Daun Miana Merah
Daun Miana Merah

Manfaat Daun Miana Merah, Bisa Mengobati Wasir!

Manfaat Daun Miana Merah, Bisa Mengobati Wasir! – Sobat, Daun miana atau daun iler memiliki nama ilmiah Coleus scutellarioides. Daun miana merah adalah salah satu jenis tanaman yang sering digunakan untuk menghiasi halaman rumah. Daun miana memiliki khas warnanya yang merah cerah sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias di rumah.

Meski termasuk ke dalam keluarga tanaman semak, tapi secara tampilan ia tak bisa kamu anggap sebelah mata. Ini karena bila sukses tumbuh dengan baik, miana dapat berkembang hingga mencapai 1,5 meter! Bentuk daunnya pun cukup beragam, ada yang berbentuk gerigi, oval, sampai keriting.

Sekilas tentang Daun Miana Merah

Termasuk tanaman semusim berbatang lunak dengan bentuk percabangan monopodial. Daunnya merupakan daun tunggal berbentuk bulat telur. Ujung daun meruncing dengan tepian rata dan pangkal yang tumpul. Pertulangannya menyirip dengan panjang 7-11 cm, lebar 5-7 cm, panjang tangkai ± 3 cm dan berwarna ungu.

Bunga miana merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan di ujung batang. Kelopaknya berbentuk corong berwarna hijau muda. Mahkota bunga berbentuk bibir berwarna ungu keputih-putihan. Memiliki dua benang sari berwarna putih dan putik kecil yang berwarna ungu.

Buah miana yang masih muda berwarna hijau dan berubah coklat pada saat matang atau tua. Bentuknya kotak dan bulat dan mengandung biji kecil, pipih, mengkilat serta berwarna hitam.

Tanaman ini berakar tunggang dengan warna kuning keputih-putihan.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Minggu 11 September 2022

Segudang Manfaat Daun Miana Merah

Tak hanya mampu mempercantik hunian, ternyata daun ini juga memiliki segudang manfaat, sob! Apa saja manfaat dari daun miana merah? Yuk, cari tahu berbagai manfaat daun miana merah bagi kesehatan yang jarang diketahui banyak orang di bawah ini:

1. Bisa Mengatasi Mata Merah

Jika mata terlihat merah karena iritasi, maka kamu bisa menyembuhkan masalah ini menggunakan daun miana merah.
Caranya, kamu dapat menempelkan daun miana atau mengompres mata menggunakan daun miana yang sudah dibasahi dan dicacah. Dengan begitu, iritasi yang kamu alami pada mata akan menghilang dengan cepat.

2. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat lain dari tanaman yang satu ini adalah mampu mencegah radikal bebas yang disebabkan oleh pencemaran udara. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama munculnya kanker dalam tubuh.
Dengan meminum rebusan daun miana secara rutin, kamu dapat terjaga dari radikal bebas dan daya tahan tubuhmu menjadi jauh lebih kuat.

3. Menurunkan Panas dan Demam

Daun miana juga memiliki khasiat dan manfaat untuk menyembuhkan panas dan demam. Untuk mengolah tanaman ini menjadi obat caranya dengan mengambil batang dan daun miana kemudian rebus dengan tiga gelas air. Setelah mendidih, minum setengah gelas ramuan tersebut untuk mengurangi demam dan panas.

4. Mengatasi Wasir

Manfaat daun miana lainnya ialah mengatasi penyakit wasir atau ambeien yang sering dialami banyak orang.
Caranya cukup mudah, amu hanya perlu membersihkan dan merebus 20 lembar daun miana merah. Kemudian, minum rebusan daun miana tersebut ketika kamu mengalami wasir.

5. Membantu Mengobati Bisul

Tanaman ini juga disebut mampu mengobati bisul dan mengurangi gejala bisul. Kamu dapat memanaskan daun miana di atas api, jaga agar daun tidak sampai gosong dan tempelkan daun ke area yang terkena bisul. Lakukan hal ini sampai bisulmu sembuh dan mengering.

6. Atasi Gejala Batuk Berdahak dan Asma

Daun Miana juga disebut ampuh untuk meredakan batuk berdahak dan asma. Meminum rebusan daun miana secara rutin dapat mengeluarkan lendir yang melekat di kerongkongan dan mengobati batuk berdahak.

Baca Juga :  Manfaat Daun Dadap Untuk Anti Radang dan Anti Bakteri

7. Daun Miana Merah Dapat Mengatasi Gangguan Saat Menstruasi

Jika kamu mengalami rasa sakit ketika mentstruasi atau haid, maka tak ada salahnya untuk mencoba larutan daun miana. Selain mengatasi rasa sakit haid, larutan daun ini juga dipercaya dapat mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

8. Mengobati Diabetes

Bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes, daun miana sangatlah bermanfaat untukmu. Konon meminum rebusan batang, daun, dan bunga miana secara teratur dapat mengobati gejala diabetes yang kamu rasakan ketika kadar gula darah tinggi. Dengan meminum rebusan ini secara rutin juga dapat menurunkan kadar gula darah tubuh.

9. Mengobati Sakit Perut dan Mulas

Manfaat daun miana lainnya yang bisa kamu rasakan adalah mampu mengobati mulas dan sakit perut.
Jika kamu merasakan sakit perut tiba-tiba karena iritasi atau bakteri pada lambung, kamu dapat mengobatinya dengan daun miana.

Caranya cukup dengan merebus daun miana dan campurkan dengan madu agar tidak terlalu pahit saat diminum. Ramuan daun miana tersebut dipercaya dapat menyembuhkan sakit perut dan mulas yang kamu alami.

Perawatan Daun Miana Merah

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan dalam perawatan daun miana merah agar tumbuh dengan maksimal dan terasa manfaatnya.

1. Penyiraman

Tanaman hias miana termasuk ke dalam tumbuhan yang akrab dengan air. Maka dari itu, siramlah ia satu sampai dua hari sekali. Andai kamu terlambat atau lupa untuk menyiramnya, daun miana bisa tampak layu. Cara merawat miana yang pertama ini, jangan sampai kamu anggap sepele.

2. Cukup Sinar Matahari

Poin cara merawat miana berikut harus kamu cermati dengan seksama. Miana merupakan tanaman hias yang menyenangi sinar matahari. Ia dapat tumbuh dengan optimal bila terpapar langsung cahaya matahari. Oleh karena itu, bila kamu berencana untuk memeliharanya, pastikan bila tempat yang disediakan harus mempunyai sinar matahari optimal.

Baca Juga :  Biodata Samuel Colt Penemu Pistol Colt

3. Pemupukan

Sudah disinggung di atas, jika tumbuhan miana termasuk ke dalam tanaman yang mudah dirawat. Terkait pemupukan pun demikian, cukup beri ia pupuk kandang atau kompos satu bulan satu kali. Pasalnya, miana masuk ke dalam tanaman mudah untuk tumbuh, meski tak diberi pupuk secara khusus dan rutin.

4. Media Tanam

Perihal media tanam, ia sungguh tak membuatmu kesulitan. Ia dapat hidup di tanah biasa, tapi alangkah lebih baik jika kamu menambahkan pupuk kandang dan kompos di dalamnya. Selain itu, daun miana merah termasuk ke dalam jenis tanaman yang bersifat porositas atau mudah menyerap air, maka jenis media tanamnya juga lebih baik menyesuaikan.

5. Pencegahan dari Hama

Seperti tanaman hias yang lain, miana kerap terserang hama. Untuk mencegahnya, salah satu bentuk cara merawat miana yaitu cukup berikan insektisida selama dua minggu satu kali atau tatkala ia terserang hama.

6. Pemangkasan

Mengenai pemangkasan, selain dari serangan hama kamu harus memerhatikan keindahannya. Supaya ia tak tumbuh sembarangan, cobalah untuk memangkas daunnya bila tampak sudah terlalu rimbun.Pemangkasan dilakukan agar tampilannya lebih sedap dipandang.

Selain itu, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat memelihara miana, antara lain:

  • Walau senang dengan air, jangan siram secara berlebihan;
  • Jangan disimpan di tempat yang gelap;
  • Hindari penggunaan media tanam yang padat.

Memperbanyak Daun Miana Merah

Setelah membaca manfaat dan mudahnya perawatan daun miana merah, mungkin kamu ingin memperbanyak jumlah tanaman hias miana ini, cara menanamnya pun relatif mudah.

  • Kamu bisa melakukannya dengan metode stek.
  • Caranya dengan memotong bagian batang sepanjang 20 cm.
  • Tinggal tancapkan batang miana tersebut pada media tanam, lalu tunggu beberapa hari hingga akarnya muncul dan tumbuh.

Namun bila kamu ingin membelinya, harga tanaman miana sangat murah, di pasaran ia dijual ribuan hingga puluhan ribuan saja.

Demikian informasi tentang daun miana merah, semoga bisa dipraktikkan di rumah dan bermanfaat ya sob!