Biodata Thomas Savery Penemu Mesin Uap Pertama

Biodata Thomas Savery Penemu Mesin Uap Pertama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Thomas Savery seorang penemu mesin uap pertama. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin uap pertama, simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah penemu mesin uap pertama yang banyak diketahui orang ialah James Watt, tetapi sebenarnya dia bukanlah penemu mesin uap pertama, sebelumnya sudah ada para penemu mesin uap seperti: Thomas Savery dan Thomas Newcomen. James Watt terkenal karena telah menemukan mesin uap yang lebih efisien yang merupakan pengembangan dari mesin Newcomen.

Thomas Savery (1650-1715)

Thomas Savery adalah seorang insinyur militer asal Inggris dan penemu pertama mesin uap pada tahun 1698, Pada tahun 1679, Savery mematenkan mesin uap pertamanya, berdasarkan Digester Denis Papin atau pressure cooker.

Thomas Savery menemukan mesinnya saat dia berhasil memompa air keluar dari tambang batu bara. Mesinnya pertama yang diperkenalkannya terdiri dari bejana tertutup yang diisi dengan air, lalu air tersebut menjadi menguap di bawah tekanan.

Hal ini memaksa air ke atas dan keluar dari poros tambang. Kemudian sprinkler air dingin yang digunakan untuk memadatkan uap. Ini menciptakan kekosongan yang mengisap lebih banyak air keluar dari poros tambang melalui suatu katup bawah.

Thomas Savery kemudian bekerja dengan Thomas Newcomen pada mesin uap atmosferik. Di antara  penemuan lain Savery adalah odometer untuk kapal, yakni sebuah perangkat untuk mengukur jarak.

Thomas Newcomen (1663-1729)

Thomas Newcomen ialah seorang pandai besi dari Inggris, bereksperimen selama 10 tahun untuk mengembangkan mesin uap pertama yang benar-benar berhasil untuk menggerakkan pompa untuk membuang air dari tambang.

Baca Juga :  Biodata Bill Moggridge Penemu Laptop Pertama

Kemampuannya untuk menjual mesin terhambat oleh paten yang luas oleh Savery. Newcomen dipaksa untuk mendirikan sebuah perusahaan dengan Savery.

Newcomen menemukan mesin uap atmosferik, yang telah melakukan perbaikan atas desain Thomas Slavery sebelumnya. Mesin uap The Newcomen menggunakan kekuatan tekanan atmosferik.

Mesin Thomas Newcomen memompa uap ke silinder, lalu Uap diembunkan oleh air dingin yang menciptakan ruang hampa di dalam silinder, yang dihasilkan tekanan atmosferik yang dioperasikan piston, membuat stroke ke bawah.

Dalam mesin Newcomen intensitas tekanan tidak dibatasi oleh tekanan uap, tidak seperti pada Thomas Savery yang telah dipatenkan pada tahun 1698.

Pada tahun 1712, Thomas Newcomen bersama dengan John Calley membangun mesin pertama mereka di atas poros tambang yang diisi air dan digunakan untuk memompa air keluar dari tambang.

Mesin Newcomen adalah pendahulu sebelum mesin James Watt dan menjadi salah satu bagian yang paling menarik dari teknologi yang dikembangkan di tahun 1700.

James Watt (1736-1819)

James Watt adalah seorang penemu asal Skotlandia dan insinyur mekanik, lahir di Greenock, yang terkenal karena perbaikannya pada mesin uap.

Pada tahun 1765,  Saat James Watt bekerja untuk University of Glasgow, Watt ditugaskan untuk memperbaiki mesin Newcomen yang dianggap tidak efisien, meskipun pada saat itu mesin uap mesin Newcomen dianggap terbaik pada masanya. Akhirnya James Watt dapat melekukan beberapa perbaikan pada desain mesin uap Newcomen.

Mesin Newcomen yang sangat tidak efisien diakui para pengguna berapa banyak energi yang dibutuhkan. Silinder uap dipanaskan dan didinginkan berulang kali, yang membuang energi untuk memanaskan baja, dan juga menyebabkan tekanan termal besar.

James Watt membuat terobosan pengembangan dengan menggunakan kondensor terpisah. Watt menemukan kondensor terpisah pada tahun 1765. Butuh 11 tahun sebelum ia melihat perangkat bekerja dalam prakteknya.

Baca Juga :  Ini Dia Tugas Pokok Palang Merah Indonesia

Rintangan terbesar untuk pelaksanaan mesin Watt adalah teknologi untuk membuat piston besar atau silinder dengan cukup toleransi dekat sehingga mereka akan menutup vakum moderat.

Teknologi ini meningkat pada waktu yang sama ketika Watt menemukan dukungan keuangan yang ia butuhkan melalui kemitraan dengan Matthew Boulton.

Tidak seperti mesin Newcomen, desain mesin Watt memiliki kondensor yang bisa menjadi dingin sementara silinder panas. Mesin Watt segera menjadi desain yang dominan untuk semua mesin uap modern dan membantu mewujudkan Revolusi Industri.

Untuk menghormati jasanya sebuah satuan daya yang disebut Watt diberi nama sesuai penemunya James Watt.

Penutup

Itulah biodata Thomas Savery seorang penemu mesin uap pertama dan sejarah tentang para penemu mesin uap. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu