Biodata Nikola Tesla Penemu Motor Listrik

Biodata Nikola Tesla Penemu Motor Listrik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Nikola Tesla seorang penemu motor listrik. Penasaran ingin tahu tentang penemu motor listrik, simak penjelasannya berikut ini.

Nikola Tesla (10 Juli 1856 – 7 Januari 1943) adalah seorang  fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik asal Amerika Serikat. Dia merupakan seorang ilmuwan yang sangat terkenal dibidang kelistrikan, salah satu temuannya yang membuat ia terkenal ialah motor listrik.

Nikola Tesla terlahir dari etnis Serbia di desa Smijan, Kroasia, pada tanggal 28 Juni 1856. Nikola merupakan seorang ilmuwan yang menemukan motor listrik. Ketika berusia Sembilan tahun, Nikola sudah menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Teknologi Graz, Austria.

Disana Nikola mempelajari penggunaan arus listrik bolak-balik (AC) dan lebih tertarik untuk membuat motor listrik arus searah (DC) menjadi lebih efisien. Pada tahun 1882, Nikola telah berhasil membuat sebuah konsep yang menarik, yaitu konsep motor induksi.

Pada tahun 1882, Nikola pergi ke Paris dan bekerja di Contionental Edison Company, sebagai engineer yang memiliki tugas untuk membuat desain peralatan electrik yang dapat melintasi benua yang berasal dari ide Edison.

Di sana Nikola mulai mengerti tentang motor induksi dan telah mulai melakukan pengembangan beberapa variasi dengan menggunakan sistim putaran bidang magnetic, dan mendaftarkannya pada lembaga paten, pada tahun 1888 Nikola mendapatkan hak patennya.

Pada tahun 1894, Nikola Tesla bekerja di Edison Machine Work, disana ia menyelesaikan segala masalah yang berhubungan dengan kelistrikan.

Di perusahaan itu, Nikola sempat merancang 24 jenis dinamo dan pada tahun 1895, Nikola berhasil mengirim sinyal radio hingga jarak 50 mil. Karena gaji yang tidak memuaskan, maka Nikola keluar dari perusahaan Edison tersebut.

Baca Juga :  Unduh Logo HUT Kabupaten Bengkalis ke-510 Tahun 2022

Pada tahun 1886, Nikola mendirikan perusahaan sendiri yang di beri nama Tesla Electric Light and Manufacturing, selama setahun ia telah mematenkan tiga penemuannya. Para investor tidak menyetujui usulnya untuk meneruskan projek Alternating Current Motor, karena ia terus melanjutkan projek tersebut maka ia di keluarkan dari perusahaan tersebut.

Pada tahun 1888, Nikola berhasil mendemonstasikan kerja motor induksi arus bolak-balik di depan American Institute of Electrical Engineers dan menandatangani kontrak perjanjian. Di tahun yang sama, ia juga telah mengembangkan salah satu hasil penemuannya yang di beri nama Prinsip Tesla Coil.

Nikola Tesla bekerja sama dengan George Westinghouse, pemilik Westinghouse Electric and Manufacturing Company. Nikola memperkenalkan motor dan sistem listrik disebuah makalah “ Sistem Baru Bolak Motors Lancar dan Transformer”.

George sangat tertarik dengan penemuan Nikola itu. Ketika George mengunjungi laboratorium Nikola, ia sangat kagum dengan apa yang dilihatnya. Nikola membangun sistem model polyphase yang terdiri atas arus bolak-balik, dengan langkah up-dinamo serta step down transformator dan motor AC. George dan Nikola bekerjasama untuk mengelola listrik nasional di Amerika.

Pada tahun 1882, Nikola telah menemukan medan magnet berputar, ia mengadaptasi prinsip medan magnet rotasi untuk membangun bolak motor induksi arus dan sistem polyphase untuk transmisi distribusi generasi serta penggunaan daya listrik. Nikola motor AC induksi digunakan di industri.

Nikola Tesla meninggal dunia pada tanggal 7 Januari 1943 di hotel New Yorker, ruang 3327, lantai 33. Nikola di kremasi di Ardsley, Hudson, New York.

Penutup

Itulah biodata Nikola Tesla seorang penemu motor listrik. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org/wiki/Nikola_Tesla & http://penemu-terkenal.blogspot.com/2014/04/penemu-motor-nikola-tesla.html)

Baca Juga :  Biodata Johann Wolfgang von Goethe

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski