Biodata George de Mestral Penemu Velcro

Biodata George de Mestral Penemu Velcro

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata George de Mestral seorang penemu velcro. Penasaran ingin tahu tentang penemu velcro, simak penjelasannya berikut ini.

George de Mestral adalah seorang insinyur dari Swiss yang menemukan velcro pada tahun 1941. Perekat Velcro lalu berkembang dan dipatenkan menjadi sebuah brand yang menyediakan berbagai solusi perekat paling inovatif dan terkemuka di dunia.

Saat itu George de Mestral baru pulang berburu bersama anjingnya di gunung Alpen. De Mestral melihat banyak ‘biji’ (seeds) dari buah burdock yang menempel pada pakaiannya dan juga pada bulu anjingnya.

Karena penasaran, De Mestral memulai melakukan penelitian dan mengambil sampel dari banyak gerinda yang menempel di celananya dan meletakkannya di bawah mikroskop untuk melihat bagaimana sifat tanaman burdock memungkinkannya menempel pada permukaan tertentu. 

Mungkin, pikirnya, benda itu bisa digunakan untuk sesuatu yang berguna. Setelah diperiksa lebih dekat, itu adalah kait kecil yang memungkinkan duri bantalan biji melekat begitu keras kepala pada loop kecil di kain celananya. 

Pada momen inilah De Mestral tersenyum dan memikirkan sesuatu seperti “Saya akan merancang pengikat dua sisi yang unik, satu sisi dengan kait kaku seperti gerinda dan sisi lainnya dengan simpul lembut seperti kain celana saya. Saya akan menyebut penemuan saya ‘velcro’ gabungan dari kata velour dan crochet. Ini akan menyaingi ritsleting  dalam kemampuannya untuk mengikat.”

Ide De Mestral disambut dengan penolakan dan bahkan tawa, tetapi penemunya tidak terpengaruh. Dia bekerja dengan penenun dari sebuah pabrik tekstil di Prancis untuk menyempurnakan pengikat dengan bereksperimen dengan bahan yang dapat mengait dan melingkar dengan cara yang sama. 

Baca Juga :  Biodata Garrett Morgan Penemu Masker Gas

De Mestral menyadari bahwa nilon ketika dijahit di bawah sinar infra merah membentuk kait yang kuat untuk sisi duri pengikat. Penemuan itu menghasilkan desain lengkap yang dia patenkan pada tahun 1955. De Mestral akhirnya akan membentuk Velcro Industries untuk memproduksi dan mendistribusikan penemuannya.

Pada tahun 1960-an, pengencang Velcro berhasil mencapai luar angkasa saat astronot Apollo memakainya untuk menjaga agar barang-barang seperti pena dan peralatan tidak melayang saat berada dalam gravitasi nol.

Perusahaan sepatu seperti Puma menggunakan velcro dalam sepatu untuk menggantikan tali sepatu. Selama masa hidup de Mastral, perusahaannya menjual rata-rata lebih dari 60 juta yard Velcro per tahun.

Penutup

Itulah biodata George de Mestral seorang penemu velcro. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : www.greelane.com

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski