Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko

Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko

Table of Contents

Jawaban Lagu Daerah Yamko Rambe Yamko – Hai sob, Hari itu Edo mendapat tugas untuk menyiapkan sebuah lagu daerah. Lagu itu akan dinyanyikan di depan teman-teman sekelasnya. Edo dan keluarganya berasal dari Papua. Edo teringat lagu daerah di lingkungan tempat tinggalnya di Papua. Kali ini waca berita akan membahas materi Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 8 sub tema 1 pembelajaran 2.

Di mana kamu tinggal? Apakah kamu mengenal lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu? Keluarga besarku berasal dari Papua. Di lingkungan tempat tinggalku ada beberapa lagu daerah yang terkenal. Aku, Ayah, dan Ibuku senang menyanyikan lagu daerah. Apa lagu daerah yang sering aku nyanyikan bersama keluargaku? Ayo, pelajari materi berikut.

Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko 11

Hari itu Edo mendapat tugas untuk menyiapkan sebuah lagu daerah. Lagu itu akan dinyanyikan di depan teman-teman sekelasnya. Edo dan keluarganya berasal dari Papua. Edo teringat lagu daerah di lingkungan tempat tinggalnya di Papua. Edo akan menyanyikan lagu dari Papua yang berjudul ”Yamko Rambe Yamko”.

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu daerah berikut dengan penuh semangat.

Lagu Daerah Yamko Rambe Yamko

Jawaban Lagu Daerah Yamko Rambe Yamko 13

Edo berhasil menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan baik. Saat bernyanyi, Edo memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Apa kamu masih ingat tentang tempo dan tinggi rendah nada? Mari, mengingat kembali tentang tempo dan tinggi rendah nada.

Baca Juga :  Biodata Mahbub ul Haq, Pendiri Human Development

Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh,
lagu yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat. Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat.

Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok.

Semakin ke kanan, nada semakin tinggi. Sebaliknya, semakin ke kiri, nada semakin rendah. Nada bertitik di bawah berarti nada rendah, nada tidak bertitik berarti nada sedang, dan nada bertitik di atas berarti nada tinggi.

Nada-nada yang bertitik di bawah disebut tangga nada oktaf rendah, nadanada yang tidak bertitik disebut tangga nada oktaf sedang, dan nada-nada yang bertitik di atas disebut tangga nada oktaf tinggi. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Susunan nada yang berurutan naik atau turun disebut tangga nada. Tentu saja jarak antarnada yang berurutan itu naik atau turun tertentu pula 1 2 3 4 5 6 7 1

Ayo Berlatih

Amatilah teks lagu “Yamko Rambe Yamko”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi lagu di depan. Apa yang kamu temukan?

Jawaban

‘Hee’ Yamko Rambe Yamko
Aronawa kombe
‘Hee’ Yamko Rambe Yamko
Aronawa kombe

‘Te’mino Kibe Kubano Ko Bombe Ko
‘Yu’ma No Bungo Awe Ade
‘Te‘mino Kibe Kubano Ko Bombe Ko
‘Yu‘ma No Bungo Awe Ade

Hongke Hongke, Hongke Riro
Hongke Jombe, Jombe Riro
Hongke Hongke, Hongke Riro
Hongke Jombe, Jombe Riro

Nada tinggi ditandai dengan tanda petik satu dan menggunakan huruf tebal

Nyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama gurumu sesuai dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan aba-aba tempo atau kecepatan dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu ”Yamko Rambe Yamko”! Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo itu dipercepat.

Jawaban

Pada lagu Yamko Rambe Yamko dinyanyikan dengan nada dasar C=Do, birama 4/4 (satu birama terdapat empat ketukan). Lagu Yamko Rambe Yamko menggunakan Nada tinggi dan nada sedang. Pada nada rendah tidak digunakan dalam notasi lagu Yamko Rambe Yamko.

Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo lagu itu dipercepat

Apa makna yang terkandung dari lagu ”Yamko Rambe Yamko”?

Jawaban

Makna yang terkandung pada lagu “Yamko Rambe Yamko” adalah mengenai peperangan, dimana para pejuang dahulu memiliki rasa rela dan ikhlas jiwa raga dalam berkorban mempertahankan negara Indonesia dari serangan para penjajah

Edo bernyanyi lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan penuh semangat dan percaya diri. Tidak disangka setelah semua teman temannya bernyanyi, Ibu Guru bercerita mengenai rakyat Papua. Edo merasa bangga kerean lingkungan tempat tinggal keluarga besarnya kaya budaya. Ada lagu daerah dan juga cerita rakyat. Berikut cerita yang disampaikan Ibu Guru.

Ayo Membaca

Bacalah cerita rakyat berikut.

