Jawaban Matematika Halaman 271 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 271 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 271 Kelas 7 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Matematika SMP tentang “Menghitung Jari-jari Jalan Melingkar” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII Halaman 271. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik-adik semuanya siswa kelas VII dapat memahami dan mengerti tentang Matematika pada jenjang SMP.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas VII, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Matematika Halaman 271 Kelas 7

Menghitung Jari-jari Jalan Melingkar

1. Peta berikut ini menunjukkan jalan tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta dan Bandung. Pada KM 90 – 100 terdapat tikungan melingkar. Marilah kita temukan jari-jari tikungan tersebut menggunakan cara berikut ini.

a. Kita tetapkan lingkaran berpusat di O dan melalui tiga titik A, B, dan C.
b. Hitung jari-jari OA.
c. Dengan skala 1 : 10.000, hitunglah jari-jari tikungan
.

Jawaban

Jawaban

a. Dari ruas garis AB, BC, dan AC, gambarlah sebuah garis-berat dua ruas garis, dan biarkan perpotongan menjadi pusat O dari lingkaran

Baca Juga :  Kunci Pengayaan halaman 104 IPA SMA Kelas 10

b. Pada peta buku teks, panjang jari-jari OA sekitar 3,2 cm.

c. Dari 3,2 × 10000 = 32000, jari-jari tikungan sebenarnya adalah sekitar 320 m

Penjelasan

Jalan bebas hambatan terdiri dari tiga jenis garis: garis lurus, busur, dan kurva clothoid. Kurva clothoid adalah lokus perjalanan ketika roda kemudi diputar dengan kecepatan konstan sementara mobil melaju pada kecepatan konstan (kurva clothoid juga digunakan di perkeretaapian).

Tanda jalan “R = 600” menunjukkan bahwa tikungan tersebut berbentuk busur dengan radius 600 m. Sangat menarik untuk menyelidiki radius di jalan-jalan berkelok seperti Irohazaka di Nikko.

Penutup

Itulah pembahasan tentang Jawaban Matematika Halaman 271 Kelas 7, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban BAB 1 Ulasan Matematika Halaman 278 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 276 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 275 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 277 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7

You May Also Like

About the Author: Ajis