Biodata Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company

Biodata Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Henry Ford seorang pendiri ford motor company. Penasaran ingin tahu tentang seorang pendiri ford motor company simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Henry Ford : 

  • Lahir : 30 Juli 1863 Greenfield Township, Dearborn, Michigan, Amerika Serikat
  • Meninggal : 07 April 1947 (umur 83) Fair Lane, Dearborn, Michigan, Amerika Serikat
  • Pekerjaan : Pengusaha, Insinyur
  • Kekayaan bersih : US$188,1 billion, berdasarkan informasi dari Forbes – Februari 2008
  • Agama : Kristen Protestan
  • Pasangan : Clara Jane Bryant
  • Anak : Edsel Ford
  • Orang tua : William Ford dan Mary Ford

 

Henry Ford adalah pendiri Ford Motor Company dan dianggap menciptakan kelas menengah di masyarakat Amerika. Ia termasuk yang pertama menerapkan sistem produksi ban berjalan dalam produksi massal mobil yang terjangkau harganya.

Selain itu, Henry juga memiliki kepedulian yang besar dengan mendirikan Ford Foundation, sebuah yayasan sosial besar di dunia. Prestasi ini tak hanya merevolusi produksi industrial, tetapi juga memberi pengaruh besar pada budaya modern, sehingga banyak teoritikus sosial menamai fase sejarah ekonomi dan sosial ini sebagai “Fordisme”.

Kehidupan awal

Henry Ford lahir pada tanggal 30 Juli 1863, di sebuah pertanian di wilayah Greenfield Township, Michigan. Ayahnya, William Ford berasal dari County Cork, Irlandia. Ibunya, Mary Ford lahir di Michigan dan merupakan anak bungsu dari sebuah keluarga imigran asal Belgia.

Ayahnya memberikan Henry jam kantong di masa remajanya. Pada umur 15 tahun, Henry belajar membongkar dan memperbaiki jam itu dan mulai menunjukkan kemampuannya ke lingkungan sekitar, sehingga ia mendapatkan reputasi sebagai ahli memperbaiki jam.

Baca Juga :  Biodata Johann Josef Loschmidt

Pada tahun 1879, Henry meninggalkan rumah untuk bekerja sebagai ahli mesin di Detroit, pada perusahaan James F. Flower & Bros, lalu pindah ke Detroit Dry Dock Co. Henry lalu memutuskan untuk kembali ke Dearborn untuk bekerja di pertanian keluarga, di mana ia menguasai cara mengoperasikan mesin uap portable Westinghouse.

Henry kemudian dipekerjakan oleh Westinghouse untuk memperbaiki mesin uap mereka. Pada periode ini, Ford juga mempelajari akuntansi di Goldsmith, Bryant & Stratton Business College di Detroit.

Henry Ford menikah dengan Clara Ala Bryant pada tahun 1888. Untuk menghidupi keluarganya, ia bekerja sebagai petani dan menjalankan usaha pemotongan kayu. Dari istrinya ini, Henry dikaruniai seorang anak bernama Edsel Ford.

Karier

Pada tahun 1891, Henry menjadi insinyur di Edison Illuminating Company. Setelah ia mendapat promosi menjadi Kepala Insinyur, Henry memiliki cukup waktu dan uang untuk memusatkan perhatiannya ke eksperimen pribadi pada mesin berbahan bakar bensin.

Melalui eksperimen itu, Henry berhasil menciptakan mesin yang ia sebut sebagai Ford Quadricycle pada tahun 1896. Mesin itu ia uji coba sendiri. Henry terus menjalankan uji coba untuk memperbaiki mesinnya itu.

Pada tahun 1896, Henry menghadiri pertemuan dengan para eksekutif di Edison, di mana ia diperkenalkan langsung ke Thomas Edison. Edison merestui eksperimen otomobil tersebut bahkan mendorongnya untuk merancang dan membuat kendaraan kedua, yang ia selesaikan pada tahun 1898.

Tak lama, Henry mendapatkan pendanaan dari William H. Murphy, pengusaha kayu asal Detroit, dan memutuskan keluar dari Edison Company untuk mendirikan Detroit Automobile Company pada tanggal 5 Agustus 1899.

Tetapi, kualitas mobil yang diproduksi perusahaan tersebut rendah sementara harganya yang relatif mahal. Akhirnya perusahaan tersebut bangkrut dan dibubarkan pada bulan Januari 1901.

Baca Juga :  49+ Daftar Lomba 17 Agustusan yang Mengasyikan

Ford Model T

Ford Model T (juga dijuluki Tin Lizzy maupun Flivver) ialah mobil dari Amerika Serikat yang dibuat antara tahun 1908 dan tahun 1928 oleh Ford Motor Company dari Detroit, Michigan.

Mobil ini merupakan mobil pertama yang terjangkau untuk masyarakat kelas menengah Amerika Serikat, diantaranya karena efisiensi pabrik yang diterapkan, termasuk penggunaan lini perakitan dan bukan buatan tangan.

Ford Model T dijuluki sebagai mobil paling berpengaruh pada abad ke-20 berdasarkan sebuah pemungutan suara internasional. Model T diciptakan pertama kali pada tahun 1908, yang merupakan tahun bersejarah karena pada tahun itu pertama kalinya mobil itu menjadi terkenal.

Produksi pertama Model T dilakukan pada tanggal 12 Agustus 1908 dan meninggalkan pabrik pada tanggal 27 September 1908, dari Pabrik Piquette di Detroit, Michigan. Pada tanggal 26 Mei 1927, Henry Ford mengunjungi pabriknya untuk menyaksikan produksi Model T yang ke 15 juta pada lini perakitan pada pabriknya di Highland Park, Michigan.

Kematian

Henry Ford meninggal dunia di rumahnya pada usia 83 tahun tepatnya pada tanggal 7 April 1947. Ia meninggalkan kekayaan pribadi senilai 500-700 juta dollar. Sebagian besar sahamnya di Ford Motor Company diwariskannya kepada Ford Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang kini tak kalah terkenal dengan Ford Motor.

Penutup

Itulah biodata Henry Ford seorang pendiri ford motor company. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :Wikipedia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski