Biodata Juan José Elhuyar dan Fausto Elhuyar Penemu Unsur Wolfram

Biodata Juan José Elhuyar dan Fausto Elhuyar Penemu Unsur Wolfram

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Juan José Elhuyar dan Fausto Elhuyar penemu unsur wolfram. Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur wolfram, simak penjelasannya berikut ini.

Wolfram adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang W dan nomor atom 74. Nama unsur ini diambil dari bahasa Latin wolframium dan sering juga disebut tungsten. Logam transisi yang sangat keras dan berwarna kelabu sampai putih ini ditemukan pada mineral seperti wolframit dan schelit.

Wolfram memiliki titik lebur yang lebih tinggi dibandingkan zat non-aloy lainnya. Bentuk murni Wolfram digunakan terutama pada perangkat elektronik. Senyawa dan aloy-nya digunakan secara luas untuk banyak hal, yang paling dikenal adalah sebagai filamen bola lampu, tabung sinar-x, dan superaloy.

Fausto Elhuyar

Wolfram ditemukan oleh dua orang bersaudara, Kimiawan asal Spanyol Juan José Elhuyar Lubize dan Fausto de Elhuyar. Mereka dikenal sebagai penenmu Wolfram karena yang pertama kali mengisolasi tungsten pada tahun 1783.

Fausto de Elhuyar bertanggung jawab, di bawah komisi Raja Spanyol, untuk menyelenggarakan Sekolah Pertambangan Di México City dan karenanya bertanggung jawab membangun permata arsitektur yang dikenal sebagai ” Palacio de Minería “.

Elhuyar meninggalkan Meksiko setelah Perang Kemerdekaan Meksiko, saat sebagian besar penduduk Spanyol di Meksiko diusir. Selama tahun-tahun, Elhuyar menerbitkan banyak artikel dan dokumen tentang mineral, cara untuk mengekstrak dan menyucikannya, dan lain-lain, yang membuatnya terkenal di seluruh Eropa sebagai salah satu pakar terbaik mengenai masalah ini.

Pada tahun 1780, Elhuyar mulai bekerja di Laboratorium Chemicum of Vergara bersama François Chavaneau, yang dengannya dia adalah orang pertama yang memurnikan platinum. Setelah beberapa bulan, Elhuyar adalah orang pertama yang menemukan dan mengisolasi tungsten, yang dengannya dia dikreditkan, bersama dengan saudaranya Juan José, sebagai penemunya.

Baca Juga :  Biodata Yudi Utomo Imardjoko Penemu Kontainer Limbah Nuklir

Carl Wilhelm Scheele adalah orang pertama yang mengumumkan penemuan tungsten Elhúyar, dan untuk beberapa alasan dikreditkan karena telah membuat penemuan itu sendiri.

Elhuyar juga berkolaborasi dengan Joseph-Louis Proust, ahli kimia asal Prancis terkenal untuk melayani raja Charles IV dari Spanyol, yang memimpin Laboratorium Nasional di Segovia.

Penutup

Itulah biodata Juan José Elhuyar dan Fausto Elhuyar penemu unsur wolfram. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Juan_José_Elhuyar
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Fausto_Elhuyar