Biodata Jean Jacques Dozy Penemu Tambang Freeport

Biodata Jean Jacques Dozy Penemu Tambang Freeport

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Jean Jacques Dozy seorang penemu tambang freeport. Penasaran ingin tahu tentang penemu tambang freeport, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Jean Jacques Dozy :

Lahir : 18 Juni 1908 Rotterdam

Meninggal : 1 November 2004 (umur 96) Den Haag, Belanda

Kebangsaan : Belanda

Dikenal atas : penemu tambang emas freeport

 

Jean Jacques Dozy (18 Juni 1908 – 1 November 2004) adalah seorang geolog asal Belanda. Dozy mengunjungi Indonesia pada tahun 1936 untuk menskala glasier Pegunungan Jayawijaya di provinsi Irian Jaya di Papua Barat.

Dozy membuat catatan di atas batu hitam yang aneh dengan warna kehijauan. Pada tahun 1939, dia mengisi catatan tentang Ertsberg (bahasa Belanda untuk “gunung ore”). Namun, peristiwa Perang Dunia II menyebabkan laporan itu tidak diperhatikan.

Dua puluh tahun kemudian, geologis Forbes Wilson, bekerja untuk perusahaan pertambangan Freeport, membaca laporan tersebut. Dia dalam tugas mencari cadangan nikel, tetapi kemudian melupakan hal itu setelah dia membaca laporan tersebut.

Ekspedisi yang dipimpin oleh Forbes Wilson dan Del Flint, menemukan deposit tembaga yang besar di Ertsberg pada tahun 1960. Penemuan Jean Jacques Dozy merupakan suatu awal dari  penemuan tambang mineral seperti emas, tembaga, dan perak di Papua.

 

Penemuan

Pada tahun 1936, Jean-Jacques Dozy melakukan petualangan ke tanah Papua bersama teman-temannya. Sesampainya di suatu tempat yang sangat tinggi, terjal dan dingin, mereka menjumpai adanya singkapan batuan yang ditengarai mengandung mineral berharga.

Dari penemuan lokasi singkapan itu lalu mengantarkannya pada ditemukannya “Ertsberg” atau Gunung Bijih, sebuah cadangan mineral yang terletak di kaki pegunungan bersalju.

Baca Juga :  Biodata Damhuri Muhammad Penulis Cerpen

Laporan Dozy ini dimuat dalam majalah geologi di Leiden, Belanda pada tahun 1939. Laporan itu mengilhami seorang manajer eksplorasi Freeport Minerals Company, Forbes Wilson, bersama Del Flint pada tahun 1960 melakukan ekspedisi ke Papua untuk mempelajari lebih jauh tentang hasil temuan Dozy.

Forbes pun terpesona dan meyakini bahwa cadangan mineral Ertsberg akan menjadi cadangan tembaga terbesar yang pernah ditemukan pada saat itu. Pada tahun 1960 ada ekspedisi ulang apakah Erstberg ini benar eksis. Jadi pada 1967 kontrak karya asing masuk setelah orde lama.

Tim Freeport tercatat datang ke Jakarta untuk memprakarsai suatu pembicaraan guna mewujudkan kontrak pertambangan di Ertsberg. Orang yang dipilih sebagai negosiator dan kelak menjadi Presiden Freeport Indonesia (FI) adalah Ali Budiardjo, yakni mantan sekjen Hankam dan direktur Bappenas tahun 1950-an.

Pada tanggal 5 April 1967 kontrak kerja (KK) I ditandatangani dan membuat Freeport menjadi perusahaan satu-satunya yang ditunjuk untuk menangani kawasan Ertsberg seluas 10 kilometer persegi. KK I ini berlangsung 30 tahun. Kontrak dinyatakan mulai berlaku saat perusahaan mulai beroperasi.

Pada bulan Desember 1967, Freeport memulai kegiatan eksplorasi untuk mendefinisikan lebih detil tentang potensi yang dikandung di balik singkapan yang telah diketemukan di Ertsberg. Konstruksi besar-besaran segera dimulai pada tahun 1970, dan ekspor produksi perdana konsentrat tembaga dilakukan pada akhir 1972.

Tidak berhenti di situ, singkapan-singkapan baru pun diketemukan oleh para geolog di kompleks sekitar Ertsberg, termasuk hingga diketemukannya cadangan kelas dunia Grasberg pada tahun 1988.

Pada tanggal 28 Januari 1988 dugaan deposit emas di kawasan lain, yakni Grasberg menunjukkan hasil positif. Di tahun yang sama, Freeport Mc Moran Copper and Gold (FCX) akhirnya go public di lantai bursa New York.

Baca Juga :  Biodata Stephen Hales Penemu Ventilator, Palung Pneumatik dan Bedah Forceps

Pada tahun 1988 milestone PTFI yaitu tambang Grasberg ditemukan. Investasi cukup besar ditanamkan dalam kontrak karya. Kini PT Freeport Indonesia mengoperasikan salah satu proyek tembaga dan emas terbesar di dunia.

Penutup

Itulah biodata Jean Jacques Dozy seorang penemu tambang freeport. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski