Cara Merawat Bunga Petunia Gantung Agar Tumbuh Lebat

Cara Merawat Bunga Petunia Gantung Agar Tumbuh Lebat – Sobat Waca Berita pasti menginginkan keindahan di area rumah tempat tinggal. Hal ini bisa menjadi penting apalagi dengan menghadirkan sesuatu yang menyejukkan. Seperti halnya dengan menanam tanaman hias, selain memberikan kesejukan juga bisa menambah suasana menjadi lebih indah. Ada berbagai tanaman hias yang bisa membuat suasana indah di halaman ataupun bahkan di dalam rumah. Diantaranya dengan menghadirkan tanaman Petunia Gantung. Jenis tanaman ini sangat cocok untuk mengisi area rumah kamu agar lebih asri dan juga lebih sejuk. Kali ini Waca Berita akan memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat bunga petunia gantung agar tumbuh lebat.

Sekilas tentang Bunga Petunia

Petunia adalah suatu genus tumbuhan berbunga dari famili Solanaceae yang bunganya berbentuk trompet. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan. Secara fisik, tinggi tanaman ini antara 16–30 cm, bunganya memiliki warna yang bervariasi yaitu merah, putih, kuning pucat, biru, dan ungu tua. Genus ini terdiri atas setidaknya 20 spesies.

Tanaman ini dapat mencapai tinggi 40 cm dan mempunyai cabang yang agak banyak, tetapi cabang-cabangnya ini sangat lemah, sehingga tanaman petunia tidak dapat tumbuh dengan tegak. Ditumbuhi bulu-bulu yang sangat halus, daun-daun dari tanaman ini tumbuh secara berhadap-hadapan. Tangkai daunnya pendek, panjangnya kira-kira bekisar 5–10 cm dengan lebar 4–6 cm. Bunga dari tanaman ini tumbuh di bagian ujung batangnya, kelopak bunganya berwarna hijau kemerah-merahan, daun mahkota bunga bentuknya menyerupai terompet berwarna ungu muda, dan tabung bunga bagian dalam berwarna kuning.

Baca Juga :  Laporan Hasil Diskusi dan Peristiwa yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 85 dan 86

Jenis petunia yang mempunyai bunga berwarna ungu muda dinamakan petunia violacea, namun masih banyak lagi jenis-jenis petunia yang mempunyai beraneka ragam warna bunganya, di antaranya ada yang dinamakan petunia hybrida yang merupakan hasil persilangan di antara jenis tanaman petunia.

Cara Menanam Bunga Petunia Gantung

Untuk menanam bibit bunga petunia sobat bisa menggunakan teknik tanam langsung dari biji atau benih, dan yang kedua adalah teknik stek. Kedua teknik ini sama-sama membutuhkan pemahaman tentang bagaimana cara merawat bunga petunia.

Bunga petunia termasuk tanaman yang tumbuh dengan cepat di tanah subur, meski begitu, bunga ini wajib terkena matahari secara cukup seperti tanaman pada umumnya ya. Selain itu, ada fakta yang cukup menyedihkan, karena umur bunga petunia ini tidaklah panjang, melainkan masa pertumbuhannya hanya bisa satu kali saja ketika hidup. Jadi setelah mati, maka kita pun harus menggantinya dengan tanaman yang baru.

Arti Bunga Petunia

Begitu banyak arti dari bunga petunia. Yang pertama dapat diartikan sebagai suatu kebencian dan kemarahan bila diberikan dari orang sedang mempunyai masalah perselisihan dengan kamu.

Yang kedua, bila ada orang yang tidak memiliki kebencian dengan kamu memberikan bunga ini itu bisa dimaknai bahwa kamu dicintai oleh orang tersebut dan berharap agar kamu bisa sukses serta berhasil di masa mendatang.

Karena memiliki beragam makna, bunga petunia juga bisa diberikan dalam acara pernikahan, wisuda kelulusan, hari ibu, dan lain sebagainya.

Cara Merawat Bunga Petunia Gantung

Setidaknya ada beberapa poin penting dalam merawat bunga petunia gantung. Berikut penjelasannya.

Cara Merawat Bunga Petunia Gantung: Proses Penyiraman

Untuk menghasilkan tanaman Petunia yang sehat dengan bunga yang bagus, dibutuhkan pengairan atau penyiraman yang dilakukan secara rutin. Penyiraman ini dilakukan berdasarkan kondisi cuaca saat akan melakukan penyiramam.

Baca Juga :  Biodata Simone Giertz Penemu Mesin Tepuk Tangan

Jika cuaca cerah dan udara sedang sejuk, maka penyiraman dilakukan 2 (dua) kali dalam seminggu, dengan selang waktu 3 -4 hari. Namun, jika cuaca saat penyiraman sedang panas, penyiraman dapat dilakukan secara rutin setiap hari.

Yang perlu diingat adalah, jangan pernah menyiram Petunia hingga terkena bagian daunnya. Siramlah pada bagian media tanam petunia milik kamu. Hal ini harus diperhatikan karena jika daun dalam terkena air, maka hal ini dapat memicu infeksi pada tanaman Petunia kamu, contohnya adalah bercak-bercak yang muncul pada mahkota bunga. Karena hal inilah, kamu diwajibkan untuk memindahkan tanaman petunia milik kamu ketika sedang hujan.

Cara Merawat Bunga Petunia Gantung: Intensitas Cahaya Matahari

Petunia milik kamu akan memiliki bunga bermekaran jika diberi penyinaran matahari yang cukup banyak. Sebisa mungkin, tempatkan bunga petunia kamu pada tempat yang memiliki penyinaran matahari dengan intensitas yang besar.

Petunia akan menghasilkan bunga yang bermekaran dan cantik jika mendapatkan penyinaran dengan intensitas besar. Hal sebaliknya juga berlaku. Penyinaran yang kurang akan menyebabkan bunga yang mekar tidak maksimal ukurannya serta jumlahnya akan lebih sedikit.

Cara Merawat Bunga Petunia Gantung: Pemupukan

Untuk menghasilkan sebuah tanaman yang menghasilkan bunga lebih baik dan juga subur maka kamu harus memperhatikan proses pemupukan pada tanaman seperti halnya pada tanaman bunga Petunia gantung. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti hal penting dalam proses pemupukan sebagai berikut :

  • Lakukan pemupukan sebulan sekali
  • Gunakanlah pupuk konsentrat yang bisa dilarutkan pada air
  • Beberapa pupuk yang bisa di gunakan adalah seperti Rustica Yellow, pupuk ataupun Dekastar
  • Apabila kamu menanam Petunia secara majemuk lakukanlah pemupukan 2 minggu sekali.
  • Air yang dicampur pupuk diberi perbandingan 1 : 10
  • Apabila kamu memiliki butiran-butiran berwarna putih hendaklah lakukan penyiraman melakukan penyiraman, hal tersebut mengindikasikan bahwa unsur garam dari pupuk terlalu banyak.
Baca Juga :  Biodata Said Daeng Muntu, Sastrawan Indonesia

Cara Merawat Bunga Petunia Gantung: Pemangkasan Daun dan Bunga

Untuk menghasilkan sebuah tanaman Petunia yang mampu tumbuh sempurna, maka dengan melakukan proses pemangkasan kamu bisa membuat tanaman untuk merangsang cabang tanaman tumbuh dengan teratur. Untuk memangkasnya kamu bisa memperhatikan beberapa hal yang penting sebagai berikut :

  • Pemangkasan dilakukan pada ujung batang tanaman sekitar 2 sampai 3 cm apabila tanaman kamu tumbuh kerdil,
  • Apabila daun tanaman tumbuh lebat di bagian atasnya lakukan pemangkasan dilakukan kurang dari setengah bagian tanamannya
  • Apabila daun tanaman tumbuh lebat di bagian tengah atau bawah batang, pemangkasan dilakukan setengah bagian tanamannya
  • Tujuan dari pemangkasan batang seperti ini adalah merangsang pertumbuhan sehingga batang yang baru dan lebih sehat.
  • Untuk merangsang pertumbuhan bunga, maka bisa kamu lakukan dengan membuang beberapa buna pertama sebelum hendak mekar
  • Lakukan sesegera mungkin pemangkasan apabila melihat bunga layu
  • Lakukan pemangkasan secara berkala namun jangan sampai di pangkas seluruhnya
  • Pastikan untuk tidak memangkas daun terdekatnya

Cara Merawat Bunga Petunia Gantung: Pengontrolan Hama

Untuk menghadirkan kualitas dari tanaman Petunia kamu tetap baik dan terjaga, maka sangat penting bagi kamu untuk mengontrol hama. Hal ini bisa dilakukan secara berkala untuk bisa mengantisipasi serangan hama yang bisa membuat petunia gantung kamu mati.

Demikian informasi dari waca berita tentang cara merawat bunga petunia gantung. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski