Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali

Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali

Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali- Hai sob, Tari Pendet merupakan salah satu tari tradisonal Bali yang sangat populer. Lahirnya tari Pendet berawal dari ritual sakral Odalan di Pura yang disebut dengan mamendet atau mendet. Kali ini waca berita akan membahas Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 6 sub tema 2 pembelajaran 6.

Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali 126

Dayu, terima kasih ya sudah mengajariku beberapa gerakan tari Bali termasuk pola lantainya.

Sama sama Siti. Saya juga senang kamu mau tahu lebih banyak tentang beberapa tari daerah dari tempat asalku. Ini sebuah lukisan penari Pendet untukmu, Siti! Tari ini merupakan salah satu tari khas dari Bali yang memiliki makna dan tujuan tertentu. Pasti kamu ingin tahu lebih banyak tentang tari ini kan? Tentu saja Dayu! Terima kasih sekali untuk lukisannya. Kamu memang teman yang baik.

Baca Juga :  Sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 71

Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali 127

Ayo Membaca

Mengenal Tari Pendet dari Bali

Tari Pendet merupakan salah satu tari tradisonal Bali yang sangat populer. Lahirnya tari Pendet berawal dari ritual sakral Odalan di Pura yang disebut dengan mamendet atau mendet. Mendet dimulai setelah pendeta Hindu mengumandangkan mantra dan setelah pementasan Topeng Sidakarya. Tari ini dipentaskan secara berpasangan atau secara masal dengan membawa perlengkapan, berupa bokor, sesajen, dan bunga.

Pendet disepakati lahir pada tahun 1950. Tari Pendet ini masih tetap mengandung kesan sakral dan religius meskipun dipentaskan di sebuah acara yang tidak berhubungan dengan kegiatan keagamaan. Pada tahun 1961, I Wayan Beratha memodifikasi tari Pendet hingga menjadi tari Pendet yang sering kita saksikan sekarang. Beliau juga menambah penari Pendet menjadi lima orang. Setahun kemudian, I Wayan Beratha dan kawan-kawan menyajikan tarian Pendet massal yang ditarikan oleh 800 orang penari untuk ditampilkan di Jakarta dalam acara pembukaan Asian Games. Kemudian pada tahun 1967, koreografer tari Pendet Modern, I Wayan Rindi, mengajarkan dan meneruskan tarian Pendet kepada generasi muda. Selain Pendet, beliau juga mengajarkan dan melestarikan tari Bali lainnya kepada keluarganya maupun lingkungan di luar keluarganya.

Tari Pendet menceritakan tentang dewi-dewi kahyangan yang turun ke bumi. Biasanya tari Pendet ini dibawakan secara berkelompok atau berpasangan oleh remaja putri. Para penari Pendet berbusana layaknya penari upacara keagamaan. Setiap penari akan membawa sesaji berupa bokor yang di dalamnya terdapat bunga warna-warni. Pada akhir tarian, bunga ini akan ditaburkan ke tamu undangan sebagai sebuah simbol penyambutan.

Tari Pendet menggunakan pola lantai yang sangat sederhana dibandingkan pola lantai tarian bali lainnya. Tari Pendet hanya menggunakan pola lantai berbentuk huruf V, pola lantai lurus, dan pola menghadap ke samping kanan dan kiri. Seperti halnya tarian tradisional kebanyakan, pola lantai pada tari Pendet tidak memiliki makna khusus. Tidak seperti tari Bedhaya dari Yogyakarta yang memiliki makna di setiap pola lantai tariannya.

Baca Juga :  Jawaban BAB 5 Ulasan Matematika Halaman 282 Kelas 7

Ayo Menulis

Apa saja hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan? Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

Jawaban

ParagrafHal-Hal Penting dari Bacaan
PertamaTari Pendet adalah salah satu tari tradisional Bali yang sangat populer, tari Pendet berawal dari ritual sakral Odalan di Pura, tari Pendet dipentaskan secara berpasangan atau secara masal dengan membawa perlengkapan bokor, sesajen, dan bunga
KeduaPendet lahir pada tahun 1950, pada tahun 1961, I Wayan Beratha memodifikasi tari Pendet menjadi yang sering kita lihat, setahun kemudian I Wayan Beratha dan kawan-kawan menyajikan tarian Pendet massal dengan 800 penari untuk pembukaan Asian Games.
KetigaTari Pendet menceritakan tentang dewi-dewi kahyangan yang turun ke bumi, setiap penari membawa sesaji berupa bokor yang di dalamnya terdapat bunga warna-warni, di akhir tarian bunga akan ditaburkan ke tamu undangan sebagai simbol penyambutan
KeempatTari Pendet menggunakan pola lantai berbentuk huruf V, pola lantai lurus, dan pola menghadap ke samping kanan dan kiri, pola lantai tari Pendet tidak memiliki makna khusus

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Berilah garis bawah pada kalimat-kalimat yang mengandung pokok pikiran pada setiap paragrafnya. Buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan pemahamanmu terhadap isi bacaan di atas. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan penghubung yang menghubungkan pokok pikiran bacaan dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya pada titik-titik yang tersedia.

Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Gunakan diagram di bawah ini untuk mengerjakannya.

Jawaban

Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan berdasarkan diagram di atas dalam satu paragraf berikut.

Jawaban

Tari Pendet merupakan salah satu tari tradisonal Bali yang sangat populer yang disepakati lahir pada tahun 1950. Tari ini menceritakan tentang dewi-dewi kahyangan yang turun ke bumi. Tari Pendet hanya menggunakan pola lantai berbentuk huruf V, pola lantai lurus, dan pola menghadap ke samping kanan dan kiri

Baca Juga :  Laporan Hasil Diskusi Apa yang akan terjadi jika orang malas tidak mau berusaha? Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 100

Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali 130

Ayo Mencoba

Kamu mungkin dapat melihat bahwa pada tari daerah seperti tari Pendet menggunakan pola lantai tertentu pada tariannya. Pola lantai ini ada yang bermakna tertentu ada juga yang tidak. Tarian Bedhaya dari Jawa Tengah memiliki makna pada setiap pola lantai yang dibuat penari. Tetapi pada tari lainnya seperti tari Pendet, pola lantai tidak memiliki makna tertentu. Sebelumnya, kamu telah mengubah untuk mengembangkan beberapa pola lantai pada gerakan-gerakan tari yang telah kamu pilih sebelumnya.

Saat ini waktunya bagimu untuk menunjukkannya di depan teman-temanmu. Lakukan latihan sekali lagi agar gerak tarian yang kamu peragakan terlihat harmonis. Tunjukkan pola lantai apa saja yang kamu gunakan pada tarian tersebut. Peragakanlah dengan sungguh-sungguh gerakan tari yang telah kamu pelajari di depan teman-temanmu. Berikan perhatian dan tanggapan kepada temanmu dari kelompok lain, pada saat mereka memeragakannya di depan kelas sebagai cara untuk mendukung usaha mereka.

Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali 131

Setiap kegiatan yang kita lakukan pasti melibatkan hak dan kewajiban. Baik hak dan kewajiban kita maupun orang lain. Baik yang berhubungan langsung dengan diri sendiri maupun dengan orang lain. Pada saat kamu mempresentasikan sesuatu, kamu mempunyai kewajiban untuk mempersiapkan dengan baik sehingga kamu berhak mendapatkan kepuasan atas usahamu.

Pada saat orang lain melakukan presentasi, kamu mempunyai kewajiban untuk memberikan kesempatan dan menghargai usahanya dengan memberikan perhatian dan tidak menertawakannya. Kewajiban yang kamu lakukan itu untuk membantu temanmu mendapatkan kesempatan presentasi dengan baik, sebagai haknya.

Ayo Berlatih

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu banyak peristiwa yang melibatkan hak dan kewajibanmu sebagai seorang siswa maupun sebagai seorang anak. Lakukanlah kegiatan berikut ini untuk menggambarkan peristiwa kehidupan sehari-hari yang melibatkan hak dan kewajibanmu.

  1. Pikirkanlah sebuah peristiwa yang terjadi pada hari ini atau sehari sebelumnya.
  2. Ingatlah dan catatlah peristiwa yang menurutmu melibatkan hakmu dan kewajibanmu.
  3. Tuliskan hasil identifikasimu ke dalam sebuah tulisan pendek. Jelaskan juga hak dan kewajiban yang terjadi pada peristiwa tersebut. Kamu dapat menggunakan contoh peristiwa siswa melakukan presentasi di depan kelas yang diuraikan di atas.
  4. Gambarkanlah peristiwa pendek tersebut dalam bentuk komik. Gunakan contoh di bawah ini sebagai bantuan.
  5. Gambarkan peristiwa tersebut dengan jelas. Tuliskan dialog di dalam gelembung pikiran dengan kalimat yang baik dan sederhana.
  6. Gunakan pensil warna atau spidol untuk membuatnya menarik.
  7. Pajang hasil karyamu di dinding kelas.

Kesimpulan apa yang kamu dapatkan tentang penerapan hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat yang kamu alami?

Jawaban

Hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Seluruh warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan sejahtera

Gambar komik yang menurutmu melibatkan tentang hakmu dan kewajibanmu

Jawaban

Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali 133

Kesimpulan

1. Apa saja nilai-nilai yang perlu dikembangkan pada saat kamu melakukan kerja sama dengan teman-temanmu?

Jawaban

Nilai yang perlu dikembangkan seperti nilai kerjasama, nilai persatuan dan kesatuan, serta nilai kebersamaan dan mufakat.

2. Apa saja nilai dan sikap yang diperlukan ketika kamu mendengarkan presentasi teman-temanmu?

Jawaban

Sikap yang diperlukan seperti menghargai pendapat mereka, tidak menyela ketika mereka melakukan presentasi, tidak melontarkan pertanyaan yang menyinggung teman secara pribadi.

3. Bagaimana nilai-nilai itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Adakah kesulitan yang kamu hadapi untuk melakukannya?

Jawaban

Dengan cara melakukannya dalam berbagai tempat seperti dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan kesulitan yang dihadapi yaitu karena belum terlalu terbiasa

Demikianlah pembahasan kita mengenai Jawaban Bacaan Mengenal Tari Pendet dari Bali yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 6 sub tema 2 pembelajaran 6. Kerja sama dengan orang tua  tuliskanlah beberapa hak dan kewajiban yang kamu miliki di rumahmu. Buatlah sebuah janji pada sebuah kartu dan tuliskan dengan rapi. Tunjukkan kepada orang tuamu. Mintalah nasihat mereka bagaimana kamu dapat melakukan kewajibanmu dengan baik. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski