Biodata Johan Gottlieb Gahn Penemu Unsur Mangan

Biodata Johan Gottlieb Gahn Penemu Unsur Mangan

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Johan Gottlieb Gahn seorang penemu unsur mangan. Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur mangan, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Johan Gottlieb Gahn :

Lahir : 19 Agustus 1745 Voxna bruk, Halsingland

Meninggal : 8 Desember 1818 (umur 73) Falum

Kebangsaan : Swedia

Dikenal atas : penemu unsur mangan

 

Johan Gottlieb Gahn (19 Agustus 1745 – 8 Desember 1818) adalah seorang ahli kimia dan ahli metalik asal Swedia yang menemukan unsur Mangan pada tahun 1774. Mangan adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom 25.

Johan Gottlieb Gahn lahir pada tanggal 19 Agustus 1745 di Voxna bruk, Halsingland. Gahn belajar di Uppsala tahun 1762 sampai 1770 dan berkenalan dengan ahli kimia Torbern Bergman dan Carl Wilhelm Scheele.

Pada tahun 1770 dia menetap di Falun, di sana Gahn memperkenalkan perbaikan peleburan tembaga, dan berpartisipasi dalam membangun beberapa pabrik, di antaranya cat vitriol, belerang dan cat merah.

Gahn adalah ahli kimia di The Swedish Board of Mines Bergskollegium dari tahun 1773 – 1817. Namun, Gahn sangat enggan untuk mempublikasikan temuan ilmiahnya sendiri, tapi dia mengkomunikasikannya kepada Bergman dan Scheele.

Salah satu penemuan Gahn adalah bahwa mangan dioksida dapat dikurangi menjadi logam mangan yang menggunakan karbon, Gahn menjadi ilmuwan pertama yang mengisolasi unsur ini dalam bentuk logamnya.

Pada tahun 1784, Gahn terpilih sebagai anggota Royal Swedish Academy of Sciences . Gahn juga mempunyai karir manajerial di pertambangan Swedia.

Johan Gottlieb Gahn meninggal dunia pada tanggal 8 Desember 1818 saat berusia 73 tahun.

Baca Juga :  Biodata KH Fakhruddin, Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

Penutup

Itulah sedikit biodata Johan Gottlieb Gahn seorang penemu unsur mangan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org