Bunga Yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Inilah jenis bunga yang cocok ditanam di halaman Rumah – Sobat waca berita yang ingin mempercantik bagian depan rumah, tidak usah ragu untuk memanfaatkan lahan yang ada. Sobat bisa mulai dengan menanam tanaman hias jenis bunga yang akan ditanam di halaman rumah. Nggak usah bingung, kali ini Waca Berita akan memberi informasi tentang jenis bunga yang cocok ditanam di taman depan rumah.

Memilih bunga yang cocok ditanam di halaman rumah

Menanam tanaman hias terutama jenis bunga untuk memperindah rumah menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Terlebih Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Jumlah jenis tanaman bunga tidak terhitung banyaknya. Diantara jenis bunga itu pastinya ada yang cocok nih ditanam di taman depan rumah kamu ya, Sob.

Persiapan menanam bunga di halaman rumah

Sobat bisa memilih beberapa jenis bunga dari sekian banyak bunga yang ada di Indonesia. Kamu bisa mulai dengan menyiapkan tempat untuk menanam bunga, menyiapkan media tanam dan pupuk agar proses menanam bunga bisa memberikan hasil yang optimal.

Beberapa jenis bunga yang cocok ditanam

Adapun bunga yang cocok ditanam di taman depan rumah dan mudah dirawat antara lain:

  • Bunga Melati
  • Bunga Kamboja
  • Bunga Kembang Sepatu
  • Bunga Asoka
  • Bunga Alamanda
  • Bunga Kemuning
  • Bunga Lily
  • Bunga Amarilis
  • Bunga Kenanga
  • Bunga Tapak Dara
  • Bunga Lavender
  • Bunga Bougenville
Baca Juga :  Bayam Rambat yang Kaya Gizi dan Manfaat

Ikuti penjelasan tentang bunga yang cocok ditanam di taman rumah berikut ini ya Sob.

Bunga Melati

bunga yang cocok ditanam di halaman rumah
Bunga melati, bunga yang cocok ditanam di halaman rumah

Melati adalah salah satu dari macam macam bunga hias yang terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat. Banyak yang menyukai melati karena warnanya yang putih, cantik, serta harumnya yang khas. Jenis melati yang umum ditanam di pekarangan rumah adalah Jasminum Sambac. Melati jenis apapun termasuk jenis tanaman yang tahan panas, jadi melati membutuhkan sinar matahari yang penuh.

Untuk menanam melati kamu bisa menempatkannya di tanah pada taman secara langsung, atau bisa juga sobat tanam di pot. Untuk perawatannya tergolong mudah, cukup disiram dengan air rutin sehari dua kali, pangkas bagian yang kurang rapi, dan berikan pupuk kompos secukupnya.

Bunga Kamboja

Bunga Yang Cocok Ditanam

Kemboja, kamboja atau semboja adalah sekelompok tumbuhan dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harumnya sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai.

Perawatan bunga kamboja tergolong mudah, seperti umumnya tanaman yang disiram dengan air secara rutin, dan pemangkasan bagian yang kurang rapi.

Bunga Kembang Sepatu

Bunga Yang Cocok Ditanam

Kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga berwarna merah, besar dan tidak berbau.

Karena perawatananya mudah, kamu bisa memilih kembang sepatu sebagai bunga yang cocok ditanam di taman depan rumahmu, sob.

Bunga Asoka

Bunga Yang Cocok Ditanam

Bunga asoka merupakan salah satu jenis tanaman perdu dengan banyak variasi warna bunga. Tanaman ini sering dijumpai di sekitar pemukiman warga. Saking uniknya, bunga asoka menjadi idola anak-anak jaman sekitar 90-an, tanaman dan bunganya dibuat mainan, sementara nektarnya dihisap karena rasanya manis.

Baca Juga :  Membuat Pupuk Alami Untuk Cabe yang Murah dan Mudah

Bunga asoka termasuk bunga yang mudah ditanam dan cepat tumbuh. Bunga asoka membutuhkan sinar matahari sekitar 8-10 jam sehari, jadi tanaman ini termasuk bunga yang bisa ditanam di taman depan rumah. Untuk perawatannya cukup mudah, seperti biasa sirami dengan air secukupnya, sementara tanahnya bisa dicampur dengan pupuk organik agar bunga asoka bisa tumbuh dengan subur.

Bunga Alamanda

Bunga Yang Cocok Ditanam

Alamanda atau allamanda adalah tanaman hias yang umum disebut sebagai bunga alamanda dan juga sering disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup.

Bunga Kemuning

Bunga Yang Cocok Ditanam

Kamu pernah mendengar bunga kemuning? Kemuning merupakan salah satu jenis tanaman yang mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Tanaman ini memiliki nama lain Murraya paniculata ini, beraroma harum dan menyegarkan. Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan karena kandungan yang kaya di dalamnya.

Bunga Lily (Bakung)

Bunga Yang Cocok Ditanam

Bakung merupakan bagian dari genus Lilium. Nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah lily. Ada sekitar 110 suku dalam keluarga bakung. Tanaman yang kerap dijadikan tanaman hias ini ternyata juga memili berbagai manfaat untuk kesehatan, teruatama pada bagian daunnya.

Dengan melihat banyaknya manfaat bunga lily, bunga yang cocok ditanam di sekitar rumah ini bisa menjadi pilihanmu ya sob.

Bunga Amarilis

Bunga Yang Cocok Ditanam

Bunga amarilis merupakan tanaman hias yang populer saat ini, tanaman ini memiliki bermacam-macam jenis dan warna. Amarilis biasannya dijumpai dipekarangan ataupun ditaman dalam pot. Para orang Yunani menyebut bunga ini Amarullis yang memiliki arti “kemegahan” atau “berkilau”.

Bunga Kenanga

Bunga Yang Cocok Ditanam

Di Indonesia, bunga kenanga sudah familiar karena bunga ini memiliki banyak kasiat terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk menanam bunga kenanga, kamu harus mencari tempat yang agak teduh. Hal ini bukan berarti kenanga tanaman yang tidak tahan panas matahari, akan tetapi bunga kenanga akan lebih mekar dan harum jika berada di tempat yang teduh.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Bunga Tapak Dara

tapak dara

Tapak dara adalah perdu tahunan yang berasal dari Madagaskar, tetapi telah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya. Nama ilmiahnya Catharanthus roseus Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan bermacam-macam nama, seperti di disebut sindapor, kembang tembaga, dan kembang tapak dara.

Bunga Lavender

lavender

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India.

Tanaman atau bunga lavender diyakini sebagai salah satu tanaman atau bunga yang cocok ditanam di sekitar rumah karena mampu membuat nyamuk tak betah mendekatinya. Selain berguna untuk mengusir nyamuk, lavender juga bisa digunakan sebagai penghias ruangan dan manfaat lainnya.

Bunga Bougenville

bunga bougenvile

Bunga kertas atau bugenvil adalah salah satu dari jenis bunga taman populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya.

Sudah memilih jenis bunga yang cocok ditanam di taman rumah sobat?

Bunga-bunga di atas bisa sobat temukan di sekitar rumah, tinggal bagaimana sobat menyesuaikan antara tanaman yang dipilih dan tempat yang akan ditanami.

Itulah sedikit informasi untuk sobat, semoga bisa menjadi gambaran ya untuk memilih bunga Yang Cocok Ditanam di taman depan rumah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski