Biodata Charles Friedel Penemu Rumus Sintesa (Reaksi Friedel-Crafts)

Biodata Charles Friedel Penemu Rumus Sintesa (Reaksi Friedel-Crafts)

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Charles Friedel seorang penemu rumus sintesa. Penasaran ingin tahu tentang penemu rumus sintesa, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Charles Friedel :

  • Lahir : 13 Maret 1832 Strasbourg, France
  • Meninggal : 20 April 1899 (umur 67) Montauban, Perancis
  • Kebangsaan : Perancis
  • Bidang : Mineralogy, Chemistry
  • Alma mater : University of Strasbourg, Sorbonne
  • Dikenal karena : Friedel–Crafts reaction
  • Penghargaan : Davy Medal (1880)

 

Charles Friedel ialah seorang ahli kimia yang berasal dari Perancis. Friedel lahir di Strasbourg tanggal 13 Maret 1832 dan meninggal dunia di Montauban tanggal 20 April 1899.

Pada tahun 1854, Charles masuk ke C.A. Laboratorium Wurtz, dan setahun setelahnya, yakni tahun 1856, ia diangkat menjadi seorang konservator bidang mineralogi di National School of Mines Superior.

Saat tahun 1871, Friedel mulai kuliah di École Normale dan selanjutnya tahun 1876 Friedel berhasil menjadi profesor bidang mineralogi di Sorbonne.

Namanya mulai dikenal oleh orang-orang ketika menciptakan rumus sintesa yang kemudian disebut dengan kreasi Friedel-Crafts pada tahun 1877.

Rumusan ini diciptakan oleh Charles bersama temannya bernama James M. Crfats, yakni seorang ahli kimia berasal dari Amerika Utara. Selain sukses dalam pembuatan rumus, Charles juga adalah seorang pendiri Revue Générale de Chimie tahun 1899.

Pada tahun 1879 sampai 1887, Friedel bekerja sama dengan Emile Edmond Sarasin untuk meneliti pembentukan mineral dengan cara buatan. Pada awalnya, Friedel memang berkonsentrasi di bidang kimia mineralogi, namun kemudian beralih ke kimia organik.

Baca Juga :  Biodata Ferdinand Monoyer Penemu Diopter

Reaksi Friedel-Crafts

Reaksi Friedel-Crafts merujuk pada sekelompok reaksi kimia yang dikembangkan oleh Charles Friedel dan James Crafts pada tahun 1877.

Terdapat dua kelompok besar reaksi Friedel-Crafts, yakni reaksi alkilasi dan reaksi asilasi. Reaksi-reaksi ini termasuk dalam reaksi substitusi aromatik elektrofilik.
The Friedel-Crafts alkylation of benzene with methyl chloride

Alkilasi Friedel-Crafts

Alkilasi Friedel-Crafts melibatkan alkilasi dari cincin aromatik dan alkil halida menggunakan katalis asam Lewis. Dengan menggunakan feri klorida sebagai katalis, gugus alkil melekat pada posisi ion klorida sebelumnya.
Mechanism for the Friedel Crafts alkylation
Reaksi ini mempunyai beberapa kekurangan, di antaranya adalah produk reaksi ini lebih nukleofilik dari reaktan reaksi disebabkan pendonor elektron rantai alkil.

Oleh sebab itu, hidrogen yang lainnya tersubstitusikan oleh rantai alkil lainnya, menghasilkan molekul yang kelebihan gugus alkil.

Jika atom klorin tidak berada dalam karbon tersier, reaksi penataan-ulang akan terjadi. Ini dikarenakan stabilitas karbokation tersier yang lebih stabil dari karbokation sekunder maupun primer.

Rintangan sterik dapat digunakan untuk membatasi banyaknya alkilasi yang terjadi seperti pada t-butilasi 1,4-dimetoksibenzena.
t-butylation of 1,4-dimethoxybenzene
Alkilasi tidak hanya terbatas pada alkil halida: reaksi Friedel-Crafts dapat terjadi pada seluruh zat antara karbokation seperti zat antara dari reaksi alkena dengan asam protik ataupun asam Lewis. Dalam satu kajian, elektrofilnya adalah ion bromonium yang diturunkan dari alkena dan NBS:
Friedel-Crafts alkylation by an alkene

Dealkilasi Friedel-Crafts

Alkilasi Friedel-Crafts adalah reaksi reversibel. Pada reaksi dealkilasi Friedel-Crafts, gugus alkil dapat dilepas jika terdapat proton dan asam Lewis.

Contohnya, pada adisi bromoetana pada benzena, substitusi orto dan para diharapkan terjadi pada tahap substitusi yang pertama karena gugus alkil termasuk dalam gugus aktivasi.

Tetapi hasil produk reaksi yang sebenarnya adalah 1,3,5-trietilbenzena dengan seluruh gugus alkilnya berada pada posisi meta.

Kontrol reaksi termodinamika menyebabkan substitusi meta lebih difavoritkan daripada substitusi orto dan para yang melalui reaksi kesetimbangan kimia. Oleh sebab itu, hasil paling akhir reaksi ini disebabkan oleh rentetan reaksi alkilasi dan dealkilasi.
synthesis of 2,4,6-triethylbenzene

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Rabu 26 Oktober 2022

Asilasi Friedel-Crafts

Asilasi Friedel-Crafts ialah asilasi cincin aromatik dengan asil klorida menggunakan katalis asam lewis yang kuat. Asilasi Friedel-Crafts dapat terjadi dengan asam anhidrida.

Kondisi reaksi ini sama dengan alkilasi Friedel-Crafts di atas. Reaksi ini mempunyai beberapa keuntungan dari reaksi alkilasi.

Oleh sebab efek penarikan elektron dari gugus karbonil, hasil reaksi keton selalu kurang reaktif dari reaktan, oleh sebab itu asilasi berganda tidak terjadi.

Selain itu, juga tidak terjadi penataan-ulang karbokation karena ion karbonium distabilkan oleh struktur resonans dengan muatan positif pada oksigen.
Friedel-Crafts acylation overview
Reaksi asilasi Freidel-Crafts sangat bergantung pada stabilitas reagen asil klorida. Formil klorida, sebagai contohnya, sangat tidak stabil untuk diisolasikan.

Oleh sebab itu sintesis benzaldehida via lintasan Friedel-Crafts memerlukan sintesis formil klorida secara in situ. Ini dapat dilakukan melalui reaksi Gatterman-Koch yang mereaksikan benzena dengan karbon monoksida dan hidrogen klorida pada tekanan tinggi dan dikatalisasikan dengan campuran aluminium klorida dan kupro klorida.

Mekanisme reaksi

Tahap pertama reaksi terdiri dari disosiasi atom klor menjadi kation asil:
FC acylation step 1
Lalu diikuti dengan serangan nukelofilik arena terhadap gugus asil:
FC acylation step II
Pada akhirnya atom klor bereaksi menjadi HCl dan katalis AlCl3 terbentuk kembali seperti semula:
FC acylation step III

Hidroksialkilasi Friedel-Crafts

Arena bereaksi dengan beberapa aldehida dan keton tertentu menghasilkan produk yang terhidroksialkilasi. Sebagai contohnya reaksi turunan mesitil dari glioksal dengan benzena yang membentuk benzoin.
Friedel-Crafts hydroxyalkylaiton

Ruang lingkup dan variasi reaksi

  • Reaksi Friedel-Crafts terkait dengan beberapa reaksi klasik lainnya, seperti:
  • Produk hasil asilasi dapat diubah menjadi produk hasil alkilasi melalui reduksi Clemmensen.
  • Reaksi Gatterman-Koch yang dapat digunakan untuk mensintesis benzaldehida dari benzena.
  • Reaksi Gatterman yang menjelaskan reaksi arena dengan asam sianida.
  • Reaksi Houben-Hoesch yang menjelaskan reaksi arena dengan nitril.
  • Modifikasi reaksi menggunakan fenil ester aromatik sebagai reaktan, dinamakan penataan-ulang Fries.
  • Dalam reaksi Scholl dua arena tergandeng secara langsung (kadang kala dinamakan Arilasi Friedel-Crafts).
  • Dalam reaksi Zincke-Suhl p-kresol dialkilasi menjadi sikloheksadienon menggunakan tetraklorometana.
  • Dalam klorometilasi Blanc, gugus klorometil ditambahkan ke arena menggunakan formaldehida, asam klorida, dan seng klorida.
  • Sintesis Bogert-Cook (1933) melibatkan dehidrasi dan isomerisasi 1-β-feniletilsikloheksanol menjadi turunan oktahidro dari fenantrena.
  • Sintesis keton Darzens-Nenitzescu (1910, 1936) [6] melibatkan asilasi sikloheksana dengan asetil klorida membentuk metilsikloheksenilketon.
  • Dalam Asilasi reduktif Nenitzescu (1936), sebuah hidrokarbon jenuh ditambahkan dan menghasilkan asilasi reduktif menjadi metilsikloheksilketon.
  • Dalam kimia hijau, aluminium klorida digantikan dengan grafit dalam alkilasi p-xilena dengan 2-bromobutana. Variasi ini tidak bekerja pada halida primer di mana karbokation jarang terbentuk.
Baca Juga :  Biodata John S. Pemberton Penemu Coca Cola

Sintesis zat warna

Reaksi Friedel-Crafts dapat digunakan untuk mensintesis beberapa zat warna seperti triarilmetana dan xantena. Contoh berikut adalah sintesis timolftalein (sejenis indikator pH) dari dua ekuivalen timol dan ftalat anhidrida:
Thymolphthalein Synthesis
Reaksi ftalat anhidrida dengan resorsinol dengan keberadaan seng klorida menghasilkan Fluoresein. Apabila resorsinol diganti dengan by N,N-dietilaminofenol, reaksi ini menghasilkan rodamina B:
Rhodamine B synthesis

Penutup

Itulah biodata Charles Friedel seorang penemu rumus sintesa. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : – Reaksi Friedel-Crafts

                 – Charles Friedel 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski