Biodata Juan Carlos Ceriani Penemu Futsal

Biodata Juan Carlos Ceriani Penemu Futsal

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Juan Carlos Ceriani seorang penemu futsal pertama kali. Penasaran ingin tahu tentang penemu futsal pertama kali, simak penjelasannya berikut ini.

Juan Carlos Ceriani Gravier (9 Maret 1907 – 25 Juni 1996 ) adalah seorang guru pendidikan jasmani asal Uruguay. Ceriani diakui dunia sebagai penemu futsal yang sekarang diminati sebagai olahraga gaya hidup hampir semua untuk kalangan.

Ceriani tercatat sebagai lulusan Federasi Amerika Selatan YMCA (sekarang Konfederasi Amerika Latin) dan memegang gelar Sekjen Asociaciones Christianas Jovenes (ACJ) dan guru pendidikan jasmani.

Awal ditemukan

Futsal pertamakali dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Pada waktu itu Ceriani tidak sengaja untuk menciptakan olahraga futsal. Ceriani terinspirasi pada saat tim sepak bolanya ingin mengadakan latihan tetapi cuaca tidak mendukung untuk mengadakan suatu latihan.

Ceriani lalu mengambil keputusan untuk memindahkan latihan sepak bolanya di dalam suatu ruangan. Walaupun sering mengadakan latihan yang berada di dalam ruangan, apa yang diharapkan Ceriani dari anak asuhnya mempunyai keterampilan yang baik ternyata sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan adanya hasil yang mengembirakan itu Ceriani mempunyai suatu gagasan untuk menciptakan olahraga yang ada di dalam ruangan dengan jumlah pemain yang relatif lebih sedikit yaitu lima orang pemain. Selain itu, lapangan yang digunakan juga lebih kecil.

Dengan melihat lebih baik dan lebih efektifnya olahraga futsal itu olahraga ruangan ini berkembang sangat pesat terutama di negara-negara yang berada di kawasan Amerika Selatan.

Baca Juga :  Biodata Lars Fredrik Nilson Penemu Skandium

Karena olehraga futsal menggunakan lapangan yang lebih sempit dan jumlah pemain yang lebih sedikit, olahraga ini membutuhkan teknik dan keterampilan khusus.

Baik itu teknik dalam membawa bola maupun teknik dalam menahan bola. Tidak heran apabila pemain futsal secara teknis lebih baik dibandingkan dengan pesepak bola konvensional.

Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa.

Pele, bintang pesepakbolater kenal asal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional Futsal pertama

Dengan adanya perkembangan yang sangat pesat serta untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana kemampuan dan kemajuan pemain-pemain futsal yang ada, Negara-negara khususnya yang ada di kawasan Amerika Selatan mengadakan pertemuan  yang membahas tentang suatu kompetisi.

Dengan adanya kesepakatan dalam pertemuan itu, maka diadakan suatu kompetisi. Kompetisi untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 1965 dan yang menjadi tuan rumah dan juaranya adalah Uruguay.

Dalam Pertandingan internasional pertama yang diadakan pada tahun 1965 itu, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara diborong Brasil.

Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya pada tahun 1984. Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama.

Baca Juga :  Biodata Klaus von Klitzing Penemu Efek Kuantum Hall

Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga pada tahun 1988 di Australia. Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada bulan Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

Pengakuan dari FIFA

Dengan kemajuannya olahraga futsal ke seluruh dunia serta sangat solid dan baiknya dalam pengorganisasian, FIFA sebagai badan dunia olahraga sepak bola semakin tertarik dan mengakui bahwa olahraga futsal sedikit banyak ikut serta dalam mengembangkan keterampilan dan teknik-teknik yang baik bagi perkembangan dan kemajuan sepak bola, terutama dalam teknik-teknik sepak bola didalam lapangan rumput.

Dengan adanya pengakuan FIFA atas keberadaan olahraga futsal ini, FIFA mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal. Kejuaraan dunia futsal akan diadakan setiap 3 tahun sekali.Negara yang pertama kali menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal pada tahun 1989 adalah Belanda (di kota Rotterdam) dan yang keluar sebagai juara adalah Brasil.

Penyelenggaraan yang kedua kalinya pada tahun 1992 bertempat di Hongkong, Brasil keluar sebagai juara lagi. Dengan telah berjalan dan terselenggaranya kejuaraan dunia futsal 3 tahun sekali, FIFA sebagai badan tertinggi dunia dalam sepak bola mengadakan rapat dan evaluasi. FIFA memutuskan dan menetapkan bahwa kejuaraan dunia futsal tidak diadakan 3 tahun sekali, akan tetapi menjadi 4 tahun sekali.

Penutup

Itulah biodata Juan Carlos Ceriani seorang penemu futsal pertama kali. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Futsal & Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski