Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6

Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6- Halo sob, Cita-cita tidak mengenal suku,  agama, atau kebangsaan. Semua  orang dapat menempatkan cita citanya setinggi langit. Namun,  setiap orang harus berusaha  keras untuk mencapainya. Kali ini waca berita akan membahas materi tentang Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6 yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 6 sub tema 3 pembelajaran 3.

Ayo Membaca

Simaklah bacaan berikut ini tentang usaha keras seseorang yang bercita-cita besar.

Sang Arsitek

Pada tahun 1955, presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, mengadakan sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal. Sebanyak 22 dari 30 arsitek lolos pada seleksi awal. Presiden Soekarno pun mengumumkan bahwa pemenangnya adalah seorang bernama Frederich Silaban. Siapakah dia?

Frederich Silaban, lahir di Bonandolok, Sumatra Utara, 16 Desember 1912. Ia adalah seorang lulusan Koningin Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta. Meskipun bukan lulusan sekolah arsitektur, ia dapat memenangi sayembara tersebut. Dan semenjak itulah karya-karyanya banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 120 dan 121

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar dan termegah di Indonesia yang dibangun pada tahun 1961, dan pertama kali dibuka untuk digunakan pada tahun 1978. Dengan demikian, diperlukan waktu 17 tahun untuk membuatnya! dengan usaha yang gigih dan pantang menyerah , Frederich berhasil menyelesaikannnya. Karyanya diakuia sebagai karya asli anak bangsa Indonesia. Ia bahkan berhasil menyandingkan pembangunan masjid ini dengan Gereja Katedral di Jakarta. Gereja Katedral adalah gedung tempat umat katolik beribadah. Konsep persatuan dan kesatuan yang dibuat oleh Presiden Soekarno dapat diwujudkan dengan baik melalui kedua bangunan tersebut.

Hingga kini, kedua gedung yang menjadi simbol toleransi dan persatuan itu tetap kukuh berdiri, meski arsiteknya telah tiada. Tak hanya berkarya membuat Masjid Istiqlal, beberapa gedung bersejarah telah dirancangnya. Sepanjang hayatnya ia telah ikut merancang 700 bangunan di seluruh Indonesia. Bangunan tersebut antara lain Gedung Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta/1962), Monumen Pembebasan Irian Barat (Jakarta/1963), Monumen Nasional atau Tugu Monas (Jakarta/1960), Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata (Jakarta/1953), dan Tugu Khatulistiwa (Pontianak/1938).

Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6 129

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas.

Jawaban :

Apa saja prestasi yang telah diraih Frederich Silaban dengan usaha dan kerja kerasnya?

Jawaban :

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Frederich Silaban untuk meraih citacitanya?

Jawaban :

Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6 130

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di atas? Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?

Jawaban :

Indonesia adalah negara dengan beragam agama. Begitu juga dengan tempat ibadahnya. Semua tempat ibadah ada di Indonesia. Umat muslim beribadah di masjid. Umat kristen beribadah di gereja. Umat hindu beribadah di pura. Umat buddha beribadah di vihara. Umat khonghucu beribadah di klenteng.

Beberapa dari tempat-tempat beribadah tersebut ada di daerah saya, seperti masjid, gereja, dan klenteng. Untuk tempat beribadah lainnya tersebar pada banyak daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Urang Kanekes, Si Suku Baduy

Ayo Berlatih

Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah memiliki bentuk dan pengaturan yang khas.

Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu,lakukanlah kegiatan berikut.

  1. Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
  2. Carilah informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia. Catatlah informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat ibadah tesebut.
  3. Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
  4. Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
  5. Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
  6. Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan contoh di bawah ini).
  7. Jelaskan kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
  8. Presentasikan hasil karyamu di depan kelas.
  9. Catatlah informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain.

Jawaban :

Kesimpulanku:

Jawaban :

Ayo Mengamati

Perhatikanlah peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri di Indonesia berikut.

Peta di atas disebut peta tematik, yaitu peta yang berisi informasi khusus. Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas menunjukkan daerah-daerah yang memiliki sumber daya tumbuhan untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Sumber daya alam tumbuhan di antaranya adalah tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan.

Tanaman pangan terdiri atas tanaman padi, palawija, sayuran, dan buah buahan. Sedangkan tanaman industri berupa tanaman tebu, karet, kopi, teh, kelapa sawit, tembakau, dan kopra. Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta perlindungan hewan.

Sumber daya alam berupa hewan terdiri atas hewan liar dan hewan ternak. Hewan liar tinggal di hutan dan taman-taman nasional untuk dilindungi dari kepunahan. Contoh hewan liar tersebut yaitu harimau, kera, orang utan, gajah, badak, banteng, dan anoa. Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh hewan ternak yaitu ayam, itik, sapi, udang, dan domba.

Baca Juga :  Biodata Julius Caesar, Diktator Republik Romawi

Ayo Mencoba

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!

  1. Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.
  2. Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
  3. Mintalah peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu kepada gurumu.
  4. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.
  5. Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan tertentu.
  6. Lakukan hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.
  7. Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
  8. Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang paling banyak dihasilkan di daerahmu..
  9. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.
Jawaban :
Kesimpulan :

Tumbuhan yang banyak dipelihara warga Purbalingga adalah pohon kelapa. Pohon tersebut dimanfaatkan untuk diambil buahnya untuk dijual dan air nira untuk di jadikan gula merah.

Ayo Membaca

Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik. Selain menghafalkan baris demi baris, kamu juga harus memahami makna puisi tersebut. Setiap orang bisa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi. Salah satu cara untuk membedakan makna puisi adalah dengan memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya. Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V.

Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.

  1. V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.
  2. VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.
  3. VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama. Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya. Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan teman sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.

Kesimpulan

Ceritakanlah bagaimana kamu bekerja sama dengan temanmu untuk menyelesaikan tugasmu hari ini. Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk bekerja sama?

Jawaban :

Nilai dan sikap yang dapat saya kembangkan untuk bekerjasama adalah saling menghargai, saling kerja keras, dan membuat suatu persatuan serta kesatuan untuk menyelesaikan tugas hari ini.

Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?

Jawaban :

sebagai seorang muslim, yang saya lakukan di tempat ibadah selain berdoa adalah mengaji, melakukan ibadah sholat, membersihkan tempat ibadah, dan memberikan infak

Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?

Jawaban :

Yang dapat saya rasakan ketika saya menjalankan kegiatan ibadah adalah merasa tenang dan dekat dengan Tuhan yang Maha Esa

Demikianlah pembahasan kita mengenai Jawaban Bacaan Sang Arsitek Kelas 4 Tema 6 pada buku siswa kelas 4 tema 6 sub tema 3 pembelajaran 3. Bekerja sama dengan orang tua mintalah orang tuamu menceritakan tentang salah satu tempat ibadah yang pernah mereka kunjungi. Tanyakan mengapa orang tuamu pergi ke sana. Semoga bermanfaat