Kasuari dan Dara Makota

Kasuari memiliki badan besar dan sayap lebar. Dia mampu terbang tinggi. Namun, Kasuari amat serakah. Dia memetik banyak sekali buah yang telah masak. Buah-buahan itu disembunyikan di bawah sayapnya sehingga burung-burung lain tidak kebagian. Burung-burung lain mengetahui keserakahan Kasuari. Oleh karena itu, tidak seekor burung pun mau berteman dengannya. Meski demikian, Kasuari tidak memedulikannya.

Baca Juga :  Biodata Arnold Mononutu, Pahlawan Nasional dari Sulawesi Utara

Lama-kemalaan Kasuari semakin serakah Tidak hanya buah buahan di pohon saja yang diambilnya, tetapi juga buah-buahan yang jatuh ke tanah. Burung-burung lain pun jengkel. Mereka mencari cara agar Kasuari sadar dari sifat serakahnya.

”Bagaimana jika lomba terbang? Siapa yang mampu terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Kalau Kasuari kalah, dia tidak boleh mencurangi kita lagi,” usul Dara Makota. ”

Siapa yang bisa melawan Kasuari? Badannya besar. Sayapnya lebar. Sekali mengepakkan sayap, dia pasti bisa terbang jauh. Kita tidak akan menang,” jawab Pipit pesimis.

”Ingat, kita harus menggunakan akal. Serahkan semuanya kepadaku. Aku akan melawannya dalam perlombaan ini,” kata Dara Makota sambil tersenyum. Dia berusaha meyakinkan teman-temannya

Teman-teman Dara Makota saling berpandangan. Mereka bertanya tanya dalam hati. Mungkinkah Dara Makota yang bertubuh kecil dapat mengalahkan Kasuari yang besar?

Dara Makota menyampaikan tantangannya kepada Kasuari. Kasuari menyetujui tantangan Dara Makota. Saat pertandingan tiba, semua burung hadir untuk menyaksikan.

Dengan sombongnya Kasuari menertawakan Dara Makota. ”Sudahlah, kamu menyerah saja dari pada mendapat malu,” ejek Kasuari.

Dara Makota bergeming. ”Siapa yang tertawa belakangan, dia yang menang,” sahut Dara Makota.

Kasuari dan Dara Makota pun bertanding. Mereka melesat dengan kencang. Kasuari terbang cepat sekali. Sesekali Kasuari menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Dia takut jika Dara Makota menyusulnya.

Saat asyik menoleh, tiba-tiba… BRAAK…. Kasuari menabrak batang pohon. Sebelah sayapnya pun patah. Semua yang hadir tertegun, tetapi Kasuari tak mau menyerah. Dia berusaha bangkit dan mengepakngepakkan sayapnya. Sayangnya, dia terus terjatuh dan menggelepar di tanah. Sementara itu, Dara Makota terus melesat jauh meninggalkan

Kasuari hanya dapat memandang Dara Makota dengan rasa malu. Sekarang dia baru tahu rasanya menjadi makhluk lemah. Selama ini dia selalu merasa menjadi burung terhebat. Namun, dalam sekejap dia tidak mampu terbang lagi. Kasuari.

Beberapa burung lain turun ke tanah. Mereka membantu Kasuari. Kasuari semakin malu karena selama ini dia telah mencurangi mereka

Sejak saat itu, Kasuari sadar dan mengubah perilakunya. Namun sayang sekali, sejak saat itu pula Kasuari tidak bisa terbang lagi. Dia harus mencari makan di tanah.

Pada pembelajaran 1 telah dijelaskan bahwa cerita “Asal Mula Telaga Warna” merupakan cerita fiksi. Cerita yang di ceritakan Ibu Guru diatas juga merupakan cerita fiksi. Ayo, melakukan kegiatan berikut.

Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko 17

Ayo Berlatih

Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara lisan cerita tersebut di depan teman-teman dan gurumu.

Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Adapun jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.

Ayo Berdiskusi

Carilah informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi berikut!

a. Cerita jenaka adalah

Jawaban

Cerita pendek yang berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyum atau tawa bagi pembaca

Baca Juga :  Jawaban Matematika Halaman 235 Kelas 7
Contoh:

Jawaban

Si Kabayan, Pak Pandir, dan Pak Belalang

b. Mite adalah

Jawaban

Cerita berhubungan dengan kepercayaan suatu benda, peristiwa gaib, alam gaib, atau yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib, seperti dewa, peri, dan Tuhan

Contoh:

Jawaban

Putri Tunjung Buih dan Putri dari Bambu.

c. Fabel adalah

Jawaban

Cerita dengan tokoh-tokoh binatang yang diceritakan seolah-oalah hidupnya bermasyarakat seperti manusia

Contoh:

Jawaban

Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau.

d. Legenda adalah

Jawaban

Cerita lama mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, kejadian alam, asal-usul suatu benda, atau kejadian di suatu tempat atau daerah

Contoh:

Jawaban

Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu dan Danau Toba.

e. Saga adalah

Jawaban

adalah cerita lama yang mengandung unsur sejarah, misalnya kepahlawanan.

Contoh:
Jawaban

Calon Arang dan Lutung Kasarung

f. Cerpen adalah

Jawaban

Cerita tentang kehidupan manusia melalui tulisan pendek. Cerpen dapat selesai dibaca dalam sekali duduk

Contoh:

Jawaban

Cerpen-cerpen anak pada majalah atau surat kabar.

g. Novel adalah

Jawaban

adalah cerita fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang yang kompleks dengan menonjolkan watak setiap tokoh.

Contoh:

Jawaban

Laskar Pelangi karya Andrea Hirata

Ayo Berlatih

Bacalah kembali cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota. Kemudian, identifikasilah jenis cerita fiksi tersebut.

Jenis cerita fiksi Kasuari dan Dara Makota adalah

Jawaban

Fabel

Penjelasan:

Jawaban

Fabel adalah jenis cerita fiksi dengan tokoh-tokoh binatang yang diceritakan seolah-oalah hidupnya bermasyarakat seperti manusia. Pada cerita tersebut terdapat tokoh burung Kasuari, burung Dara Mahkota, Burung Pipit, dan burung-burung lainnya yang seolah-olah memiliki sifat seperti manusia.

Jenis cerita fiksi Asal Mula Telaga Warna adalah

Jawaban

Legenda

Penjelasan:

Jawaban

Legenda adalah cerita lama mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, kejadian alam, asal-usul suatu benda, atau kejadian di suatu tempat atau daerah. Dalam cerita tersebut menceritakan asal mula telaga warna

Kasuari dan Dara Mahota dalam cerita di depan memiliki sayap untuk terbang. Dengan terbang, mereka dapat menuju tempat tertentu. Demikian juga dengan manusia. Manusia seringkali menggunakan sarana transpotasi, seperti sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat, dan kapal untuk menuju tempat tertentu.

Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko 19

Pulang sekolah Edo mengendarai sepeda. Di jalan cukup ramai, Edo mengurangi kekuatan saat mengayuh sepedanya. Laju sepeda menjadi lambat. Di jalan lengang, Edo menambah kekuatan saat mengayuh sepeda. Laju sepeda menjadi cepat.

Kekuatan mengayuh memengaruhi laju sepeda. Saat Edo mengurangi kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah mengurangi gaya. Sepeda pun bergerak lambat atau pelan. Sebaliknya, saat Edo menambah kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah menambah gaya. Sepeda pun bergerak cepat. Dengan demikian, gaya berpengaruh terhadap gerak benda.

Apa kamu masih ingat tentang gaya dan gerak?

Ayo Mencoba

Lakukan percobaan di bawah ini secara berpasangan.

Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman

Tujuan : mengetahui perubahan gerak akibat gaya
Alat : meja

Langkah kegiatan
1. Letakkan meja di tempat cukup luas.
2.


Doronglah meja secara sendiri dengan kekuatan penuh. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?

Jawaban

Saat kita mendorong meja sendirian dengan kekuatan penuh, meja akan bergeser namun terasa berat.

3.


Kemudian, doronglah meja bersama temanmu. Gunakan kekuatan penuh seperti saat mendorong sendirian. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?

Jawaban

Sedangkan, saat mendorong meja berdua dengan teman, gaya yang dihasilkan dua orang bisa lebih besar sehingga meja lebih mudah bergeser. Ini juga membuat meja bisa digeser lebih cepat

Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko 20

Ayo Menulis

Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua?

Jawaban

Saat kita mendorong meja sendirian dengan kekuatan penuh, meja akan bergeser namun terasa berat.

2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua?

Jawaban

Sedangkan, saat mendorong meja berdua dengan teman, gaya yang dihasilkan dua orang bisa lebih besar sehingga meja lebih mudah bergeser. Ini juga membuat meja bisa digeser lebih cepat

3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?

Jawaban

Untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap kecepatan gerak suatu benda.

Kesimpulan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban

Hari ini saya belajar tentang tinggi endah nada pada lagu Yamko Rambe Yamko dan Cerita Rakyat berjudul Kasuari dan Dara Makota serta belajar tentang pengaruh gaya terhadap kecepatan gerak suatu benda.

Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi?

Jawaban

Tinggi rendah nada

Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?

Jawaban

Selain memengaruhi bentuk dan gerak benda, gaya juga dapat memengaruhi arah gerak suatu benda. Misalnya, gaya dapat mengubah arah gerak benda pada permainan jungkat-jungkit. Terdapat gaya dorongan pada permainan tersebut yang mengakibatkannya menjadi bergerak naik dan turun

Demikianlah pembahasan mengenai Mengidentifikasi Tinggi Rendah Lagu Yamko Rambe Yamko yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2. Bertanyalah kepada orang tuamu tentang lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu. Apa saja lagu daerahmu? Kemudian, pilih satu lagu daerahmu. Mintalah orang tuamu untuk menyanyikannya. Tuliskan syair lagu yang dinyanyikan orang tuamu. Semoga beermanfaat
.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski