memasang teleskop untuk memaksimalkan jumlah cahaya yang ditangkap. Dia juga belajar merekam, mengurangi, dan mengatur pengamatan astronomi kakaknya.

Baca Juga :  Review Iphone 13 Mini Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

Atas saran kakaknya, Caroline mulai melakukan pengamatan sendiri pada tahun 1782. Selama jam luang dia menyibukkan diri dengan mengamati langit dengan 27-inch (690 mm) panjang fokus teleskop Newtonian dan dengan cara ini terdeteksi sejumlah obyek astronomi selama tahun 1783-1787

Pada 26 Februari 1783, Caroline membuat penemuan pertamanya, dia telah menemukan nebula yang tidak termasuk dalam katalog. William kemudian mulai mencari nebula, dan dia merasakan bahwa ada banyak penemuan yang harus dilakukan.

William dengan cepat menyadari bahwa metodenya dalam mencari nebula tidak efisien dan dia membutuhkan asisten untuk menyimpan catatan. seketika dia menunjuk ke Caroline.

Penemuan komet

Selama tahun 1786 sampai tahun 1797 dia menemukan delapan komet. komet yang pertama dia temukan pada tanggal 1 Agustus 1786.  Dia juga menemukan komet Encke pada tahun 1795.

Lima dari kometnya diterbitkan dalam jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society. William dipanggil ke Kastil Windsor untuk menunjukkan komet Caroline kepada keluarga kerajaan.

Caroline Herschel sering dianggap sebagai wanita pertama yang menemukan komet. Dia menulis surat kepada  Astronomer Royal untuk mengumumkan penemuan komet keduanya.

Komet ketiga ditemukan pada 7 Januari 1790, dan yang keempat pada 17 April 1790. Dia memberitahukan keduanya kepada Sir Joseph Banks, dan semuanya ditemukan dengan teleskop tahun 1783.

Pada tahun 1791, Caroline  menggunakan teleskop 9 inci untuk mencarian komet, dan dia menemukan tiga komet lagi dengan alat itu. Komet kelimanya ditemukan pada tanggal 15 Desember 1791 dan yang keenam pada tanggal 7 Oktober 1795.

Dua tahun berikutnya, komet kedelapan dan terakhirnya ditemukan pada 6 Agustus 1797, satu-satunya komet yang dia temukan tanpa bantuan optik. Dia mengumumkan penemuan ini dengan mengirim surat ke Banks.

Baca Juga :  Biodata Les Paul Gibson Penemu Gitar Listrik

Caroline Herschel mendapatkan Medali emas dari Masyarakat Astronomi diberikan kepadanya pada tahun 1828. Royal Astronomical Society juga menunjuknya sebagai Anggota Kehormatan pada tahun 1835, bersama dengan Mary Somerville, mereka berdua adalah anggota wanita pertama di Royal Astronomical Society.

Pada tahun 1846, saat usianya 96 tahun, dia dianugerahi Medali Emas untuk bidang Sains oleh Raja Prusia Asteroid 281 Lucretia dinamai menurut namanya untuk menghormatinya. Caroline Herschel meninggal dunia pada tanggal 9 Januari 1848 saat umurnya umur 97 tahun di Hanover, Kerajaan Hanover , Jerman Konfederasi.

 

Penutup

Itulah Biodata Caroline Herschel seorang penemu beberapa komet, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Cai Lun Penemu Kertas

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski