Manfaat Durian Untuk Kesehatan, Luar Biasa Sob!

manfaat durian

Manfaat Durian Untuk Kesehatan, Luar Biasa Sob! – Sobat Waca Berita, durian yang disebut sebagai raja buah, memiliki kandungan gizi yang melimpah. Dengan aromanya yang sangat menyengat namun unik, banyak orang yang menyukai bahkan memiliki hobi menikmati segala jenis durian.

Nah, dengan segudang kandungan gizi durian tersebut sekarang saatnya Sobat mengetahui berbagai manfaat durian yang ampuh untuk menangani berbagai penyakit. Mulai dari atasi anemia hingga kanker.

Manfaat Durian untuk Kesehatan

Tanpa berlama-lama, berikut ini Waca Berita memberikan informasi tentang manfaat durian untuk kesehatan.

Mengatasi Anemia

Anemia adalah penyakit akibat kurangnya sel darah merah sehat di dalam tubuh yang mengakibatkan organ tidak mendapat oksigen yang cukup. Penyakit ini sendiri ditandai dengan sensasi lelah dan pusing luar biasa, Sobat.

Kurangnya zat besi dan folat lah yang memicu terjadinya penurunan produksi sel darah merah dan berujung pada anemia. Durian merupakan buah yang kaya akan asam folat tinggi dan zat besi, Sobat.

Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi buah ini untuk memperlancar produksi sel darah merah yang baik untuk tubuh.

Manfaat Durian untuk Menangani Insomnia

Apakah Sobat sering mengalami kesusahan tidur? Jika iya, durian bisa menjadi buah yang tepat untuk kamu konsumsi!

Perlu Sobat catat bahwa insomnia atau gangguan tidur tidak baik untuk kesehatan tubuh karena berpotensi menyebabkan penyakit jantung, obesitas, stroke, tekanan darah tinggi, dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Biodata Percy Lebaron Spencer Penemu Oven Microwave

Mengonsumsi durian dipercaya dapat menangani insomnia ini. Alasannya, ada kandungan melatonin, hasil konversi dari asam amino esensial triptofan. Melanin inilah yang dapat membantu mengontrol siklus tidur dan mengurangi gangguan tidur, Sobat.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah atau hipertensi sangatlah berbahaya untuk tubuh. Jika tidak dikontrol dengan baik, dapat mengakibatkan pembuluh darah di otak menjadi pecah sehingga terjadinya penyakit seperti stroke.

Tentunya Sobat tidak mau hal itu terjadi bukan? Nah, mulai saat ini, rajinlah untuk mengontrol tekanan darahmu, Sobat. Jika kamu penderita hipertensi, maka kamu juga bisa mencoba mengonsumsi buah durian.

Sebab, buah durian diperkaya dengan kandungan potasium dan kalium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi, Sobat.

Manfaat durian bisa Mencegah Depresi

Jika Sobat sedang merasa depresi ataupun penat dengan berbagai kerjaan, mungkin kamu bisa mencoba buah satu ini.

Durian mengandung vitamin B6 yang memegang peran penting dalam menghasilkan serotonin. Zat serotonin yang terlalu rendah dapat menyebabkan depresi. Oleh karena itu, Sobat dihimbau untuk mengonsumsi durian agar memiliki zat serotonin yang cukup dalam tubuh.

Tidak hanya itu, ada pula kandungan triptofan yang dapat dikonversikan menjadi serotonin sehingga tubuh pun menjadi lebih rileks, Sobat.

Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Tulang

Kehadiran kalsium, kalium dan vitamin B sangatlah baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Salah satu buah yang memiliki berbagai nutrisi ini adalah durian, Sobat.

Nutrisi ini dapat membantu memelihara dan menumbuhkan sel-sel tulang dan gigi. Tulang yag padat dan kuat dapat menghindarkan kamu dari berbagai penyakit tulang, termasuk salah satunya penyakit osteoporosis.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat makan durian selanjutnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan, Sobat. Diperkaya dengan serat yang tinggi, durian dapat mencegah kamu dari berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelit, obesitas, dan sebagainya.

Baca Juga :  Biodata Ramadhan K.H, Penulis Biografi Indonesia

Tidak hanya itu, durian juga merupakan makanan untuk bakteri baik dalam saluran pencernaan. Alhasil, kandungan gula dalam karbohidrat durian dapat terfermentasi setelah bereaksi dengan bakteri baik di usus. Inilah yang membuat pencernaanmu menjadi lebih sehat lagi, Sobat.

Mendukung Kehamilan

Di negara Asia, kebanyakan ibu hamil dianjurkan untuk tidak memakan buah durian. Sebab, katanya durian bisa menyebabkan panas yang tidak baik untuk kandungan, Sobat.

Namun, faktanya, belum ada penelitian jelas mengenai hal ini. Bahkan, sebaliknya, durian dipercaya baik untuk ibu hamil karena terdapat kandungan folat dan vitamin B yang dapat menunjang perkembangan janin. Sementara itu, folat juga dipercaya dapat mencegah komplikasi kehamilan yang berbahaya.

Kandungan vitamin B dan vitamin C dalam durian juga diyakini mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, Sobat.

Ternyata Manfaat Durian Bisa Mengatasi Penuaan Dini

Pasalnya, setiap orang pasti tidak ingin mengalami penuaan dini. Untuk mencegah permasalahan kulit ini, kamu bisa mengonsumsi durian, Sobat.

Sebab, durian mengandung vitamin C yang merupakan salah satu sumber zat antioksidan yang baik. Antioksidan sendiri sangat bagus untuk kesehatan kulit, Sobat. Zat ini diyakini dapat memerangi radikal bebas, yakni molekul penyebab berbagai penyakit, termasuk salah satunya penuaan dini.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah durian juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, lho.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Diperkaya dengan kalium, menjadikan durian dipercaya sebagai buah yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, kalium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung, Sobat.

Tidak hanya itu, durian juga kaya akan serat yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Baca Juga :  Cara Menanam Durian, Raja Buah yang Banyak Disuka

Standar jumlah LDL normal adalah 100-129 mg/dL. Jika melebihi angka tersebut, maka kolesterol jahat ini bisa mengakibatkan berbagai penyakit, termasuk salah satunya penyakit jantung, Sobat.

Menunjang Sistem Kekebalan Tubuh

Sebelumnya telah dibahas mengenai kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah durian. Nah, selain bagus untuk kulit, vitamin C ini juga dapat menunjang sistem kekebalan tubuh, lho.

Faktanya, kekebalan tubuh menjadi sistem perlindungan tubuh manusia. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki kekebalan tubuh yang tinggi agar bisa terhindar dari berbagai penyakit akibat radikal bebas, Sobat.

Manfaat Durian untuk Menangani Kanker

Terakhir, manfaat makan durian adalah menangani penyakit mematikan, kanker. Pada dasarnya, durian adalah buah yang kaya akan antioksidan.

Zat antioksidan inilah yang berguna untuk memerangi radikal bebas, sebagai molekul yang menghancurkan dan mengkonversi DNA sel tubuh biasa menjadi sel kanker.

Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan fitonutrien dalam durian juga dipercaya dapat menangkal sel-sel kanker, Sobat.

Nah, demikian Sobat informasi tentang apa saja manfaat dari buah durian untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski