Bonsai Cucur Atap Juara
Bonsai Cucur Atap Juara

Bonsai Cucur Atap Juara dari Rawa Istimewa

Bonsai Cucur Atap Juara dari Rawa Istimewa – Pohon Cucur Atap atau Ujung atap (Baeckea frutescens) adalah salah satu jenis tanaman yang bagus untuk dijadikan Bonsai, tanaman ini juga merupakan jenis tanaman obat Indonesia. Kayunya dipakai untuk membuat pagar dan serbuk untuk obat gosok pada perut yang sakit. Banyak ditemukan di rawa-rawa. Karena manfaat dan memiliki keunikan jika dijadikan bonsai, tak heran jika ada julukan bonsai cucur atap juara dari rawa.

Mengenal Pohon Cucur Atap

Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan berbagai nama dalam bahasa lokal masing-masing daerah seperti aron (Aceh), si-gamei-gamei (Minangkabau),ujung atap (Kalimantan dan Sumatera), game-game (Batak), sawajane dan sawajale (Sulawesi), wile-wile (Baliem),jung-jung atap, sesapu atap, sesapu, dan tutur atap (Bangka dan Belitung).

Cucur atap termasuk jenis tanaman Semak dengan tinggi 6 m dan dengan diameter 11 cm. Daunnya harum bentuknya seperti jarum/memita, tegak, berukuran 5,5-11,5 mm × 0,4-0,8 mm. Panjang gagang daun 0,5-0,6 mm. dan tunggal. Daunnya saling berhadapan, menggerombol pada setiap ruas. Panjang gagang daun 0,5-0,6 mm. Kayu ujung atap berwarna merah tua, dan keras rupanya.Pepagan dan percabangan berwarna abu-abu. Bunganya berukuran 3 mm, berwarna putih-merah muda, termasuk bunga tunggal, dan tumbuh di ujung percabangan.

Cucur atap tersebar dari Tiongkok Selatan hingga ke Guinea Baru dan Australia.Di Kalimantan, ujung atap ditemui di Serawak, Sabah, Kalimantan Timur, Selatan, dan Tengah.Di Kalimantan Barat, ujung atap ditemui di Cagar Alam Muara Kendawangan, dan padang alang-alang hingga 1000 mdpl.

Kalau di Sumatera, ia didapati di Sumatera Utara hingga ke Palembang (biasanya di rawa-rawa) Bangka Belitung, dan Kepulauan Anambas. Di Sulawesi hanya ditemukan di Sulawesi Tengah, Tenggara, dan Selatan. Ujung atap di Maluku hanya ditemui di Kep. Taliabu. Di Irian Jaya, hanya ditemui di Pulau Trangan.

Baca Juga :  Biodata William Bradford Shockley Penemu Transistor

Bonsai Cucur Atap Juara dari Rawa Istimewa

Pohon ini sangat populer di kalangan pebonsai. Bonsai cucur atap Memiliki karakter dan terkesan tua dan juga sangat unik. Penampilan bonsai cucur atap Baeckea frutescens sangat mempesona. Tanaman bak pohon besar. Setiap percabangan membentuk tajuk-tajuk kecil yang sangat rapi. Batang besar yang kulitnya mengelupas itu menopang tajuk-tajuk kecil.

Cabang-cabang sapu-sapu itu besar tetapi meliuk-liuk serta ranting-ranting yang lebat dan liar membuat bonsai itu terlihat sangat alami. Semua keistimewaan itu bisa diamati secara seksama lantaran bonsai itu tampil tanpa daun layaknya pepohonan di musim gugur. Perakarannya pun sangat baik dan tersusun kokoh mencengkeram tanah. Maka tak heran bonsai cucur atap menjadi idola bagi para pebonsai.

Demikian informasi tentang Bonsai Cucur Atap Juara dari Rawa Istimewa, semoga bermanfaat ya sob!