manfaat vertikultur
manfaat vertikultur

6 Manfaat Vertikultur, Kamu Perlu Tahu Nih!

6 Manfaat Vertikultur, Kamu Perlu Tahu Nih! – Teknik vertikultur merupakan salah satu metode dalam memaksimalkan budidaya tanaman pada lahan yang terbatas, terutama di perkotaan.

Teknik vertikultur ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1944 di Eropa. Teknik ini sudah banyak digunakan oleh para petani di Indonesia, dan terbukti mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas tanaman yang sedang dibudidayakan.

Ada beragam jenis vertikultur yang sudah lazim digunakan di Indonesia, kamu bisa mempelajarinya pada artikel tentang jenis-jenis vertikultur.

Nah, selain itu kamu juga perlu tahu nih, beberapa manfaat atau kegunaan lain teknik vertikultur selain yang Waca Berita jelaskan di atas.

Manfaat Vertikultur oleh Pakar

Menurut Sutarminingsih (2003), pengembangan dan penerapan vertikultur dimasyarakat, khususnya masyarakat area perkotaan, memiliki fungsi dan beberapa manfaat seperti berikut:

Menambah Keindahan Kota

Teknik vertikultur dapat mewujudkan keselarasan, kesejukan, dan keindahan wilayah kota yang dominan dengan berbagai bangunan dan fasilitas umum serta padat pemukiman penduduk. Sehingga adanya vertikultur dapat meningkatkan nilai estetika daerah perkotaan.

Konservasi Tanah

Manfaat berikutnya adalah mengkonservasi sumber daya alam berupa tanah, yang dapat dilakukan dengan mengelola dan menggunakannya secara tepat dan bijak. Sehingga tanah yang ketersediaannya minimal dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kegunaan yang berkelanjutan.

Manfaat Vertikultur Berkaitan dengan Konservasi Air

Selain itu, vertikultur juga bermanfaat dalam mengkonservasi sumber daya alam berupa air. Tanaman yang ditanam secara vertikultur akan lebih terkontrol secara optimal pasokan air yang dibutuhkan, karena air yang diberikan akan terserap seluruhnya oleh tanaman sampai mencapai kapasitas titik jenuh didalam wadah penanaman. Sehingga lebih hemat penggunaan air.

Baca Juga :  Menanam Cabe di Polybag di Halaman Rumah

Mempengaruhi Iklim Sekitar

Vertikultur ternyata juga dapat mempengaruhi dan merombak secara mikro terhadap iklim di wilayah perkotaan, karena jumlah tanaman yang bertambah maka meningkatkan pasokan oksigen yang memberikan dampak peningkatan kesejukan wilayah tersebut.

Memaksimalkan Pemanfaatan Sampah

Dengan adanya vertikultur, masyarakat bisa memaksimalkan pemanfaatan sampah baik organik maupun non-organik karena digunakan sebagai bahan vertikultur. Sampah organik dapat digunakan sebagai media dan pupuk tanaman, sedangkan sampah non-organik dapat digunakan sebagai wadah penanaman.

Manfaat Vertikultur: Mengurangi Pengeluaran

Teknik vertikultur berikutnya adalah membantu mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari pada tingkat rumah tangga, sekaligus dapat memberikan peluang sebagai penghasilan tambahan untuk keluarga.

Menjaga Ketersediaan Bahan Pangan

Teknik Vertikultur juga sangat berpengaruh pada ketersediaan kebutuhan pangan seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan lain-lain di wilayah perkotaan, yang umumnya bergantung dengan pasokan dari pedesaan. Sehingga dapat menciptakan kemandirian pangan secara mikro dan meningkatkan keterampilan masyarakat perkotaan.

Penutup: Manfaat Vertikultur

Demikian Sobat informasi tentang 6 Manfaat Teknik Vertikultur, jika kamu tertarik untuk memulai budidaya tanaman menggunakan teknik vertikultur, semoga artikel dari Waca Berita bisa kamu manfaatkan ya, tetap semangat!