Biodata Pieter Van Musschenbroek Penemu Alat Pemuaian (Musschenbroek)

Biodata Pieter Van Musschenbroek Penemu Alat Pemuaian (Musschenbroek)

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Pieter Van Musschenbroek seorang penemu alat pemuaian. Penasaran ingin tahu tentang penemu alat pemuaian, simak penjelasannya berikut ini.

Pieter Van Musschenbroek adalah seorang profesor di Duisburg, Utrecht, dan Leiden, di mana ia memegang posisi dalam matematika, filsafat, kedokteran, dan astrologi. Musschenbroek berkontribusi dalam kajian kemagnetan dan kohesi benda, serta ia juga menemukan suatu pengukur suhu tinggi (pyrometer).

Alat Musschenbroek juga penemuannya yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian panjang yang terjadi pada zat padat yang panjang dengan luas penampang kecil. Musschenbroek dikreditkan dengan penemuan kapasitor pertama tahun 1746.

Pieter van Musschenbroek lahir pada tanggal 14 Maret 1692 di Leiden, Belanda, Republik Belanda. Ayahnya bernama Johannes van Musschenbroek dan ibunya bernama Margaretha van Straaten. Musschenbroeks, berasal dari Flanders, tinggal di kota Leiden sejak sekitar tahun 1600. Ayahnya adalah seorang pembuat alat, yang membuat instrumen ilmiah seperti pompa udara, mikroskop, dan teleskop.

Musschenbroek menghadiri sekolah Latin hingga tahun 1708, di mana ia belajar bahasa Yunani, Latin, Perancis, Inggris, Tinggi Jerman, Italia, dan Spanyol. Musschenbroek belajar kedokteran di Universitas Leiden dan menerima gelar doktor pada tahun 1715.

Musschenbroek juga menghadiri ceramah oleh John Teofilus Desaguliers dan Isaac Newton di London. Ia menyelesaikan studinya di bidang filsafat pada tahun 1719. Pada tahun 1719, Musschenbroek menjadi guru besar matematika dan filsafat di Universitas Duisburg. Pada tahun 1721, ia juga menjadi profesor kedokteran.

Pada tahun 1723, Musschenbroek meninggalkan posnya di Duisburg dan menjadi profesor di Universitas Utrecht. Pada 1732 ia juga menjadi profesor di astrologi. Musschenbroek yang Elementa Physica (1726) memainkan peran penting dalam transmisi gagasan Isaac Newton dalam fisika ke Eropa. Pada bulan November 1734 ia terpilih sebagai Fellow dari Royal Society.

Baca Juga :  Biodata Samuel Morse Penemu Telegraf Listrik

Sudah selama belajar di Universitas Leiden, Musschenbroek menjadi tertarik dalam elektrostatika. Pada saat itu, energi listrik transien dapat dihasilkan oleh mesin gesekan tapi tidak ada cara untuk menyimpannya.

Musschenbroek dan muridnya Andreas Cunaeus menemukan bahwa energi dapat disimpan, dalam pekerjaan yang juga terlibat Jean-Nicolas-Sébastien Allamand sebagai kolaborator Aparat adalah botol kaca berisi air di mana batang kuningan telah ditempatkan.

Dan energi yang tersimpan bisa hanya dirilis dengan menyelesaikan sirkuit eksternal antara batang kuningan dan konduktor lain, awalnya tangan ditempatkan dalam kontak dengan luar tabung.

Musschenbroek dikomunikasikan penemuan ini untuk René Réaumur di bulan Januari 1746, dan itu Abbé Nollet, penerjemah surat Musschenbroek itu dari bahasa Latin, yang bernama penemuan yang ‘Leyden jar’.

Segera setelah itu, terungkap bahwa seorang ilmuwan Jerman, Ewald von Kleist, telah secara mandiri membangun sebuah perangkat serupa pada akhir tahun 1745, tak lama sebelum Musschenbroek.

Pada tahun 1754, Musschenbroek menjadi profesor kehormatan di Imperial Academy of Science di Saint Petersburg. Ia juga terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences pada tahun 1747.

Pieter Van Musschenbroek meninggal pada tanggal 19 September 1761 di Leiden.

Penutup

Itulah biodata Pieter Van Musschenbroek seorang penemu alat pemuaian (Musschenbroek). Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : anistazahara.blogspot.com