Cara Menanam Bunga Nona Minta Sirih
Cara Menanam Bunga Nona Minta Sirih

Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih, Dijamin Bisa!

Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih Dijamin Bisa! – Sobat Waca Berita apakah pernah dengar tentang Bunga Nona Makan Sirih? Tanaman Nona Makan Sirih atau dalam bahasa ilmiahnya Clerodendrum thomsonae merupakan tanaman berjenis semak perdu yang memiliki cabang rendah. Di Indonesia sendiri tanaman Nona Makan Sirih ditanam menjadi tanaman hias karena dapar tumbuh dengan sangat baik baik di daerah dataran tinggi maupun didaerah dataran rendah. Karena kecantikan dan keindahan dari tanaman ini, banyak orang yang berlomba – lomba untuk membudidayakannya. Banyak orang membudidayakan tanaman Nona Makan Sirih dengan cara ditanam di pot.

Mengenal Bagian bagian Bunga Nona Makan Sirih

Bunga Nona Makan Sirih memiliki nama lain Bleeding Heart Vine, salah satu jenis tanaman hias merambat yang termasuk dalam suku Lamiaceae. Tumbuhan ini merupakan liana lemah yang bisa tumbuh hingga 4 meter dengan bentuk daun oval hingga memanjang dengan ukuran 8-17 cm (mirip dengan daun sirih). Bunganya tersusun sebagai cymosa dengan kuntum sebanyak 8-20, kelopak bunganya berwarna putih atau ungu pucat dengan mahkota bunga berwarna meran berukuran panjang sekitar 2 cm. Bunga dari Nona Makan Sirih mulai berkembang disaat bulan januari hingga desember. Tanaman ini juga terdapat buah yang berukuran kecil dimana setiap buah mempunyai 4 buah biji.

Manfaat Bunga Nona Makan Sirih

Kamu bisa menemukan beberapa manfaat Bunga Nona Makan Sirih ini terutama untuk kesehatan. Tanaman Nona Makan Sirih bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang selaput telinga pada anak-anak, obat sifilis, tifoid, kanker, tekanan darah tinggi hingga penyakit kuning. Selain itu jika memiliki koleksi yang lumayan banyak, bisa bermanfaat untuk penjualan, karena harga bunga nona makan sirih yang ramah di kantong bisa menjangkau para pecinta tanaman hias.

Baca Juga :  Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya

Berikut ini Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih

Ada beberapa cara untuk memperbanyak atau menanam bunga nona makan sirih ini. Setidaknya ada dua cara menanam bunga nona makan sirih yang sering dipakai yaitu dengan stek dan biji. Namun pada umumnya yang digunakan adalah stek karena dianggap lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan biji. Atau kalau mau lebih cepat dan tidak repot, kamu bisa membelinya langsung di toko tanaman.

Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih dengan Stek

1. Pertama, pilih batang tanaman yang sehat dan segar. Lalu potong batang sepanjang 2 hingga 3 jengkal.

2. Sebaiknya, ujung batang tanaman dicelupkan ke zat perangsang akar. Lalu tanam ke media yag berisi pasir dan siram dengan air.

3. Akar tanaman bunga nona makan sirih akan tumbuh setelah 2-3 minggu sejak penanaman. Setelah itu, pindahkan tanaman ke pot yang telah dicampur dengan pupuk kkamung. Pemindahan tersebut harus hati-hati tidak melukai akar tanaman. Jika sudah letakkan di lokasi yang terang dan terkena sinar matahari penuh.

Cara Tanam Bunga Nona Makan Sirih dengan Biji

Pilih buah yang telah matang, lalu kupas kulitnya. Setelah itu semai biji ke media tanam berupa pasir. Biji benih nona makan sirih membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk berkecambah. Jika bibit telah memiliki beberapa helai daun maka bibit siap dipindah tanamankan. bibit dipindah tanamkan ke pot yang berukuran lebih besar dengan media tanam telah dicampur dengan pupuk kkamung sebelumnya.

Maksimalkan Rawat Setelah Paham Cara Menanam Bunga Nona Minta Sirih

Lakukan perawatan berupa penyiraman secara teratur agar media tanam tetap terjaga tapi jangan sampai tergenang. Selain itu Lakukan pula pemangkasan agar tanaman lebih rapi dan daun serta bunga tumbuh lebioh sehat. Lakukan pula pemberian pupuk organik cair setiap dua minggu sekali.

Baca Juga :  Biodata Johannes Kepler Penemu Hukum Perputaran Planet

Penutup

Demikian informasi tentang cara menanam bunga nona makan sirih, semoga bermanfaat ya, Sob!