Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 24 Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 24 Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Penyebaran Biji

Sama seperti proses penyerbukan, tumbuhan pun membutuhkan bantuan untuk menyebarkan bijinya. Lalu, apa sajakah yang bisa membantu tumbuhan menyebarkan bijinya?

Lakukan Bersama

Siapkan buku tugas dan diskusikanlah bersama teman kelompok kalian gambar-gambar berikut.

a. Mengapa Perlu Penyebaran Biji?

Perhatikan gambar berikut! Manakah menurut kalian gambar lingkungan yang lebih baik untuk biji tumbuh? Apakah gambar A atau gambar B? Mengapa?

b. Bagaimana Cara Biji Menyebar?

Tanaman tidak bisa berpindah tempat seperti kita dan hewan. Lalu, bagaimana tanaman bisa menyebarkan bijinya? Cobalah pelajari gambar pada cara 1-5 untuk melihat berbagai cara penyebaran biji!

Jawablah pertanyaan ini untuk setiap gambar.

1. Bagaimana biji-biji tanaman tersebut bisa disebar?

Jawaban : Biji-bijian tanaman tersebut dapat tersebar dengan bantuan hewan, angin dan air.

2. Tanaman seperti apa yang bisa disebar dengan cara seperti cara 1-5?

Jawaban : Tanaman yang dapat disebar dengan cara 1-5 adalah tanaman berbuah, tanaman yang bijinya ringan, tanaman dengan biji berduri, dan tanaman yang berbuah dan berbiji

3. Untuk cara 1-3, hewan apa saja yang menurut kalian bisa berperan sebagai penyebar biji?

Jawaban : Hewan yang berperan sebagai penyebar biji adalah hewan pemakan buah seperti monyet, gajah, dan jerapah, hewan pemakan biji seperti burung dan luwak.

Setelah selesai menjawab pertanyaan secara mandiri, bersiaplah untuk berdiskusi secara berkelompok dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 69 Faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem

Mari Refleksikan

1. Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya?

Jawaban : Penyebaran biji dilakukan tumbuhan untuk berkembang biak. Tumbuhan perlu menyebarkan bijinya agar menghasilkan tumbuhan baru yang sama dengan induknya. Dengan begitu jenis tumbuhan tersebut tidak menjadi langka dan tetap lestari.

2. Apa manfaat bagi makhluk hidup lain dengan adanya penyebaran biji?

Jawaban : Penyebaran biji juga bermanfaat untuk makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan manusia. Penyebaran biji bisa bermanfaat sebagai sumber makan untuk hewan yang ada di sekitar tumbuhan. Selain itu, penyebaran biji juga dapat menimbulkan individu baru yang bermanfaat sebagai tempat berlindung bagi hewan dan membantu mendapatkan udara segar untuk manusia dan hewan.

3. Apa saja yang membantu tumbuhan menyebarkan bijinya?

Jawaban : Penyebaran biji secara alami terjadi tanpa bantuan manusia seperti bantuan dari angin, air, dan hewan. Selain itu, penyebaran biji juga bisa dibantu dengan manusia secara langsung.

4. Setelah mempelajari penyerbukan dan penyebaran biji, menurut kalian apa yang dibutuhan oleh tumbuhan dari manusia?

Jawaban : Tumbuhan membutuhkan manusia untuk berkembang biak. Sehingga, secara tidak langsung manusia membantu tumbuhan berkembang biak untuk menghasilkan individu baru baik itu melalui pernyerbukan atau penyebaran biji

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 24 Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya.

Nah itulah pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 24 Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Fike