Biodata Ernő Rubik Penemu Kubus Rubik

Biodata Ernő Rubik Penemu Kubus Rubik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Ernő Rubik seorang penemu kubus rubik. Penasaran ingin tahu tentang penemu kubus rubik, simak penjelasannya berikut ini.

Ernő Rubik adalah seorang penemu, pematung dan profesor arsitektur dari Hongaria. Ia dikenal sebagai penemu mainan teka-teki mekanis seperti kubus Rubik, Rubik’s Magic, Rubik’s Snake dan Rubik’s 360.

Ernő Rubik lahir di Budapest, Hongaria, pada tanggal 13 Juli 1944. Ayahnya, Ernő Rubik Sr. adalah seorang insinyur penerbangan di pabrik pesawat Esztergom. Ibunya, Magdolna Szántó, adalah seorang penyair.

Pendidikan dan karir

Dari tahun 1958 sampai 1962, Rubik mengenyam pendidikan mematung di Sekolah Menengah Seni dan Seni Terapan. Dari tahun 1962 sampai 1967, Rubik melanjutkan ke Budapest University of Technology, di sana ia menjadi anggota dari Arsitektur Fakultas.

Dari tahun 1967 sampai 1971, Rubik menghadiri Hungaria Academy of Applied Arts dan berada di Fakultas Arsitektur Interior dan Desain. Rubik menganggap universitas dan pendidikan itu diberikan kepadanya sebagai event yang menentukan yang membentuk hidupnya.

Dari tahun 1971 sampai 1979, Rubik adalah seorang profesor arsitektur di Budapest College of Applied Arts (Iparművészeti Főiskola). Disana dia membangun desain untuk teka-teki tiga dimensi dan menyelesaikan prototipe pertama dari Kubus Rubik pada tahun 1974, mengajukan permohonan paten pada teka-teki pada tahun 1975.

Kubus Rubik

Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat.

Baca Juga :  Biodata Samuel Goudsmit, Penggagas Konsep Elektron Berputar

Setiap sisi dari kubus ini mempunyai sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan atau terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada bulan Mei 1980. Rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik, termasuk imitasinya.

Penemuan dan pengembangan

Sebelum ditemukan

Pada bulan Maret 1970, Larry Nichols menciptakan 2 × 2 × 2 Puzzle dengan Bagian yang dapat diputar dan mengajukan permohonan paten di Kanada untuk penemuan itu. Kubus itu disatukan dengan magnet.

Nichols diberikan mendapatkan hak patennya pada tanggal 11 April 1972, dua tahun sebelum Rubik menemukan kubusnya. Pada tanggal 9 April 1970, Frank Fox menerapkan patennya “Spherical 3 × 3 × 3”. Dia menerima patennya di Inggris pada tanggal 16 Januari 1974.

Penemuan

Pada pertengahan tahun 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya sebagai alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D, tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan.

Rubik tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai ia mengacak Kubusnya untuk pertama kali dan lalu mencoba untuk mengembalikannya ke posisi semula. Rubik memperoleh patennya di Hungaria atas penemuan “Kubus Ajaibnya” pada tahun 1975.

Percobaan produksi pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Kubus Ajaib disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya mudah terpisah, tidak seperti magnet dalam desain Nichols.

Baca Juga :  Biodata John Harrison Penemu Kronometer Laut

Pada bulan September 1979, kesepakatan ditandatangani dengan “Ideal Toys” untuk membawa Kubus Ajaib ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada pameran mainan di London, Paris, Nuremberg, dan New York.

Penutup

Itulah biodata Ernő Rubik seorang penemu kubus rubik. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski