Biodata Johannes Kepler Penemu Hukum Perputaran Planet

Biodata Johannes Kepler Penemu Hukum Perputaran Planet

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Johannes Kepler seorang penemu hukum perputaran planet. Penasaran ingin tahu tentang penemu hukum perputaran planet, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Johannes Kepler :

  • Lahir : 27 Desember 1571 Weil der Stadt near Stuttgart, Germany 
  • Meninggal : 15 November 1630 (umur 58) Regensburg, Bavaria, Germany 
  • Tempat tinggal : Baden-Württemberg; Styria; Bohemia; Upper Austria 
  • Bidang : Astronomy, astrology, mathematics and natural philosophy
  • Institusi : University of Linz 
  • Alma mater : University of Tübingen 
  • Dikenal atas : Kepler’s laws of planetary motion Kepler conjecture

Johannes Kepler adalah seorang astronom asal Jerman, matematikawan dan astrolog. Kepler paling dikenal melalui hukum gerakan planetnya. Kepler kadang dirujuk sebagai “astrofisikawan teoretikal pertama”, meski Carl Sagan juga memanggilnya sebagai ahli astrologi ilmiah terakhir.

Johannes Kepler lahir pada tanggal 27 Desember 1571 di Weil der Stadt, sebuah kota kecil di pinggiran Hutan Hitam Jerman. Meskipun keluarganya tergolong kurang mampu, beasiswa dari para bangsawan lokal memungkinkan Kepler mendapatkan pendidikan yang baik.

Kepler mempelajari teologi di Universitas Tüubingen, sesuai keinginannya untuk menjadi rohaniwan Lutheran. namun, kejeniusannya di bidang matematika mendapat pengakuan.

Pada tahun 1594, saat seorang guru matematika di SMU Lutheran di Graz, Austria, meninggal dunia, Kepler menggantikannya. Sewaktu berada di sana, Kepler menerbitkan karya besarnya yang pertama, Cosmographic Mystery(Misteri Kosmografis).

Awal Astronomi Modern

Kepler mempelajari gerakan kosmis dan menarik kesimpulan berdasarkan apa yang ia lihat. Kesanggupannya yang luar biasa untuk bekerja dibuktikan oleh ke-7200 perhitungan rumit yang ia selesaikan sewaktu mempelajari tabel-tabel pengamatan tentang Mars.

Baca Juga :  Biodata Charles Friedel Penemu Rumus Sintesa (Reaksi Friedel-Crafts)

Mars adalah plaanet pertama yang menarik perhatian Kepler. Setelah dengan saksama mempelajari tabel-tabel itu, terungkaplah bahawa Mars mengorbit matahari tetapi bukan dalam lingkaran sempurna.

Satu-satunya bentuk orbit yang cocok dengan pengamatan itu ialah bentuk elips (lonjong) dengan matahari sebagai salah satu titik fokusnya. Tetapi, Kepler sadar bahwa kunci untuk mengungkap rahasia langit bukanlah Mars, melainkan planet Bumi.

Kepler membayangkan dirinya sedang berdiri di Mars dan melihat ke Bumi. Ia menghitung kecepatan gerakan bumi bervariasi dan berbanding terbalik dengan jaraknya matahari.

Kepler mengerti bahwa matahari bukan sekadar pusat dari tata surya. Matahari juga berfungsi seperti sebuah magnet, berputar pada porosnya dan memengaruhi gerakan planet-planet.

Bagi Kepler, semua planet adalah benda-benda fisik yang dengan harmonis diaturoleh serangkaian hukum yang beragam. Apa yang telah ia pelajari dari Mars dan Bumi pasti berlaku juga untuk semua planet.

Jadi, Kepler menyimpulkan bahwa setiap planet mengitari matahari dalam orbit elips pada kecepatan yang bervariasi sesuai dengan jaraknya dari matahari.

Hukum Kepler tentang Gerakan Planet

Pada tahun 1609, Kepler menerbitkan buku New Astronomy (Astronmi Baru), yang diakui sebagai buku astronomi modern yang pertama dan salah satu buku terpenting yang pernah ditulis tentang subjek tersebut.

Mahakarya ini memuat dua hukum Kepler yang pertama tentang gerakan planet. Hukumnya yang ketiga diterbitkan dalam buku Harmonies of the World (Keharmonisan Dunia) pada tahun 1619, sewaktu ia tinggal di Linz, Austria.

Tiga hukum ini mendefinisikan dasar-dasar gerakan planet: bentuk orbit planet yang mengitari matahari, kecepatan gerakan planet, dan hubungan antara jarak sebuah planet dari matahari dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu putaran.

Baca Juga :  Biodata Horace Wells Penemu Gas Nitrous Oksida

Pengenalan Tiga Hukum Kepler Secara Umum

1. Hukum I Kepler

Gambaran orbit planet sesuai hukum I Kepler

Pada hukum persamaannya, Kepler menjelaskan tentang bentuk lingkaran orbit planet. Bunyi hukum ini sebagai berikut.

“Lintasan setiap planet mengelilingi matahari merupakan sebuah elips dengan matahari terletak pada salah satu titik fokusnya.”

2. Hukum II Kepler
hukum kepler 2Hukum kedua Kepler menjelaskan tentang kecepatan orbit planet.

“Setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama.”

Garis AM akan menyapu lurus hingga garis BM, luasnya sama dengan daerah yang disapu garis Cm hingga DM. Jika tAB = tCD. Hukum kedua ini juga menjelaskan bahwa dititik A dan B planet harus lebih cepat dibanding saat dititik C dan D.

3. Hukum III Kepler
Pada hukum ketiganya Kepler menjelaskan tentang periode revolusi planet. Periode revolusi planet ini dikaitkan dengan jari-jari orbit rata-ratanya.

“Kuadrat periode planet mengitari matahari sebanding dengan pangkat tiga rata-rata planet dari matahari.”

Hubungan di atas dapat dirumuskan secara matematis seperti persamaan berikut.

hukum kepler 3

Pengakuan

Hukum Kepler akhirnya diakui. Kira-kira 70 tahun kemudian, Isaac Newton menggunakan karya Kepler sebagai dasar untuk hukumnya tentang gerakan dan gravitasi.

Pada tahun 1627, Kepler menerbitkan buku Rudolphine Tables (Tabel-Tabel Rudolphine), yang ia anggap sebagai karya utamanya di bidang astronomi. Johannes

Kematian

Johannes Kepler meninggal pada tanggal 15 November 1630 saat umur 58 tahun di Regensburg, Bavaria, Germany.

Karya Kepler

  • Mysterium cosmographicum (Misteri Kosmmografis) (1596)
  • Astronomiae Pars Optica (Bagian Optik dari Astronomi) (1604)
  • De Stella nova in pede Serpentarii (Tentang Bintang Baru di Kaki Ophiuchus) (1604)
  • Astronomia nova (Astronomi Baru) (1609) Dioptrice (Dioptre) (1611)
  • Epitome astronomiae Copernicanae (diterbitkan dalam tiga bagian dari 1618-1621)
  • Harmonice Mundi (Keharmonisan Dunia) (1619)
  • Tabulae Rudolphinae (Tabel-Tabel Rudolphine) (1627)
  • Somnium (Mimpi) (1634) – dianggap prekursor kepada fiksi ilmiah.
Baca Juga :  Pelajari Yuk Sejarah Bunga Tulip dan Ciri-ciri Uniknya!

Penutup

Itulah biodata Johannes Kepler seorang penemu hukum perputaran planet. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski