buah binjai
buah binjai

Buah Binjai, Apa Saja Kandungan dan Manfaatnya?

Buah Binjai, Apa Saja Kandungan dan Manfaatnya? – Halo Sobat Waca Berita, semoga sehat selalu ya. Kamu suka makan buah-buahan? Sudah pernah mencoba buah yang satu ini belum? Buah binjai namanya.

Bagi yang sudah, wah, bersyukur sekali ya, tapi kalau belum jangan khawatir, kita kenalan dulu dengan buah ini. Kali ini Waca Berita akan membahas seputar buah binjai, simak yuk!

Berkenalan Dengan Buah Binjai

Sobat, buah binjai atau buah wani memiliki nama latin Mangifera Caesia. Buah ini masih satu kerabat dengan mangga. Memiliki aroma manis dan sedikit masam membuat buah wani masih terasa serupa dengan buah mangga.

Buah ini memang lebih banyak dibudidayakan di kawasan Asia Tenggara, dan belum cukup terkenal di Eropa dan Amerika. Buah ini dikenal berasal dari Kalimantan.

Oleh penduduk lokal banyak dimanfaatkan karena ternyata memiliki beragam kandungan nutrisi. Di dalam buah ini terdapat berbagai macam nutrisi, salah satunya adalah tiamina, beta karoten dan vitamin C.

Dengan kandungannya yang beragam dan fakta unik dan menarik di atas cukup menjelaskan bahwa buah wani pasti sangat bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat Buah Binjai

Bahkan berdasarkan penjelasan sebelumnya tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi namun batang, akar, serta biji buah ini dapat kita konsumsi.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat buah wani untuk kesehatan tubuh yang perlu Kamu ketahui.

Penyakit jantung

Kandungan vitamin C pada buah wani yang cukup besar sangat berperan sebagai antioksidan alami. Antioksidan beperan penting dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan oxidative stress. Hal inilah yang menjadi pemicu berbagai penyakit kronis terutama penyakit jantung.

Baca Juga :  Biodata Rudolf Diesel Penemu Mesin Diesel

Menurunkan Resiko Kanker

Selain penyakit jantung, vitamin C juga baik untuk membantu menurunkan risiko terhadap penyakit kanker. Meskipun terdapat beberapa senyawa sintetis yang dapat mencegah penyakit kanker, namun konsumsi buah dan sayuran seperti binjai merupakan solusi alami yang jauh lebih baik untuk kesehatan termasuk untuk melawan kanker.

Dehidrasi

Kandungan air yang cukup melimpah pada buah wani juga dapat digunakan untuk melawan dehidrasi. Tubuh kita sangat membutuhkan air dalam jumlah banyak untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk tetap membuat tubuh tertap terhidrasi baik dengan minum air putih dan konsumsi buah-buahan kaya akan kandungan air.

Disfungsi otak

Selain dapat membantu untuk menurunkan risiko terkena penyakit kanker, kandungan pada buah binjai juga dapat digunakan untuk melawan penyakit disfungsi otak. Hal tersebut tak lain karena adanya kandungan vitamin C, A, B, dan E serta karotenoid yang terdapat pada buah wani.

Perkembangan otak

Kandungan asam lemak PUFA pada buah wani cukup esensial untuk kesehatan tubuh yakni omega-3 dan omega-6. Keduanya tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga diperlukan asupan dari luar termasuk buah seperti buah wani. Kandungan ini sangat penting untuk perkembangan otak, terutama pada masa kehamilan yang sangat dibutuhkan oleh janin [2].

Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C di dalam buah binjai akan membuat kulit Sobat terlihat segar dan sehat. Seperti diketahui, vitamin C akan membantu meningkatkan produksi kolagen. Dan dengan demikian, elastisitas kulit akan tetap terjaga.

Buah Binjai, Pelengkap Menu Makanan

Buah wani mungkin secara komersial belum terlalu dikenal, namun manfaatnya sangat beragam sehingga wajib kamu masukan dalam menu pelengkap makananmu. Rasanya yang unik serta dapat diolah dengan berbagai menu merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang bosan dengan buah umumnya.

Baca Juga :  Apa yang Kamu Rasakan Setelah Menyanyikan Lagu "Suwe Ora Jamu " Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 41 dan 42

Demikian informasi tentang buah binjai dan segudang manfaatnya ya Sob, semoga artikel ini bermanfaat.