memulai usaha fotocopy

Tips Memulai Usaha Fotocopy Sukses dan Menguntungkan

Tips Memulai Usaha Fotocopy Sukses dan Menguntungkan – Sobat Waca Berita, salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan adalah usaha fotocopy. Peluang untuk berhasil di usaha percetakan, digital printing maupun fotocopy masih sangat besar. Apalagi kebutuhan akan pencetakan dan penggSobatan dokumen semakin meningkat setiap hari.

Namun Sobat juga harus memperhitungkan segmen pasar sebelum memulai bisnis yang satu ini. Sebab bisnis fotocopy tidak seperti bisnis makanan.

Mencetak dan menggandakan dokumen bukanlah kebutuhan pokok. Jadi, Sobat harus benar-benar memahami tips memulai usaha fotocopy untuk pemula supaya tak mengalami kegagalan dalam berbisnis.

Berikut tips dan trik membuka usaha fotocopy yang bisa Sobat lakukan.

Pemilihan Tempat Usaha

Lokasi atau tempat usaha memainkan peranan penting dalam menentukan kesuksesan. Usaha fotocopy hanya diperlukan oleh sebagian kelompok masyarakat.

Jika Sobat salah memilih lokasi usaha, akibatnya bisa fatal hingga gulung tikar.

Lokasi yang paling cocok untuk usaha fotocopy yaitu di kawasan perkantoran, pemerintahan, atau instansi pendidikan.

Mengapa lokasi tersebut sangat bagus untuk merintis usaha fotocopy? Sebab orang-orang kantor, pelajar, dan mahasiswa memiliki kebutuhan yang tinggi akan kehadiran usaha fotocopy.

Jika Sobat membuka usaha fotocopy jauh dari lokasi yang telah disebutkan di atas, kemungkinan konsumen yang datang akan lebih sedikit.

Hal ini disebabkan oleh kebutuhan masyarakat akan usaha fotocopy tidak terlalu tinggi. Fotocopy bukan kebutuhan utama masyarakat di luar wilayah perkantoran dan instansi pendidikan.

Persiapkan Modal Usaha

Menyewa tempat di lokasi dekat pusat perkantoran dan instansi pendidikan umumnya membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan tempat lain.
Penyebabnya yaitu lokasi sangat strategis dan bagus untuk membuka berbagai jenis usaha.

Baca Juga :  Cara Praktis Bayar Shopee Paylater Bagi Pemula

Oleh sebab itu, Sobat memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha fotocopy. Selain untuk menyewa ruko, mesin fotocopy pun dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Di awal permulaan usaha, Sobat tak perlu memaksakan diri untuk membuka usaha yang besar. Mulailah merintis dari usaha kecil. Sesuaikan dengan besaran modal yang Sobat miliki.

Apabila Sobat memiliki modal yang terbatas, belilah satu buah mesin fotocopy terlebih dahulu. Setelah bisnis berjalan dan sudah stabil, Sobat bisa menambah modal untuk membeli mesin baru.

Perhitungkan modal dengan teliti sebelum Sobat memulai sebuah usaha.

Hitunglah segala keperluan baik besar maupun kecil agar Sobat tak terjadi kekurangan modal di tengah Sobat menjalankan usaha.

Mungkin artikel tips mengelola keuangan usaha kecil, bisa membantu dan memberikan Sobat gambaran dalam mengelola keunagan.

Layanan yang Memuaskan

Kunci kesuksesan usaha fotocopy berikutnya adalah kualitas pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan.

Usahakan Sobat memiliki seluruh layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Misalnya print warna, fotocopy, print laser, laminating, penjilidan, scan, dan layanan lainnya.

Pelanggan juga lebih menyukai apabila Sobat melayaninya dengan cekatan. Tidak hanya tentang kecepatan penyelesaian pekerjaan, Sobat juga harus memperhatikan kualitas layanan.

Lakukan Promosi

Promosi dibutuhkan oleh setiap usaha untuk mendatangkan konsumen. Begitu pula dengan usaha fotocopy yang sedang Sobat rintis.

Hilangkan anggapan Sobat bahwa membuka usaha di tempat strategis tak memerlukan promosi. Di mana pun usaha Sobat berdiri, promosi merupakan hal yang penting untuk memperkenalkan bisnis.

Ada berbagai pilihan cara promosi yang dapat Sobat gunakan. Contohnya yaitu dengan memasang spanduk berukuran besar dan menarik perhatian orang yang melintas.

Membagikan brosur kepada masyarakat di sekitar lokasi usaha dinilai sudah ketinggalan zaman. Namun faktanya, cara ini masih cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan.

Baca Juga :  Bisnis Untung 200 Ribu Per Hari Yang Layak Dicoba

Selain itu, Sobat juga dapat mempromosikan usaha melalui media sosial. Buatlah akun khusus untuk usaha fotocopy yang Sobat miliki. Bila perlu, Sobat dapat melakukan promosi berbayar.

Dengan menggabungkan tiga unsur yaitu lokasi yang strategis, pelayanan yang memuaskan, serta promosi yang tepat, bisnis Sobat akan mudah meraih kesuksesan.

Harga Terjangkau

Bisnis fotocopy sangat rentan terhadap persaingan harga. Siapa yang mampu memberikan harga termurah maka dialah yang akan mendapatkan banyak pelanggan.

Supaya usaha fotocopy Sobat tidak ditinggalkan pelanggan, Sebaiknya Sobat tidak mematok harga yang terlalu tinggi.

Konsumen seperti mahasiswa dan anak sekolah tentu lebih memilih tempat fotokopi yang memberikan harga murah dibandingkan fotocopy yang hanya mengedepankan kualitas.

Oleh sebab itu Sobat perlu mencari supplier yang memberikan harga lebih murah. Tujuannya yaitu menekan modal usaha agar Sobat dapat memasang harga yang murah.

Hindari Kredit Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy merupakan salah satu peralatan pokok yang harus Sobat miliki sebelum membuka usaha. Sayangnya harga mesin fotocopy sangat mahal dan tak semua orang dapat menjangkaunya.

Tak sedikit toko yang menawarkan kredit untuk pembelian mesin fotokopi. Namun Sobat harus berhati-hati, sebab membeli mesin secara kredit tidak baik untuk kelangsungan bisnis.

Jika membeli mesin fotokopi secara kredit Sobat memiliki kewajiban untuk membayar angsuran setiap bulan. Sedangkan mesin fotokopi juga memerlukan perawatan rutin.

Dengan keadaan seperti ini, otomatis biaya operasional akan meningkat. Keuntungan yang didapat pun lebih sedikit dibandingkan dengan membeli mesin fotokopi secara kontan.

Pilih Mesin Fotocopy

Di pasaran ada banyak sekali jenis mesin fotocopy yang bisa Sobat beli. Ada mesin fotocopy biasa, atau mesin fotocopy yang disertai dengan kemampuan scan dokumen dan printing

Baca Juga :  Peluang Usaha Jasa Pembasmi Hama

Tips memulai usaha fotocopy selanjutnya yaitu memilih mesin yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Setiap jenis mesin memiliki harga yang berbeda dan akan memengaruhi besaran modal yang Sobat perlukan.

Sebaiknya, Sobat membeli mesin fotocopy dengan kualitas yang bagus.

Meskipun harganya cenderung lebih tinggi, setidaknya Sobat telah berhemat karena tidak perlu menyiapkan biaya perawatan yang besar.

Membuat Rencana Bisnis

Setiap bisnis memerlukan perencanaan yang matang supaya dapat berjalan dengan baik. Sobat bisa memulai perencanaan mulai dari menentukan besaran modal.

tentukan juga kalangan yang ingin Sobat jadikan sebagai target pasar. Rencanakan bagaimana cara Sobat melakukan promosi, dan lain sebagainya.

intinya perhitungkan segala kemungkinan yang dapat terjadi pada bisnis Sobat.

Bila perlu, buatlah perencanaan bisnis Sobat dalam bentuk proposal agar lebih mudah dalam pelaksanaannya nanti.

Jalin Relasi

Menjalin relasi sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan penjualan dan memperluas wilayah pemasaran.

Relasi yang paling ideal untuk usaha fotocopy yaitu instansi pemerintahan, sekolah, perguruan tinggi, atau perusahaan swasta.

Dengan memperbanyak relasi dari kalangan di atas, kemungkinan besar Sobat bisa mendapatkan proyek besar. Hal in tentu akan menguntungkan untuk bisnis yang Sobat jalankan.

Pembukuan

Hal terakhir yang tak boleh Sobat lupakan dalam menjalankan bisnis yaitu pembukuan. Pembukuan digunakan untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan usaha.

Sobat akan mendapatkan banyak manfaat dari pembukuan.

Dengan pembukuan, keuangan bisnis lebih mudah ditelusuri dan diatur. Pembukuan juga mencegah kebocoran dana yang dapat merugikan bisnis.

Manfaatkanlah aplikasi umkm gratis untuk mempermudah pembukuan usaha fotocopy Sobat. Aplikasi ini memang dirancang untuk Sobat yang kesulitan mencatat pembukuan dengan cara manual.

Demikian tips memulai usaha fotocopy yang menguntungkan. Semoga bermanfaat!