Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 179 Apakah semua barang yang kalian miliki di kelompok dapat memenuhi semua kebutuhan kalian

Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 179 Apakah semua barang yang kalian miliki di kelompok dapat memenuhi semua kebutuhan kalian. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku?

Dalam kehidupan, manusia membutuhkan berbagai barang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Dari mana kalian mendapatkan semua keperluan tersebut? Perhatikan percakapan Mia dan Dara pada gambar. Ibu Mia membutuhkan telur dan tepung untuk membuat kue. Ibu warung menyediakan kebutuhan tersebut. Ibu Mia memerlukan ibu warung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, apakah kemudahan seperti ini sudah berlangsung lama dan terjadi di semua tempat?

Keterbatasan itulah yang akhirnya membuat seseorang memerlukan orang lain. Seseorang memerlukan jasa orang lain yang menyediakan kebutuhan itu. Pernahkah kalian ingin tahu bagaimana cara manusia pada zaman dahulu memenuhi kebutuhannya?

Masa Sebelum Uang Ditemukan

Mari Mencoba

Guru kalian akan meminta kalian merencanakan sebuah kegiatan bermain peran yang akan melibatkan seluruh kelas. Guru kalian akan bertindak sebagai narator. Perhatikan instruksi yang diberikan oleh guru kalian.

1. Pilih satu daerah tujuan kalian sesuai dengan kartu gambar yang ditunjukkan oleh guru kalian.

2. Bergabunglah dengan teman yang memilih daerah tujuan yang sama.

3. Ambil satu lembar kertas kosong dan bagi kertas menjadi 3 bagian.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 54 Apa yang terjadi ketika air terus menerus dipanaskan

4. Gambarlah 3 hasil Bumi daerah tujuan kalian lengkap dengan jumlah. Contoh: Pantai menghasilkan 2 kg ikan kerapu, 1 kg rumput laut, dan 4 butir kerang mutiara.

Jawaban: Satu hektar sawah menghasilkan 5-6 ton padi, 6 ton jagung, dan 2-3 ton kedelai.

5. Diskusikan dalam kelompok apa saja kebutuhan yang akan digambar.

6. Kemudian jawab pertanyaan berikut.

a. Apakah semua barang yang kalian miliki di kelompok dapat memenuhi semua kebutuhan kalian?

Jawaban: Tidak semua barang yang aku miliki di kelompok dapat memenuhi semua kebutuhanku.

b. Adakah barang atau kebutuhan yang tidak ada di kelompok kalian namun sangat dibutuhkan karena merupakan kebutuhan utama dalam hidup daerah kalian?

Jawaban: Ada barang atau kebutuhan yang tidak ada di kelompokku, namun sangat dibutuhkan karena merupakan kebutuhan utama dalam hidup daerahku, yaitu kapas dijadikan baju.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 179 Apakah semua barang yang kalian miliki di kelompok dapat memenuhi semua kebutuhan kalian. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike