Biodata Raymond Samuel Tomlinson Penemu Email

Biodata Raymond Samuel Tomlinson Penemu Email (Surat Elektronik)

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Raymond Samuel Tomlinson seorang penemu email (surat elektronik) pertama kali. Penasaran ingin tahu tentang penemu email (surat elektronik) pertama kali , simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Raymond Samuel Tomlinson :

Lahir : 23 April 1941, Amsterdam, New York, AS

Meninggal : 5 Maret 2016, Lincoin, Amerika Serikat

Kebangsaan : Amerika Serikat

Pekerjaan : Programer, penemu

Dikenal atas : penemu email,surat elektronik pertama kali

 

Raymond Samuel Tomlinson adalah seorang programmer komputer asal Amerika yang pertama kali menggunakan program email pada sistem ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal internet pada tahun 1971.

Ini adalah sistem pertama yang mampu mengirim email antara pengguna komputer dan server yang berbeda yang terhubung ke ARPANET. Sebelumnya, mail dapat dikirim hanya kepada orang lain yang menggunakan komputer yang sama.

Untuk mencapai hal ini, Raymond menggunakan tanda @ untuk memisahkan nama pengguna dari nama mesin mereka, skema yang telah digunakan di alamat email sejak itu.

Awal kehidupan

Raymond lahir di Amsterdam, New York, AS pada tanggal 23 April 1941, namun keluarganya pindah ke desa unincorporated kecil Vail Mills, New York. Pendidikan awalnya dia di Broadalbin Central School dekat Broadalbin, New York.

Setelah itu Raymond melanjutkan ke Rensselaer Polytechnic Institute (RPI) di Troy, New York. di sana Raymond berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Raymond menerima gelar sarjana di bidang teknik listrik dari RPI pada tahun 1963.

Baca Juga :  Biodata Henry J. Heinz Penemu Saus Tomat

Setelah lulus dari RPI, Raymond masuk Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk melanjutkan studinya tentang teknik listriknya. Di MIT, Raymond bekerja di Grup Komunikasi Pidato dan mengembangkan pidato hybrid synthesizer analog-digital sebagai subyek tesisnya untuk gelar master di bidang teknik listrik, yang dia terima pada tahun 1965.

Penemuan Email

Pada tahun 1967 Raymond bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman (BBN sekarang Technologies), di sana dia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Network Control Program dan implementasi TELNET.

Raymond menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk mentransfer file melalui ARPANET. Raymond diminta untuk mengubah sebuah program yang disebut SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain untuk berjalan di TENEX. Dia sedikit menambahkan kode yang dia ambil dari CPYNET ke SNDMSG sehingga pesan dapat dikirim ke pengguna pada komputer yang lain, inilah email pertamanya.

Email pertama yang dikirim Raymond adalah sebuah uji coba. Percobannya tersebut tidak dia lestarikan dan Raymond menggambarkannya sebagai sesuatu yang tidak signifikan, sesuatu seperti ” QWERTYUIOP “.

Hal ini umumnya dikutip sebagai “e-mail pertama adalah QWERTYUIOP”. Raymond lalu berkomentar bahwa “Tes pesan sepenuhnya telah saya lupakan, oleh karena itu, melupakan mereka.”

Pada awalnya, sistem pesan email-nya tidak dianggap begitu penting. Ketika Raymond menunjukkan kepada kolega, Raymond mengatakan “Jangan beritahu siapapun! kita tidak seharusnya mengerjakan hal semacam ini.”

Raymond mengatakan dia lebih suka “email” dibanding “e-mail.” “Saya hanya mencoba untuk melestarikan pasokan dunia dari tanda hubung,” katanya pada tahun 2010. “Plus, istilah telah menggunakan cukup lama untuk menjatuhkan tanda hubung.”

Penemuan yang dilakukannya itu diakui secara luas sebagai awal mula email. Raymond juga dikenal sebagai penemu lambang @ yang dipakai sebagai pemisah antara nama pemilik email dengan alamat tujuan yang masih dipakai hingga saat ini.

Baca Juga :  Biodata KH Fakhruddin, Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

Pada saat itu, masih sangat sedikit orang yang mempunyai komputer pribadi karena harganya sangat mahal. Dan popularitas email baru berlangsung beberapa tahun setelah Raymond menemukannya, sebelum kemudian jadi bagian integral kehidupan modern.

Saat email dan simbol @ yang ditemukannya banyak digunakan, nama Raymond mulai banyak dibicarakan dan dia menerima banyak penghargaan. Di tahun 2000 misalnya, dia menerima penghargaan George R. Stibitz Computer Pioneer Award dari American Computer Museum atas jasa jasanya.

Raymond Samuel Tomlinson menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 5 Maret 2016 karena serangan jantung, diduga pada usia 74 tahun.

Penghargaan yang diterima Raymond Samuel Tomlinson :

  • Pada tahun 2000 ia menerima George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari American Computer Museum (dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University ).
  • Pada tahun 2001 ia menerima Penghargaan Webby dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk pencapaian seumur hidup. Juga pada tahun 2001 ia dilantik menjadi Hall Rensselaer Alumni of Fame.
  • Pada tahun 2002 pilihan Majalah diberikan kepadanya yang Innovation Award.
  • Pada tahun 2004, ia menerima pemberian IEEE Internet bersama dengan Dave Crocker.
  • Pada tahun 2009,bersama dengan Martin Cooper dianugerahi Prince of Asturias, penghargaan untuk penelitian ilmiah dan teknis.
  • Pada tahun 2011, ia tercatat 4 di MIT150 daftar top 150 inovator dan ide dari MIT.
  • Pada tahun 2012, Tomlinson dilantik ke dalam Aula Internet of Fame oleh Internet Society.

Penutup

Itulah biodata Raymond Samuel Tomlinson seorang penemu email (surat elektronik) pertama kali. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski