16+ Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa – Sobat Waca berita, buat Sobat yang sekarang lulus sekolah menengah atas, atau sudah sedang kuliah dan menjadi mahasiswa. Sebagai salah satu kebanggaan tentunya karena menjadi mahasiswa adalah masa paling menyenangkan bagi sebagian besar orang. Biasanya, mahasiswa hidup mandiri dan jauh dari orang tua.

Keadaan ini menuntut mahasiswa untuk mengelola hidup dengan baik, termasuk dalam masalah keuangan. Kebutuhan mahasiswa sangat banyak, terkadang jatah bulanan saja tak cukup.

Oleh sebab itu, banyak mahasiswa yang menekuni pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku.

Tak sedikit korporasi yang membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja paruh waktu. Namun jam kerjanya dianggap kurang fleksibel.

Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Jika Sobat tidak ingin terlalu terikat dengan waktu namun tetap mendapatkan penghasilan, cobalah ide bisnis untuk mahasiswa yang berhasil dirangkum oleh redaksi Waca Berita berikut ini.

Les Privat

Bisnis pertama yang berpotensi menghasilkan penghasilan besar adalah jasa les privat. Bisnis ini cocok untuk Sobat yang merupakan mahasiswa jurusan kependidikan.

Jika Sobat mahasiswa non kependidikan juga tetap bisa menjalankan bisnis ini. Target pasarnya yaitu siswa sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat.

Sobat bisa mendapatkan penghasilan langsung dari sesi yang Sobat selesaikan. Namun beberapa orang tua murid juga membayar untuk satu bulan.

Pengajar les privat dapat mengantongi uang mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per sesi.

Penulis

Alteratif bisnis kedua yang dapat dilakoni oleh mahasiswa yaitu menjadi penulis lepas atau freelance.

Menjadi penulis juga bisa dikatakan sebagai peluang bisnis online yang cukup bagus.

Pekerjaan ini cocok untuk Sobat yang gemar menuliskan ide dan gagasan.

Pekerjaan ini dapat dilakukan kapan pun dan tanpa perlu datang ke kantor. Cukup dengan bermodal ide kreatif, komputer atau laptop, dan koneksi internet, Sobat sudah dapat mulai menulis.

Dari mana pekerjaan penulis berasal? Carilah situs untuk para pekerja lepas. Di sana, banyak orang yang mencari jasa penulis. Sobat bisa mendaftarkan diri lalu mendapatkan pekerjaan.

Fotografer

Punya kamera tapi lebih sering menganggur karena tak sering dipakai? Kini Sobat bisa memanfaatkannya untuk mulai menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Baca Juga :  Ide Bisnis Boneka Rumahan Sangat Menguntungkan

Bisnis fotografi cukup menjanjikan apabila Sobat melakukannya dengan sungguh-sungguh. Tawarkan jasa di momen seperti wisuda, atau foto bersama untuk organisasi, dan lain-lain.

Jika Sobat ingin menghasilkan pemasukan yang lebih besar, coba untuk mengambil pekerjaan sebagai fotografer di acara pernikahan. Umunya, biaya jasa yang diberikan kepada Sobat lebih besar dibanding foto wisuda.

Selain menerima pesanan secara langsung, Sobat juga menjual karya fotografi Sobat di situs seperti shutterstock.

Pemandu Wisata

Apakah kota tempat Sobat menimba ilmu memiliki banyak tempat wisata? Jika ya, Sobat bisa mendapatkan manfaat finansial dari para turis yang datang. Bagaimana caranya?

Jadilah pemandu wisata untuk para turis yang datang. Sobat bisa melakukan pekerjaan ini ketika akhir pekan atau hari libur. Sehingga Sobat tak perlu mengorbankan waktu Sobat untuk hadir di kelas.

Akan menjadi nilai lebih jika Sobat memiliki kemampuan berbahasa asing. Jadi, Sobat dapat memandu turis dari mancanegara. Otomatis, penghasilan Sobat akan lebih besar.

Bisnis Online Untuk Mahasiswa: Jasa Pembuatan Website

Bisnis yang kelima ini cocok untuk mahasiswa dengan jurusan seperti ilmu komputer, sistem informasi, atau informatika. Di perkuliahan, Sobat mendapatkan materi untuk pembuatan website, bukan?

Manfaatkanlah ilmu Sobat untuk mencari pundi-pundi rupiah. Sobat bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada teman-teman yang sedang mengerjakan skripsi.

