Kunci Bahasa Indonesia Halaman 162 Jelajah Kata SD Kelas 4

Kunci Jawaban Soal Kurikulum Merdeka SD Kelas 1 2 3 4 5 6

Wacaberita.com – Kunci Bahasa Indonesia Halaman 162 Jelajah Kata Dari Cerita Nenek Moyang Kita SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka  – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Kunci Bahasa Indonesia Halaman 162 Jelajah Kata Dari Cerita Nenek Moyang Kita SD Kelas 4. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Bahasa Indonesia Halaman 162 Jelajah Kata Dari Cerita Nenek Moyang Kita SD Kelas 4

MEMBACA

Nenek Moyang Kita

Sebagian orang akan menjawab dengan tempat kelahirannya. Sebagian lainnya akan menjawab dengan daerah asal atau suku orang tuanya, misalnya Bugis atau Aceh. Ada juga yang menjawab dengan daerah asal kakek-neneknya, atau malah kakek-nenek buyutnya jika mereka tidak berasal dari daerah yang sama, misalnya, kakeknya dari Jawa dan neneknya orang Dayak. Ada pula yang asal leluhurnya lebih jauh, misalnya Pakistan, Tiongkok, Arab, atau negara lainnya. Tidak jarang kita berjumpa dengan orang yang berdarah campuran. Di darahnya mengalir berbagai suku atau bangsa. Kalau sudah begitu, sebagian orang lebih senang menjawab “Saya orang Indonesia”. Dari suku atau daerah mana pun dia atau orang tua dan leluhurnya, yang penting kita sama-sama orang Indonesia, bukan?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 35 Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Sejak dahulu orang-orang sudah pergi merantau, berpindah dari daerah asalnya. Di tempat baru mereka menetap dan berkeluarga dengan warga setempat atau pendatang lainnya. Tahukah kamu, migrasi manusia di muka bumi ini sudah terjadi sejak zaman purba. Menurut para ahli, berjuta-juta tahun lalu pada awalnya belum ada manusia di pertiwi kita ini. Manusia pertama yang dating adalah Homo erectus dari Afrika. Tentu saja mereka tidak dating langsung ke Indonesia begitu saja. Mereka berpencar ke Eropa, Asia, dan sebagiannya ke Indonesia. Mereka kemudian beranak pinak dan menyebar ke berbagai daerah.

Setelah itu, ada beberapa gelombang kedatangan lagi dalam rentang waktu yang lama. Sejalan dengan makin berkembangnya peradaban dan kebudayaan manusia, berkembang pula interaksi dan perdagangan antarmasyarakat. Oleh karena itu, berdatangan pula orang-orang dari budaya lain ke Nusantara, seperti dari India, Tionghoa, dan Arab.

Semua proses migrasi ini berlangsung dalam rentang waktu yang sangat lama. Dari mana kita tahu tentang proses ini? Untuk itu kita harus berterima kasih kepada para ahli yang terus melakukan penelitian mendalam. Para ahli meneliti barang-barang peninggalan sejarah dan fosil.

Kunci Bahasa Indonesia Halaman 162 Jelajah Kata Dari Cerita Nenek Moyang Kita SD Kelas 4

Untuk Cerita Lebih Lengkapnya bisa Adik – adik baca di Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Halaman 159,160 dan 161

Jelajah Kata

Perhatikan kata-kata yang disorot kuning di dalam teks “Nenek Moyang Kita”.

1. Berdasarkan pemahaman kalian, perkirakan arti kata-kata tersebut.

2. Tulislah di buku kalian dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini.

Kunci Bahasa Indonesia Halaman 162 Jelajah Kata Dari Cerita Nenek Moyang Kita SD Kelas 4

Demikian materi Kunci Bahasa Indonesia Halaman 162 Jelajah Kata Dari Cerita Nenek Moyang Kita SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka  yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Jawaban Post Test Topik Merdeka Belajar Modul 1

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni