Cara Kerja Shopee PayLater, Kenali Sebelum Menggunakan!

Cara Kerja Shopee PayLater, Kenali Sebelum Pakai!

Cara Kerja Shopee PayLater, Kenali Sebelum Menggunakan! – Bulan Desember atau akhir tahun sudah menjadi tren tersendiri bagi masyarakat Indoensia untuk berbelanja. Apalagi ditengah maraknya belanja online yang mempermudah siapapun untuk menghabiskan uangnya dan mendapatkan barang-barang yang diidam idamkan. Dan saat ini, para pecinta belanja online semakin di permudah lagi dengan beragam fitur-fitur yang menarik yang diperkenalkan oleh platform toko online. Salah satunya adalah Shopee yang meluncurkan program Shopee PayLater atay SPayLater.

Fitur ini pastinya sudah tidak asing bagi masyrakat yang sering membeli barang secara online. Fitur Shopee PayLater adalah fitur pinjaman atau cicilan yang tersedia di e-commerce Shopee Indonesia. Namun, apakah sobat waca berita sudah paham betul Apa itu Shopee PayLater?. Kali ini waca berita akan membahas tentang Cara Kerja Shopee PayLater agar sobat waca berita paham secara keseluruhan dan tidak salah paham ketika mencoba menggunakan Layanan ini.

Apa itu Shopee PayLater?

Shopee Paylater adalah salah satu fitur yang mirip kartu kredit dan bisa digunakan oleh pengguna Shopee untuk membantu pengguna mendapatkan barang idamannya namun belum memiliki dana yang cukup. Metode pembayaran ini disebut ‘pay later’. Istilah ini jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti ‘bayar kemudian‘. Hal ini berarti, pengguna dapat¬† membayar barang yang diinginkan secara bertahap beberapa bulan ke depan.

Baca Juga :  Dibalik Makna Logo Perusahaan Antam

Layanan Shopee PayLater ini disediakan oleh PT Commerce Finance dan perusahaan jasa keuangan lainnya yang bekerja sama untuk memberikan pinjaman bagi pembeli atau pengguna aplikasi Shopee. Sama seperti aplikasi pinjaman online yang terdaftar resmi, PT Commerce Finance . PT ini juga telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Skema cicilan Shopee PayLater Konsumen yang melakukan pinjaman harus mengembalikan dana yang dipinjam sesuai cicilan dan jangka waktu yang dipilih.

Sebagai pengguna, kamu akan mendapatkan Pilihan cicilan Shopee PayLater yang tersedia di dalam aplikasi, yaitu tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan. Yang perlu diperhatikan adalah Tagihan Shopee PayLater wajib dibayarkan sebelum jatuh tempo. Hal ini dimaksudkan agar kalian tidak dikenai denda keterlambatan. agihan harus lunas dalam beberapa kali angsuran sesuai dengan masa pinjaman yang dipilih sebelumnya. Jatuh tempo atau Batas pembayaran tagihan Shopee PayLater adalah setiap tanggal 5 di bulan berikutnya setelah tagihan muncul.

Kredit, Bunga dan Denda Shopee PayLater

Pada awalnya, Shopee PayLater akan memberikan kredit sebesar Rp 750 ribu untuk pengguna baru. Kredit tersebut bisa digunakan untuk membeli barang dengan cara bayar nanti atau dicicil. Kredit Shopee PayLater yang diberikan oleh Shopee akan terus bertambah sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pengguna.

Sedangkan untuk Bunga Shopee PayLater saat ini adalah 2,95 persen dan biaya penanganan 1 persen (Dok Telkomsel) Sebaliknya, saat pengguna mengalami keterlambatan pembayaran, maka sistem di Shopee Indonesia akan secara otomatis mengurangi jumlah limit pinjaman. Dikutip dari laman resmi Shopee Indonesia, transaksi menggunakan Shopee PayLater akan dikenakan biaya cicilan (suku bunga dan biaya-biaya) minimal 2,95 persen. Selain bunga Shopee PayLater berjalan, pembeli yang menggunaan fitur itu juga dikenakan biaya penanganan sebesar 1 persen per transaksi. Dan ketika terjadi keterlambatan pembayaran, maka kalian akan dikenakan denda sebesar 5 persen.

Cara Kerja Shopee PayLater, Kenali Sebelum Pakai!

Yang perlu diperhatikan adalah jumlah denda ini akan terus bertambah apabila pengguna tidak melunasi cicilannya. Dan juga akan berdampak pada peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK (atau yang dulu kita kenal dengan BI Checking). Dan tentu saja, hal ini akan berpengaruh pada pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain. Dan seperti pinjaman online lainnya, pengguna yang diketahui terlambat melakukan pembayaran dalam jangka waktu tertentu juga dapat mengalami penagihan secara langsung oleh penagih utang alias debt collector. Sehingga kalian harus benar benar bijak dan memikirkan dampak ke depannya sebelum menggunakan fitur ini. Dan alangkah baiknya membaca dengan baik Syarat dan ketentuan berlakunya.

Baca Juga :  Cara Transfer Shopeepay ke Gopay Tanpa Ribet

Hal yang perlu diketahui dari Fitur Shopee PayLater

1. Tidak semua pelanggan shopee bisa memakai Shopee Paylater

Cara kerja shopee paylater yang pertama adalah tidak semua pengguna shopee mendapatkan menu shopeepay later. Biasanya yang sering transaksi di shopee yang bisa mendapatkan layanan ini.

2. Shopee PayLater hanya dapat diaktifkan lewat aplikasi shopee

Pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu Fitur ini sebelum menggunakannya. Dan untuk mengaktifkannya hanya bisa dilakukan melalu aplikasi Shopee. Kamu tidak bisa mengaktfikannya melalui situs resmi maupun Login melalui website.

3. Diperlukan verifikasi Identitas

Kamu membutuhkan dan menyiapkan KTP untuk diverifikasi pada saat mengaktifkan shopee paylater. Syarat ini memang diperlukan untuk mendapatkan limit kredit dari shopee paylater.

4. Limit Shopee PayLater sebesar 750.000

Setelah kamu berhasil mengaktifkan shopee paylater kamu akan langsung mendapatkan limit kredit sebesar 750.000. Limit ini bisa naik sesuai dengan kuantitas kamu transaksi dan reputasi kamu dalam membayar tagihan yang harus dibayarkan.

5. Meskipun tidak ada bunga jika kredit 1 bulan, tetap ada biaya penanganan sebesar 1%

Jika kamu melakukan kredit di shopee dan membayar bulan depannya sebelum tanggal 5, kamu tidak akan dikenakan bunga. Namun, tetap ada biaya penanganan sebesar 1% dari nilai transaksi. Sedangkan jika kamu menggunakan menggunakan cicilan 2 atau 3 bulan, maka kamu akan akan dikenakan bunga 2,95%.

6. Tagihan shopee Paylater

Tagihan akan muncul pada setiap tanggal 25 dan jatuh tempo tanggal 5 bulan berikutnya. Tagihan ini harus kamu bayarkan sebelum tanggal 5 pada bulan berikutnya. Ketika kamu telat membayar tagihan, akan dikenakan denda 5% dari nilai tagihan.

7. Pengembalian dana dikembalikan ke limit kredit shopee paylater

Jika pesanan yang yang bayar memakai shopee paylater dibatalkan atau dikembalikan, uang tersebut akan dikembalikan dalam bentuk limit kredit shopee paylater kamu dan bukan dalam bentuk uang tunai atau Transfer Bank.

Baca Juga :  Perusahaan Sekuritas Terbaik Paling Diminati

Itulah Cara Kerja Shopee PayLater dan beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan salah satu fitur yang ada di e-commercee Shopee. Alangkah baiknya sebelum menggunakannya, kamu harus mengetahui cara dan seluk beluknya sehingga tidak merugikan diri sendiri pada nantinya.