Sobat juga dapat menjadi freelancer khusus untuk membangun website. Bergabunglah dengan situs seperti fiverr untuk mendapatkan proyek.

Penerjemah

Ada banyak karya ilmiah atau literatur yang harus diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia serta sebaliknya. Sayangnya, tak semua orang memiliki kompetensi yang cukup untuk melakukannya.

Jika Sobat memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, manfaatkanlah kesempatan untuk menjadi penerjemah. Dengan begitu menjadi penerjemah bisa dikatakan sebagai peluang usaha jasa tanpa modal yang cukup bagus.

Sobat bisa menawarkan jasa kepada orang-orang terdekat atau melalui situs freelancer.

Untuk menambah relasi, bergabunglah dengan grup penerjemah yang bisa Sobat temui di media sosial seperti facebook atau telegram.

Di grup tersebut Sobat bisa berbagi pengalaman, berbagi tips, dan yang terpenting yaitu berbagi pekerjaan.

Desain Grafis

Apakah kamu mahasiswa desain grafis atau desain komunikasi visual? Jika iya, ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini sangat cocok dengan bidang keilmuan Sobat.

Industri kreatif di bidang desain selalu mengalami perkembangan setiap hari. Peluang besar ini bisa Sobat manfaatkan untuk meraup keuntungan.

Buatlah portofolio untuk melamar di berbagai situs freelancer. Banyak juga perusahaan yang membuka lowongan untuk freelance desain grafis dengan sistem remote.

Artinya, kamu bisa mengerjakan pekerjaan di mana saja tanpa harus datang ke kantor.

Salah satu hambatan dalam menggeluti pekerjaan desain grafis adalah lingkungan terdekat. Mengapa? Sebab tak sedikit dari teman atau saudara yang meminta desain gratis atau harga “teman”.

Baca Juga :  Lowongan Kerja Pertamina 2021 Fresh Graduates, Buruan Daftar !!

Bisnis PPOB

Ingin berbisnis tanpa butuh modal banyak? Bisnis PPOB jawabannya. Bisnis ini dikategorikan contoh usaha modal kecil untung besar.

Berjualan pulsa dan paket internet banyak dipilih mahasiswa karena mudah dan tak perlu modal besar.

Sayangnya, banyak orang yang gagal dan akhirnya gulung tikar. Penyebabnya adalah pengelolaan yang kurang baik.

Banyaknya utang juga membuat perputaran modal menjadi mandek dan membuat bisnis menjadi bangkrut.

Jika Sobat ingin berbisnis pulsa, sebaiknya kelola dengan baik dan benar. Jangan memberikan kelonggaran seperti utang bila ingin bisnis lancar dan berhasil.

Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Mahasiswa yaitu Menjual Snack

Makanan ringan atau camilan sering menjadi teman mahasiswa ketika mengerjakan tugas atau sekadar bersantai.

Sobat dapat melakukan bisnis menjual makanan ringan kepada rekan sesama mahasiswa. Sobat bisa menjual dengan sistem pre order untuk memperkecil potensi kerugian.

Carilah supplier di sekitar kampus atau di online shop. Carilah camilan yang paling disukai mahasiswa dan beli secara grosir. Kemudian kemas kembali dan tambahkan brand Sobat sendiri.

Selain itu Sobat juga bisa buat sendiri snack yang ingin dijual, Sobat bisa simak ide usaha makanan ringan, untuk mendapatkan refensi snack yang akan dijual.

Untuk memudahkan Sobat berjualan snack secara online, jika menggunakan WhatsApp, Sobat bisa gunakan BukuWarung Link WhatsApp.

Fungsinya akan mengubah nomor Sobat menjadi sebuah link, jadi nanti pembeli Sobat tidak perlu lagi mengetik nomor WhatsApp, tinggal klik link saja.

Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa: Online Shop

Bisnis online shop dapat dilakukan tanpa modal sedikit pun. Caranya yaitu dengan menjadi dropshipper. Sobat tak perlu membeli barang, namun hanya berperan sebagai perantara.

Carilah toko online yang menjual barang dengan harga murah. Jual kembali barang tersebut di toko Sobat sendiri dengan sedikit menaikkan harganya.

Sobat bisa gunakan platform marketplace yang cukup populer di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada.

Target pasar bisnis online shop ini tidak hanya teman kampus tapi juga masyarakat umum. Agar lebih mudah laku, pilihlah barang dagangan yang banyak dicari orang.

Perawatan Hewan

Suka merawat kucing atau anjing? Tawarkanlah jasa merawat binatang seperti yang telah disebutkan itu.

Sobat bisa memulai usaha ini dengan menawarkan jasa di media sosial. Jika mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar, Sobat dapat mengajak rekan Sobat untuk menjalankan bisnis bersama.

Bisnis pet grooming ini masih memiliki peluang usaha yang bagus karena banyak orang yang sibuk sehingga tak sempat untuk merawat peliharaan yang dimilikinya.

Bisnis yang Cocok untuk mahasiswa: Jual Barang Bekas atau preloved

Barang bekas sering dianggap sebagai sampah yang tidak berguna. Padahal benda-benda itu masih memiliki nilai jual meskipun tak setinggi seperti saat masih baru.

Baca Juga :  Apa Itu Reksadana? Yuk Kenali Pengertian dan Jenisnya

Bisnis jual beli barang bekas memiliki peluang yang bagus jika Sobat menemukan penngepul yang tepat. Biasanya, pengepul ini membeli barang bekas untuk didaur ulang.

Cobalah untuk menawarkan jasa jual barang bekas kepada kawan Sobat. Jadi, di bisnis ini Sobat berperan sebagai penghubung antara pemilik barang bekas dengan pengepul.

Membuka jasa foto dan video

Apabila Sobat memiliki hobi dan keahlian di bidang fotografi dan videografi, yuk jadikan skill tersebut menjadi penghasilan tambahan. Industri kreatif semakin berkembang sehingga banyak bisnis atau kebutuhan sekarang yang membutuhkan jasa foto dan video. Misalnya saja acara pernikahan, foto produk usaha, dan sebagainya.

Sebagai mahasiswa, Sobat dapat memanfaatkan menjadi peluang bisnis. Modal yang diperlukan hanya kamera dan laptop untuk keperluan editing. Memulai usaha ini dengan kamera hp juga tak masalah sebab banyak aplikasi editing hp yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik hasil foto.

Bisnis print online

Mahasiswa selalu padat dengan aktivitas kampus dan tugas. Terkadang mereka tidak memiliki waktu untuk mencetak tugas. Apabila Sobat sebagai mahasiswa memiliki printer, membuka jasa print online di kalangan mahasiswa patut dicoba.

Bisnis print online menjanjikan mengingat mahasiswa tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat print. Sediakan jasa pengiriman pula agar mahasiswa semakin tertarik menggunakan jasa print online Sobat.

Usaha Sampingan Mahasiswa: Menjual buku bekas

Mahasiswa tentu membutuhkan buku-buku akademik untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Kondisi tersebut dapat dijadikan peluang usaha dengan menjual buku bekas. Mahasiswa cenderung membeli barang dengan harga murah. Sehingga menjual buku bekas dengan harga lebih murah tanpa mengorbankan fungsinya akan laris di kalangan mahasiswa.

Sobat dapat memperoleh buku bekas melalui pengumpul buku atau kakak tingkat yang tidak membutuhkannya lagi. Lalu jual kembali buku bekas tersebut kepada mahasiswa yang memerlukan.

Jasa servis laptop/komputer

Jasa servis laptop/komputer adalah bisnis untuk mahasiswa yang cukup potensial. Sebab laptop dan komputer telah menjadi kebutuhan mahasiswa. Sayangnya banyak mahasiswa yang tidak bisa memperbaiki laptopnya jika rusak.

Menjadi asisten dosen

Bagi Sobat yang ingin mendapatkan uang jajan tambahan, menjadi asisten dosen dapat dilakukan sebagai bisnis untuk mahasiswa. Biasanya dosen akan memberikan fee kepada mahasiswa yang telah membantu menyelesaikan tugasnya.

Apabila Sobat memiliki keterampilan dalam dunia hardware dan software maka jasa servis laptop atau komputer dapat menjadi penghasilan tambahan.

Cara Mendapatkan Modal Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Memang, modal bukan sebatas berwujud uang, tapi untuk menjalankan usaha, paling tidak Sobat harus memiliki modal berupa kepercayaan. Untuk beberapa bisnis, Sobat bisa mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa dengan cara menjadi wakil atau agen dari sebuah produk jualan. Dengan begitu biasanya Sobat bisa membayar dengan tempo setelah barang terjual.

Tak ada salahnya untuk mulai berbisnis saat masih menjadi mahasiswa. Memulai usaha kecil-kecilan dapat melatih jiwa bisnis Sobat yang akan sangat berguna di masa depan. Dari 17 ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan di atas, mana yang lebih cocok untuk Sobat?

Semoga artikel ini bermanfaat ya Sob!

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi