Apa Akibat jika Menebang Hutan Secara Sembarangan Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 141 dan 142

Apa Akibat jika Menebang Hutan Secara Sembarangan Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 141 dan 142

Wacaberita.com – Halo sob, siswa siswi kelas 4 SD MI salam giat belajar. Ayo kita simak bersama penjelasan berikut tentang Apa Akibat jika Menebang Hutan Secara Sembarangan Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 141 dan 142.

Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis. Pemanfaatannya harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana.

Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alam tersebut rusak atau bahkan habis, kita akan terancam bencana.

Sebelum menjawab pertanyaan, Jelaskan Perubahan Lingkungan Alam yang Tampak pada Gambar diatas Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 139 dan 140 lebih baik anak anak siswa kelas 4 terlebih dahulu membaca materinya yang terdapat pada halaman 141.

Diharapkan setelah membca materi adik adik mampu menjawab secara mandiri dan ketika menemukan kesulitan dapat bertanya kepada orang tua.

Ayo Berdiskusi

1. Diskusikan dengan temanmu, apa akibat jika kita menebang hutan sembarangan?

Jawaban

Pohon di hutan akan habis, Habitat dan ekosistem hewan akan terganggu, tanah menjadi rawan longsor dan banjir.

2. Kumpulkan informasi dari buku, koran, majalah atau artikel tentang usahausaha pelestarian sumber daya alam!

Jawaban

Usaha pelestarian sumber daya alam contohnya dengan reboisasi atau penghijauan. Tujuannya adalah untuk melestarikan hutan, mengurangi polusi udara serta dapat mencegah bencana tanah longsor.

Baca Juga :  Review Iphone 11 Pro Max Beserta Spesifikasi dan Harga Terbaru

Selain itu, bisa juga dengan mendaur ulang sampah. Cara ini bertujuan untuk mengurangi tingkat pencemaran sampah dengan membuat keterampilan maupun prakarya yang bermanfaat dari bahan bekas atau plastik.

Hindari penebangan hutan liar yang dapat merusak alam dan beberapa dampak penebangan hutan secara liar adalah dapat menyebabkan kerusakan hutan, erosi tanah dan tanah longsor.

3. Buatlah uraian singkat tentang akibat buruk apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam!

Jawaban

Apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam maka akan terjadi kerusakan hutan, sehingga tumbuhan dan binatang terancam punah.

Selain itu sumber daya alam akan cepat habis, sehingga mempersulit kebutuhan hidup manusia. Muncul banyak penyakit, ekosistem terganggu, pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan.

Demikian pembahsan Apa Akibat jika Menebang Hutan Secara Sembarangan Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 141 dan 142. Kunci jawaban ini dibuat untuk referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski