Biodata Galileo Galilei Penemu Termometer Pertamakali

Biodata Galileo Galilei Penemu Termometer Pertamakali

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Galileo Galilei seorang penemu termometer pertamakali. Penasaran ingin tahu tentang penemu termometer pertamakali, simak penjelasannya berikut ini.

Galileo Galilei adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan asal Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari.

Biografi

Galileo Galilei lahir di Pisa, Tuscany pada tanggal 15 Februari 1564, sebagai anak pertama dari pasangan Vincenzo Galilei, seorang matematikawan dan musisi asal Florence, dan Giulia Ammannati. Ia sudah dididik sejak masa kecil.

Lalu, Galilei belajar di Universitas Pisa namun terhenti karena masalah keuangan. Untungnya, ia ditawari jabatan di sana pada tahun 1589 untuk mengajar matematika. Setelah itu, Galilei pindah ke Universitas Padua untuk mengajar geometri, mekanika, dan astronomi sampai tahun 1610. Pada masa-masa itu, ia sudah mendalami sains dan membuat berbagai penemuan.

Pada tahun 1612, Galilei pergi ke Roma dan bergabung dengan Accademia dei Lincei untuk mengamati bintik matahari. Pada tahun itu juga, muncul penolakan terhadap teori Nicolaus Copernicus, teori yang didukung oleh Galilei.

Pada tahun 1614, dari Santa Maria Novella, Tommaso Caccini mengecam pendapat Galilei tentang pergerakan bumi, memberikan anggapan bahwa teori itu sesat dan berbahaya. Galilei sendiri pergi ke Roma untuk mempertahankan dirinya. Pada tahun 1616, Kardinal Roberto Bellarmino menyerahkan pemberitahuan yang melarangnya mendukung maupun mengajarkan teori Copernicus.

Baca Juga :  Biodata René-Théophile-Hyacinthe Laennec Penemu Stetoskop

Penemuan Termometer

Ahli astronomi dan ahli ilmu alam sebelum menemukan termometer melakukan berbagai usaha untuk dapat menciptakan alat yang dapat mengukur suhu. Mereka mengetahui bahwa temperatur dapat membuat zat memuai.

Untuk itu, mereka menggunakan ukuran muai zat sebagai patokan dalam mengukur temperatur. Namun penemuan alat pengukur temperatur tidak dapat dengan mudah diciptakan. Para ahli perlu menemukan zat yang tepat, teknik yang tepat dan skala yang tepat pula untuk dapat mengukur secara cermat.

termometer Galileo

Pada tahun 1593, Galileo Galilei berusaha membuat pengukuran termometer dengan menggunakan pemuaian udara. Alat yang diciptakan oleh Galileo ini kemudian disebut termoskop. Walaupun masih tergolong sangat sederhana, namun secara kasar alat ini sudah dapat mengukur temperatur.

Termoskop Galileo

Termoskop galileo terdiri atas bola gelas sebesar telur ayam yang dihubungkan dengan pipa panjang tertutup berisi air. Di dalam cairan digantungkan sejumlah beban.

Umumnya beban tersebut dilekatkan pada bola kaca tersegel yang berisi cairan berwarna untuk efek estetika. Saat suhu berubah, kerapatan cairan di dalam silinder turut berubah yang menyebabkan bola kaca bergerak timbul atau tenggelam untuk mencapai posisi di mana kerapatannya sama dengan cairan sekelilingnya atau terhenti oleh bola kaca lainnya.

Bila perbedaan kerapatan bola kaca sangat kecil dan terurutkan sedemikian rupa sehingga yang kurang rapat berada di atas dan yang terapat berada di bawah, hal tersebut dapat membentuk suatu skala suhu.

Kematian

Galileo Galilei meninggal dunia pada tanggal 8 Januari 1642, di Arcetri Italia, saat berusia 77 tahun. Pada saat ditemani oleh Vincenzo Viviani, salah seorang muridnya.

Penutup

Itulah biodata Galileo Galilei seorang penemu termometer pertamakali. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Georges Claude Penemu Lampu Neon

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu