Usaha Modal Kecil Untuk Pelajar

Rekomendasi Usaha Modal Kecil Untuk Pelajar

Rekomendasi Usaha Modal Kecil Untuk Pelajar – Masih berstatus pelajar tapi ingin mulai berbisnis? Nggak masalah, Sob. Di zaman sekarang tidak ada hal yang tidak mungkin Sobat lakukan, tapi apakah bisnis modal kecil yang memiliki untung besar untuk pelajar? Pertanyaan seperti ini sangat sering ditanyakan oleh millenial yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Pertanyaan semacam itu merupakan ciri seorang young entrepreneur, mencoba mendirikan usaha sendiri dan punya keinginan untuk maju.

Sebenarnya ada begitu banyak ide bisnis, untung besar yang bisa laris setiap hari dan bisa Sobat lakukan meski sambil belajar. Namun, meski begitu jika bisnis dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis Sobat menjadi bisnis besar. Kira-kira bisnis apa yang cocok untuk pelajar? Dari pada penasaran, simak rekomendasi bisnis modal kecil untung besar yang cocok dijalankan pelajar di tahun 2022.

Membuka Toko Online

Bisnis untuk pelajar yang bisa Sobat lakukan tanpa harus mengganggu waktu belajar adalah memulai usaha online. Untuk memulai bisnis ini, Sobat harus mengetahui dan menguasai medannya terlebih dahulu dengan cara belajar dan praktek. Dengan begitu, Sobat bisa menjadi salah satu pengusaha online yang sukses dan hampir setiap menit mereka menerima orderan.

Mulailah dengan memerhatikan produk yang sedang tren dan memiliki kemungkinan untuk laris dijual. Jika Sobat tidak memiliki modal yang cukup, Sobat bisa mulai dengan menjadi reseller atau dropshiper. Bisnis ini cukup mudah dijalankan bagi pemula dan tidak mengganggu waktu belajar, Sobat juga tidak memerlukan toko atau ruko, mesin produksi maupun karyawan, namun hanya butuh handphone dan internet.

Menjadi Publisher Online

Contoh yang paling sederhana adalah menjadi blogger atau Youtuber. Atau pun dengan memasang iklan pribadi di blog dan Youtube. Kategori ini disebut publisher. Syaratnya Sobat harus rajin membuat konten. Namun membuat kontennya pun tidak boleh asal, Sobat harus memikirkan konsepnya dengan matang dan dibuat dengan benar, berkualitas, orisinil, dan memberikan manfaat bagi audiens Sobat.

Saat ini kisah sukses para publisher sudah menjadi hal yang familiar. Mereka berhasil meraup untung besar dengan nominal yang tidak pernah kita duga. Akan tetapi tidak semudah yang dibayangkan, butuh kerja keras dan cerdas agar berhasil mencapai kesuksesan pada bidang apapun.

Baca Juga :  Tips Memulai Usaha Percetakan Hasilkan Cuan!

Jual Paket Internet

Di zaman sekarang, pelajar dan mahasiswa adalah orang yang paling memahami masalah internet. Bagi mereka, hidup tanpa internet akan terasa lebih hampa. Nah, apa yang paling diperlukan untuk bisa berselancar di dunia maya? Maka jawabannya adalah paket internet. Bahkan ada pepatah ‘zaman now’ yang mengatakan tidak apa-apa tidak ada pulsa, yang penting ada paket data.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik atau menjual paket Internet, Sobat hanya memerlukan koneksi. Dengan cara mengenal produsen paket data dan memiliki kenalan yang bisa jadi pelanggan, Sobat sudah bisa menjalankan bisnis paket pulsa. Mulailah terlebih dulu dari temanmu yang masih sama-sama pelajar.

Bisnis Jasa Pengetikan

Aneka bisnis modal kecil tapi untung besar yang satu ini cocok untuk mahasiswa maupun pelajar. Jadi, di sini Sobat membuka jasa untuk mengetik sesuatu, bisa proposal atau makalah. Kliennya bisa teman Sobat sendiri atau orang lain. Terkadang ada juga karyawan kantoran yang menggunakan jasa pengetikan karena mereka tidak sempat melakukannya.

Bisnis ini akan meningkat ketika mahasiswa sedang melakukan skripsi. Biasanya mereka membutuhkan jasa ini untuk membantu mereka menyelesaikan skripsi, dan mereka akan fokus mencari data dan menganalisa temuan untuk skripsi mereka. Selain mendapatkan uang tambahan, Sobat juga bisa mendapatkan pengalaman menulis skripsi yang benar dari mereka yang sudah terlebih dulu memulai skripsinya.

Menjual Desain Website

Pekerjaan ini akan lebih cocok bagi Sobat yang punya keterampilan di bidang pembuatan website. Saat ini tak sedikit perusahaan, usaha, atau perorangan individu yang memiliki websitenya sendiri. Suatu website membutuhkan tema untuk menyajikan konten yang dia miliki. Nah, Sobat bisa membuat template untuk website yang kemudian bisa Sobat jual.

Dengan keahlianmu membuat desain website ini, Sobat bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan juga sedang dicari banyak orang. Sobat bisa mulai menawarkan dengan bisnis UKM di sekitarmu atau membantu temanmu yang memiliki bisnis.

Mengisi Konten di Website atau Penulis

Nah bagi Sobat yang tidak memahami bagaimana pembuatan website yang baik, Sobat juga bisa menawarkan keahlian menulismu kepada orang yang membutuhkan. Untuk memulai bisnis online ini Sobat tidak perlu modal besar, cukup dengan Internet dan laptop, Sobat sudah bisa memberikan layanan kepada calon pelangganmu nantinya.

Baca Juga :  Harga dan Kegiatan Marketing

Untuk mendapatkan hasil tulisan yang bagus dan berkualitas, Sobat bisa belajar lewat beberapa website lainnya. Selain menjadi referensi, ini juga bagus untuk meningkatkan kualitas penulisan Sobat. Bukan hanya itu, ini juga bisa Sobat kerjakan kapan saja tanpa harus mengganggu sekolah maupun kuliah Sobat.

Les Privat

Saat ini banyak orang tua yang ingin memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya di rumah. Selain ingin mengejar keterlambatan di sekolah, ini juga sebagai salah satu tujuan orang tua untuk memasukkan anaknya di sekolah tertentu. Untuk menjadi guru privat Sobat cukup memanfaatkan skill dan ilmu yang Sobat tau, agar lebih mudah, Sobat bisa mengambil privat bagi anak SD yang ingin masuk SMP ataupun anak SMP yang ingin masuk SMA, biasanya pelajarannya tidak terlalu sulit ketika mereka duduk di bangku SMA. Selain bisa terus belajar, Sobat juga bisa mendapatkan tambahan uang saku yang cukup besar.

Bisnis Cemilan

Mahasiswa seringkali mendapatkan jam kosong setiap harinya. Biasanya jam-jam ini digunakan mereka untuk mengerjakan tugas ataupun sekedar ‘nongkrong’ di kampus. Nah, momen ini bisa Sobat manfaatkan untuk menjual bisnis cemilan. Ada banyak cemilan yang bisa Sobat jual, cobalah untuk memberikan pilihan cemilan yang memang mereka sukai. Sobat bisa liat kebiasaan mereka, apakah snack yang sering mereka nikmati di jam-jam kosong tersebut. Sobat juga bisa menanyakan langsung ke mereka dan meminta ide dari teman-teman.

Bisnis Service Laptop

Bisnis lainnya yang bisa menghasilkan uang adalah bisnis servis laptop atau komputer. Perangkat ini sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa, ada banyak sekali fungsi dari laptop ini dan hampir setiap hari digunakan oleh mahasiswa tersebut.

Nah, jika Sobat memiliki potensi dan skill soal hardware dan software, Sobat bisa mulai membuka bisnis jasa servis laptop. Modalnya pun tidak terlalu besar, Sobat hanya perlu menyiapkan peralatan perbaikan, seperti obeng, tang, dan alat-alat lainnya. Bisnis ini dapat dipromosikan kepada teman-teman kuliah, bahkan tidak menutup kemungkinan membuka jasa servis untuk umum.

Cuci Motor

Bisnis sampingan yang bisa menjadi pilihan buat Sobat untuk memulai usaha adalah membuka jasa cuci motor di rumah. Sobat hanya perlu memanfaatkan halaman rumah, Sobat sudah bisa memulai bisnis ini. Untuk modalnya pun murah, Sobat hanya butuh selang, air, dan juga sabun cuci. Meski terlihat sederhana, bisnis ini bisa menjanjikan keuntungan, apalagi jika di musim hujan. Di mana, banyak orang yang akan sering mencuci motornya.

Baca Juga :  Cryptocurrency : Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Menjual Kerajinan Tangan

Bagi Sobat yang suka membuat kreasi seperti sulam, gelang tangan, boneka dari benang wall, dan sebagainya, Sobat bisa mulai menjual kerajinan tangan. Selain hobimu tersalurkan, Sobat juga bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa besar. Apalagi saat ini banyak orang Indonesia yang telah membuktikan kesuksesan bisnis kerajinan tangan hingga ke luar negeri. Peluang usaha yang menggiurkan bukan?

Makanan Ringan

Banyak remaja yang suka ngemil dan membawa cemilan ke sekolah ataupun ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Nah, Sobat bisa memanfaatkan kebiasaan ini dengan menjual makanan ringan bagi teman-temanmu. Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa Sobat jual, mulai dari kerupuk makaroni, chiki, wafer, dan sebagainya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok bagi Sobat yang masih pelajar dan ingin memulai usaha dengan modal minim, bahkan di bawah Rp50 ribu.

Usaha Modal Kecil untuk Pelajar: Jadi Selebgram

Bagi Sobat yang suka eksis di social media, khususnya Instagram, Sobat bisa menjadi seorang selebgram. Hanya dengan bermodal jumlah followers yang banyak dan engagement yang cukup besar, Sobat bisa menjadi seorang selebgram. Sobat bisa mulai dengan membuat content yang menarik dan mengundang banyak interaksi untuk meningkatkan followers dan engagement. Setelahnya, Sobat hanya perlu menunggu brand atau bisnis meminta bantuan Sobat untuk mempromosikan produknya. Untuk penghasilan, Sobat bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Translator atau Penerjemah

Nah bagi Sobat yang mempunyai keahlian di bidang bahasa, Sobat bisa mencoba menjadi translator atau penerjemah. Baik dari bahasa inggris ke Indonesia, bahasa mandarin, atau bahasa asing lainnya.

Untuk membuka usaha ini, Sobat tidak membutuhkan modal besar. Sobat hanya membutuhkan waktu untuk menerjemahkan, kuota Internet, dan juga laptop. Sobat bisa coba membuka usaha translator dengan memberikan jasa menerjemahkan dokumen hingga menerjemahkan materi promosi.

Saat ini, penerjemah sangat dibutuhkan banyak perusahaan, apalagi banyak sekali perusahaan yang memiliki cabang di luar negeri. Untuk penghasilan tidak bisa diremehkan. Hanya dengan menjadi translator, Sobat bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Usaha Modal Kecil Untuk Pelajar : Penutup

Itulah bisnis modal kecil untung besar untuk pelajar. Jadi, sudah tahu bisnis apa saja yang ingin Sobat jalankan? Segera ambil kesempatan secepat mungkin untuk mendirikan usaha sampingan pribadi. Selain menambah tabungan masa depan, bisnis ini merupakan hal yang rendah risiko loh. Ayo, saatnya pelajar mulai membangun bisnis dan jadi bagian dari young entrepreneur Indonesia. Semoga bermanfaat!

Afid Setyadi

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Rekomendasi Usaha Modal Kecil Untuk Pelajar yang dipublish pada Juli 2, 2022 di website Waca Berita

Artikel Terkait