Biodata Isaac Singer Penemu Mesin Jahit ‘Singer’

Biodata Isaac Singer Penemu Mesin Jahit ‘Singer’

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Isaac Singer seorang penemu mesin jahit Singer. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin jahit Singer, simak penjelasannya berikut ini.

Isaac Merritt Singer ialah seorang pengusaha, aktor dan penemu asal Amerika. Salah satu penemuan terbesarnya adalah penemuan tentang mesin jahit, yaitu pada tahun 1851. Nama Singer kemudian diabadikan menjadi merek mesin jahit “Singer”.

Isaac Singer lahir di Pittstown, New York pada tanggal 27 Oktober 1811. Keluarga Singer merupakan keluarga imigran berkebangsaan Jerman yang tinggal di wilayah New York, Amerika Serikat, dalam kondisi keluarga yang serbasulit dan minim akses terhadap dunia pendidikan.

Ketika mulai menginjak usia remaja dan dewasa, Isaac mulai menemukan minatnya dalam dunia teater. Isaac mulai mendalami dunia teater hingga akhirnya ia bekerja sebagai seorang aktor. Di samping menerima tawaran pekerjaan sebagai aktor teater, Isaac juga mejalankan usaha touring yang terbilang tidak cukup mulus.

Di masa mudanya, Isaac juga bekerja sebagai seorang mekanik dan perajin lemari. Isaac lalu memutuskan pindah ke Fredericksburg, Ohio demi mendapatkan penghasilan yang lebih layak. Di Ohio, Ia bekerja di sebuah pabrik kayu.
Isaac mengembangkan sebuah mesin di pabrik tersebut yang dinilai memiliki teknologi yang cukup bagus dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Isaac kemudian pindah ke Boston pada tahun 1851 dan bekerja di sebuah toko mesin.
Ketika Isaac bekerja di toko tersebut, Isaac bertugas memperbaiki sebuah mesin jahit yang rusak. Sebelas hari kemudian, Isaac berhasil memperbaiki mesin tersebut dan bahkan meningkatkan kualitas mesin jahit tersebut.

Isaac bukan merupakan penemu mesin jahit pertama di dunia. Dari pengalamannya memperbaiki sebuah mesin jahit di tempat ia bekerja, Isaac kemudian mendesain sebuah mesin jahit yang praktis dan efisien.

Baca Juga :  Biodata Christiaan Huygens Penemu Jam Pendulum Dan Titan (Satelit)

Selain itu, Isaac juga menerapkan teknologi mutakhir dalam proses manufakturnya sehingga mesin jahit tersebut dapat diproduksi secara massal dalam waktu singkat.

Setelah penemuannya berhasil dipatenkan, Isaac Singer menjadi pengusaha terkemuka di Amerika. Bukan hanya di Amerika, perusahaannya melayani pesanan mesin jahit dari berbagai penjuru dunia. Di Indonesia, mesin jahit Singer cukup dikenal dan mendapatkan reputasi yang baik.

Isaac Singer meninggal dunia di Torquay, Inggris pada tanggal 23 Juli 1875.

Penutup

Itulah biodata Isaac Singer seorang penemu mesin jahit Singer. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & kumparan.com