Manfaat Daun Dadap Untuk Anti Radang dan Anti Bakteri

Manfaat Daun Dadap, Anti Radang dan Anti Bakteri – Sobat Waca Berita, Daun Dadap terkenal memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Pada pembahasan ini Waca berita akan memberikan informasi tentang manfaat daun dadap yang ternyat bisa digunakan sebagai anti radang dan anti bakteri.

Dadap serep banyak ditemukan di Indonesia sampai Filipina. Tanaman dadap serep tumbuh pada tempat terbuka dan cukup air. Tumbuh didaerah pegunungan dengan ketinggian 1500 m diatas permukaan laut. Tumbuhan dadap semak berbentuk semak atau pohon yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis di seluruh dunia.

Ada yang mengatakan bahwa tumbuhan dadap serep berasal dari Asia tenggara dan banyak tersebar di Nusantara termasuk pulau Jawa. Tanaman dadap dapat tumbuh secara baik pada segala jenis keadaan tanah, sedikit berpasir dan berdrainase baik.

Manfaat Daun Dadap Untuk Anti Radang

Peradangan atau inflamasi merupakan tindakan perlindungan yang berperan dalam melawan agen penyebab jejas sel dengan cara melarutkan, menghancurkan, atau menetralkan agen patologis. Rasa tidak nyaman dan nyeri dirasakan oleh orang yang mengalami peradangan.

Gejala dari proses terjadinya peradangan diantaranya rubor, kalor, tumor, dolor, dan functio laesa. Rubor, kalor, dan tumor pada peradangan akut terjadi karena peningkatan aliran darah dan edema.

Salah satu obat untuk mengatasi peradangan adalah daun dadap ayam, Karena kandungan alkaloida yang sifatnya mendinginkan. Manfaat daun dadap untuk mengobati peradangan telah dipakai masyarakat daerah Marabahan. Selain itu pengobatan herbal India dan China menggunakan daun dadap untuk mengobati nyeri sendi, biasanya dibuat menjadi jus daun dadap.

Studi yang dilakukan oleh Anwar dkk 2013, menyimpulkan bahwa infusa daun dadap ayam mempunyai aktivitas antiinflamasi pada mencit yang diinduksi karagenin. Infusa daun dadap ayam mempunyai kemampuan penghambatan radang dibanding kontrol negatif sebesar 54,72

Baca Juga :  Biodata Iwan Martua Dongan Simatupang, Novelis, Penyair, dan Esais Indonesia

Manfaat Daun Dadap Untuk Anti Bakteri

Manfaat daun dadap yang selanjutnya adalah dapat bertindak sebagai antibakteri, daun dadap mampu membasmi bakteri merugikan karena kandungan senyawa saponin dan senyawa Alkaloid yang ada didalamnya.

Dikutip dari Liana 2010, senyawa alkaloid pada tumbuhan berperan sebagai antibakteri karena dapat mengganggu pembentukan penyusunan peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel tidak terbentuk secara utuh dan menyebabkan kematian.

Khasiat daun dadap serep sebagai antibakteri telah dibuktikan oleh penelitian, dimana Ekstrak Etanol Daun Dadap Serep mempunyai efektivitas antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella typhi. Kadar hambat minimum yakni terjadi pada konsentrasi 50.000 ppm.

Selain penelitian diatas, khasiat daun dadap serep untuk membasmi bakteri juga telah dibuktikan oleh penelitian Rahman dkk 2018, dimana Ekstrak etanol daun dadap serep memiliki aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli.

Demikian informasi tentang manfaat daun dadap untuk anti radang dan anti bakteri. Semoga bermanfaat Sob.