Manfaat Daun Dadap Sebagai Anti Kanker Payudara

manfaat daun dadap

Manfaat Daun Dadap Sebagai Anti Kanker Payudara – Sobat Waca Berita, Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan berbagai macam tanaman, jenis yang populer adalah tanaman obat. Tanaman obat ini populer karena banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal tradisional. Pengobatan tradisional di negara Indonesia telah di kenal masyarakat jauh sebelum ditemukannya obat obatan modern.

Tanaman obat yang banyak terdapat di Indonesia, memiliki segudang manfaat terutama untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan beberapa khasiat lainnya yang berguna bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah manfaat daun dadap yang berkhasiat untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Sobat, masih banyak yang belum mengetahui tentang khasiat daun dadap untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu simak yuk pembahasan dari Waca Berita tentang beberapa manfaat dari daun dadap berikut ini.

Mengenal Daun Dadap Serep

Dadap serep banyak ditemukan di Indonesia sampai Filipina. Tanaman dadap serep tumbuh pada tempat terbuka dan cukup air. Tumbuh didaerah pegunungan dengan ketinggian 1500 m diatas permukaan laut. Tumbuhan dadap semak berbentuk semak atau pohon yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis di seluruh dunia.

Baca Juga :  Manfaat Daun Dadap Untuk Anti Radang dan Anti Bakteri

Ada yang mengatakan bahwa tumbuhan dadap serep berasal dari Asia tenggara dan banyak tersebar di Nusantara termasuk pulau Jawa. Tanaman dadap dapat tumbuh secara baik pada segala jenis keadaan tanah, sedikit berpasir dan berdrainase baik.

Kandungan Daun Dadap

Sobat, daun dadap mengandung beberapa senyawa yang baik bagi kesehatan, diantaranya:

Saponin
Flavonoida
Polifenol
Alkaloida Payudara
Tannin

Ciri-ciri Daun Dadap Serep

a. Ciri Ciri Batang Dadap Serep

Dadap serep merupakan tumbuhan berkayu dan ketinggian pohon mencapai 15 hngga 22 meter dengan diameter batang antara 40 hingga 100 cm. Batangnya tegak, bulat, percabangan simpodial, licin, berwana hijau berbintik bintik putih dan cabang tumbuh lurus.

b. Ciri Ciri Daun Dadap Serep

Ciri daun dadap merupakan daun majemuk, segi tiga, tepi rata, ujung meruncing, pangkal membulat hampir rata, bertangkai silindris, panjang daun antara 9 hingga 19 cm, dengan lebar daun 6 hingga 17 cm.

Warna daun dadap adalah hijau, beranak tiga helai daun, pertulangan menyirip dan jika diremas terasa lunak di tangan. Daun bagian atas lebih besar daripada kedua daun penumpu.

c. Ciri Ciri Bunga Dadap

Bunga dadap serep termasuk bunga majemuk, bentuk tandan, berada di ketiak daun, tangkai silindris, daun mahkota bunganya berwarna merah kekuningan, berbentuk terompet, benang sari halus, tangkai putik silindris, dan kepala putik bulat meruncing.

Klasifikasi Tumbuhan Dadap Serep

Berikut ini klasisfikasi ilmiah tumbuhan dadap menurut USDA 2011:

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Superdivision : Spermatophyta
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Subclass : Rosidae
Order : Fabales
Family : Fabaceae
Genus : Erythrina
Species : Erythrina subumbrans.


Nama Latin Dan Daerah Dadap Serep


Dadap serep mempunyai nama latin yaitu Erythrina subumbrans, sedangkan nama sinonim yaitu Erythrina lithosperma Miq., Erythrina hypophorus Boerl, dan Eryhtrina secundiflora.

Baca Juga :  Unduh Logo HUT Kabupaten Pasuruan ke-1093 Tahun 2022

Dadap serep mempunyai nama yang berbeda beda di berbagai daerah, seperti penduduk Jawa menenalnya sebagai dadap serep. Sementara itu masyarakat Melayu mengenalnya sebagai dadap minyak. Di Sunda dikenal dengan dadap cangkring, di Jawa tengah dikenal dengan dadap lenagan dan godong towo, sedangkan masyarakat Madura mengealnya dengan dhadahak cangkring.

Manfaat Daun Dadap Menurut Beberapa Penelitian

  1. Desianti 2007

Khasiat daun dadap menurut penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai antimikroba, antiinflamasi, antipiretik, dan antimalaria. Khasiat tersebut disebabkan karena kandungan senyawa saponin, tanin, flavonoid, polifenol dan alkaloid yang ada didalamnya.

  1. Revisika 2011

Manfaat daun dadap serep diantaranya berkhasiat sebagai obat demam bagi wanita atau demam nifas, memperlancar ASI, perdarahan bagian dalam, sakit perut, mencegah keguguran, sedangkan kulit batangnya dapat digunakan sebagai pengencer dahak.

Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan, bisa kamu coba Sob.

Anti Radang dan Anti Bakteri

Manfaat Daun Dadap Mengatasi Demam

Membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan menyusui

Mampu Menurunkan Demam Bayi dan Balita

Sumber Antioksidan, Mengatasi Asam Urat, Anti Kanker Payudara

Anti malaria

Manfaat Daun Dadap Untuk Kecantikan

Cara Mengolah Daun Dadap

Mengatasi Demam

Untuk mengatasi demam dengan manfaat daun dadap, pertama siapkan beberapa gram kulit serta cabang muda dadap serep diremas atua bisa juga ditumbuk, sedikit adas dan pulosari, seduh semua bahan tersebut dengan segelas air. Minum ramuan ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Obat Nyeri Haid

Manfaat daun dadap serep untuk mengobati nyeri haid bisa didapatkan dengan cara mengolahnya sebagai berikut. Pertama siapkan sekitar 15 gram daun dadap, kemudian cuci terlebih dahulu lalu tumbuk. Pakai tumbukan tadi sebagai param pada bagian perut yang sakit kemudian dibalut.

Baca Juga :  Biodata Galileo Galilei Penemu Teleskop "Bapak Astronomi Moderen"

Manfaat Daun Dadap: Penutup

Nah itulah beberapa manfaat daun dadap serep untuk kesehatan dan kecantikan, cara mengolahnya dan kandungan seyawa yang ada didalamnya, jangan lupa simak beberapa artikel lainnya pada blog ini yang berkaitan dengan manfaat tumbuhan, seperti manfaat daun telang.

Demikian informasi tentang Manfaat daun dadap terutama untuk masalah kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski