Jawaban Bacaan Ragam Pakaian Adat di Indonesia

Jawaban  Bacaan Ragam Pakaian Adat di Indonesia – Halo sob, Perbedaan kondisi geografis wilayah Indonesia mendorong berkembangnya pakaian adat. Bagi bangsa Indonesia, pakaian adat termasuk salah satu kekayaan budaya. Penduduk daerah biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara tertentu. Kali ini waca berita akan membahas mengenai Jawaban Bacaan Ragam Pakaian Adat di Indonesia yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 7 sub tema 2 pembelajaran 4.

Halaman 70

Kita telah mengetahui keragaman budaya berupa rumah adat. Adakah keragaman budaya lain di Indonesia? Salah satu keragaman budaya di Indonesia adalah keragaman pakaian adat. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

1. Di provinsi mana kalian tinggal?

Jawaban

Saya tinggal di Provinsi Jawa Tengah

2. Apa nama pakaian adat dari daerahmu?

Jawaban

Pakaian adat daerah Jawa Tengah adalah Jawi Jangkep atau Kebaya Jawa Tengah.

3. Tuliskan keunikan pakaian adat daerahmu.

Jawaban

Keunikan pakaian adat Jawi Jangkep dan Kebaya dari Jawa Tengah :

  1. Pakaian adat wanita bernama kebaya (terbuat dari bahan katun, beludru, sutera brokat, dan nilon yang berwarna cerah).
  2. Jawi Jangkep yang dipakai pria terdiri dari Baju Beskap dengan motif bunga, pakaian bawah berupa jarik yang dililitkan di pinggang dan di ikat dengan stagen dan sabuk, blangkon, selop, serta aksesori tambahan seperti keris.
  3. Pakaian adat wanita dilengkapi dengan sanggul dan konde.
  4. Bagi wanita, memiliki tambahan tata rias yang unik pada wajahnya terutama bagian dahi.
  5. Warna-warna khas pakaian adat Jawa Tengah seperti Hitam, Hijau, Hitam berpadu dengan emas, dan berbagai warna cerah lainnya.
4. Dalam acara apa sajakah pakaian adat itu biasa digunakan?

Jawaban

Baju Jawi Jangkep dikenakan oleh pria, sedangkan Kebaya untuk perempuan. Pakaian adat Jawa Tengah ini sering digunakan untuk acara pernikahan maupun acara adat lainnya. Selain itu juga sering digunakan sebagai busana dalam acara-acara formal penyambutan tamu atau lainnya.

Provinsi tempat tinggal : Provinsi Jawa Tengah
Nama pakaian adat : Jawi Jangkep atau Kebaya Jawa Tengah
Keunikan : Keunikan pakaian adat Jawi Jangkep dan Kebaya dari Jawa Tengah :

1. Pakaian adat wanita bernama kebaya (terbuat dari bahan katun, beludru, sutera brokat, dan nilon yang berwarna cerah).2. Jawi Jangkep yang dipakai pria terdiri dari Baju Beskap dengan motif bunga, pakaian bawah berupa jarik yang dililitkan di pinggang dan di ikat dengan stagen dan sabuk, blangkon, selop, serta aksesori tambahan seperti keris.3. Pakaian adat wanita dilengkapi dengan sanggul dan konde.4. Bagi wanita, memiliki tambahan tata rias yang unik pada wajahnya terutama bagian dahi.5. Warna-warna khas pakaian adat Jawa Tengah seperti Hitam, Hijau, Hitam berpadu dengan emas, dan berbagai warna cerah lainnya.

Halaman 71

Penggunaan:

Baca Juga :  Review Iphone 13 Pro Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

Ayo Membaca

Ragam Pakaian Adat di Indonesia

Perbedaan kondisi geografis wilayah Indonesia mendorong berkembangnya pakaian adat. Bagi bangsa Indonesia, pakaian adat termasuk salah satu kekayaan budaya. Penduduk daerah biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara tertentu. Contohnya pakaian adat dikenakan saat acara pernikahan atau tradisi adat daerah setempat.

Di beberapa daerah, pakaian adat dikelompokkan sesuai kedudukan atau status pemakainya dalam masyarakat. Contohnya pakaian raja, kepala suku, atau bangsawan berbeda dengan pakaian adat rakyat biasa.

Apa saja nama-nama pakaian adat di Indonesia? Berikut beberapa nama pakaian adat di Indonesia.

Tabel 2.2 Pakaian Adat di Indonesia

No. Nama Pakaian Adat Daerah Asal

  1. Elee Balang Aceh
  2. Ulos Sumatra Utara
  3. Bundo Kanduang, Limpapeh Rumah Nan Gadang Sumatra Barat
  4. Pakaian Tradisional Melayu Riau
  5. Teluk Belanga Kepulauan Riau
  6. Aesan Gede Sumatra Selatan
  7. Paksian Bangka Belitung
  8. Baju Pangsi Banten
  9. Kebaya Jawa Barat
  10. Kebaya Jawa Tengah
  11. Kebaya Ksatrian DI Yogyakarta
  12. Pesa’an Jawa Timur
  13. Perang Kalimantan Barat
  14. Pengantian Bagajah Gamuling Baular Lulut Kalimantan Selatan
  15. Baju Cele Maluku
  16. Pakaian Manteren Lamo Maluku Utara
  17. Kulavi (Donggala) Sulawesi Utara
  18. Baju Nggembe Sulawesi Tengah
  19. Baju Bodo Sulawesi Selatan

Apa nama pakaian adat daerahmu? Tentunya kamu bangga saat mengenakannya, bukan? Suatu ketika cobalah untuk mengenakan pakaian adat dari daerah lain. Itulah salah satu cara kita menghargai keragaman pakaian adat di negara kita.

Tugas

Perhatikan beberapa gambar pakaian adat berikut. Tuliskan keunikan yang terlihat dari setiap pakaian daerah pada gambar.

Jawaban

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui keragaman pakaian adat di Indonesia. Sebagaimna terancam punah.

1. Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia.

Jawaban

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Perubahan Akibat Perubahan Suhu

Mencintai pakaian adat.
Tidak merasa malu menggunakan pakaian adat.
Memperkenalkan pakaian adat kepada khalayak umum.
Mengadakan pelatihan pembuatan pakaian adat.
Mengadakan pameran atau event khusus pakaian-pakaian adat.

2. Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Jawaban

Lakukan dengan penuh percaya diri

3. Di antara kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia, apa yang dapat kalian lakukan segera? Buatlah kesepakatan kelas, lalu laksanakan kesepakatan itu.

Jawaban

Untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia adalah dengan mengenakan pakaian adat pada perayaan acara besar seperti upacara pernikahan, kartinian, wisuda, maupu karnaval.

Ayo Membaca

Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau

Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Begitu pula dengan daerah Minang di Sumatra Barat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang. Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak. Namun, para pengantin biasanya memakai hiasan yang disebut suntiang. bahasa daerah kamu juga mengetahui bahwa pakaian adat di Indonesia Selanjutnya adalah baju adat yang disebut baju batabue. Baju ini penuh dengan hiasan benang emas yang melambangkan kekayaan alam Minangkabau. Corak hiasan benang emas beragam. Pada pinggir baju ada batas yang diberi benang emas dan disebut minsie. Baju bagian bawah berupa kain atau sarung yang disebut lambak. Kain sarung dapat berupa kain tenun atau kain songket. Wanita Minang juga mengenakan selendang yang disebut salempang.

Gambar 2.24 Pakaian adat Minangkabau

Sebagai pelengkap, pakaian adat ini juga dilengkapi dengan perhiasan. Perhiasan yang dikenakan berupa gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung biasa disebut dukuah.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu.

1. Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam bentuk berikut.

Jawaban

2. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk berikut.

Informasi dari Bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau” Bacakan hasil kegiatanmu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Jawaban

Menurut saya, banyak sekali informasi yang saya dapatkan dari pembelajaran dalam mengenal macam-macam pakain adat, sehingga saya banyak mengetahui bahwa perlu adanya untuk melestarikan pakaian adat tersebut.

Halaman 77

Kesimpulan

Apa keragaman pakaian adat daerahmu? Coba, tuliskan

Jawaban

Baju Koko merupakan baju khas Betawi dengan nama Baju Sadariyah. Baju tersebut tidak bermotif. Kemudian penampilan Abang None Betawi dilengkapi dengan kain sarung khas Betawi

Apa yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan pakaian adat di  Indonesia?

Jawaban

Saya akan berusaha memperkenalkan baju adat tradisional yang ada di daerah saya dengan memakai baju adat tersebut saat event, pameran, atau festival.

Demikianlah Pembahasan mengenai Jawaban Bacaan Ragam Pakaian Adat di Indonesia yang  terdapat pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4. Carilah foto-foto yang menunjukkan saat anggota keluargamu mengenakan pakaian adat. Tunjukkan kepada Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu. Semoga bermanfaat