Ikan Salem yang Lezat Kaya Manfaat
Resep Ikan Salem Bumbu Sarden yang Lezat Kaya Manfaat

Ikan Salem yang Lezat Kaya Manfaat

Ikan Salem Lezat Kaya Manfaat – Ikan salem atau sering disebut ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Pastinya manfaat ikan ini bagi kesehatan tak perlu diragukan lagi. Hal inilah yang menjadikan masyarakat tidak ragu mengkonsumsi salem dalam menu harian. Selain itu nilai kontaminasi salem dari merkuri juga tergolong rendah sehingga Sobat tak perlu takut untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Dibalik rasanya yang lezat, ikan salem menawarkan banyak manfaat dahsyat yang wajib kamu ketahui.

Ikan Salem Kaya Manfaat

Sebelum mempelajari menu masakan salem yang terkenal kelezatannya, sobat perlu mengetahui bahwa salem juga memiliki banyak manfaat. Untuk menambah wawasan Sobat seputar salem maka berikut akan dijelaskan manfaat dahysat ikan salem yang perlu kamu ketahui.

Menurunkan Depresi

Salem mengandung triptofan yang merupakan pendahulu dari serotonin. Dimana kandungan tersebut bagus untuk mengelola depresi. Kandungan vitamin D dalam salem memang sangat tinggi sehingga bisa membantu memperbaiki suasana hati dan menjaga kamu dari degenarasi makula.

Aman Bagi Penderita Diabetes

Salem mengandung protein yang tinggi dan asam lemak omega 3. Selain itu ikan ini juga mengandung nol karbohidrat sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes.

Kaya Akan Kalsium

Mengkonsumsi salem memang sangat dianjurkan karena ikan ini dapat meningkatkan kesehatan tulang. Dimana salam satu porsi salem terdapat kandungan vitamin D yang bisa mencukupi kebutuhan tubuh dalam sehari. Selain itu salem juga mengandung vitamin B12, niacin, maupun selenium. Salem juga menjadi sumber B6 maupun magnesium. Kandungan kalsium dalam salem memang tak perlu diragukan lagi sehingga ikan ini sangat bagus bagi kesehatan.

Baca Juga :  Biodata Lars Fredrik Nilson Penemu Skandium

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega 3 pada salem dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung maupun peradangan. Omega 3 dalam salem bisa mencegah terjadinya pembekuan darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke.

Ikan Salem Mengurangi Risiko Alzheimer

Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada salem bisa membantu mengurangi masalah kognitif misalnya penyakit alzheimer maupun penyakit kognitif yang disebabkan oleh usia.

Bagus untuk Bayi

Saat bayi sudah beralih dari ASI ke makanan padat maka bayi membutuhkan nutrisi tambahan salah satunya bisa dipenuhi dari salem. Kandungan asam lemak omega 3 dari salem bisa membantu memaksimalkan perkembangan saraf, otak maupun mata.

Resep Ikan Salem Bumbu Sarden Lezat

Ikan salem dapat dikreasikan menjadi berbagai menu yang istimewa. Salah satunya adalah salem bumbu sarden. Selain praktis dan mudah membuatnya, cita rasa yang dihadirkan juga lezat istimewa, hampir mirip dengan sarden kemasan. Hanya saja karena sobat bisa membuat sendiri, jadi bisa menjadi alternatif agar tidak terlalu sering mengonsumsi sarden kalengan ya, Sob. Berikut resep dan cara memasak ikan salem bumbu sarden.

Bahan Utama:

  • Ikan salem, cuci bersih dan buang kepalanya – 1 kg
  • Jeruk nipis, ambil air perasannya – 1 buah
  • Bawang putih, cincang – 4 siung
  • Bawang bombay, belah jadi 4 – 1 buah
  • Jahe, memarkan – 2 cm
  • Bawang merah iris, goreng – 2 sdm
  • Bawang putih iris, goreng – 1 sdm
  • Saus tomat – 4 sdm
  • Saus sambal – 2 sdm
  • Garam – 1,5 sdm
  • Gula merah sisir – 1 sdt
  • Minyak, untuk menumis – 4 sdm

Bahan Halus:

  • Tomat, rebus – 500 gram
  • Cabai merah besar, buang biji lalu rebus – 6 buah

Langkah Memasak Salem Bumbu Sarden:

  1. Lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe hingga harum.
  3. Tuang bahan halus. Aduk rata.
  4. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih goreng, saus tomat, serta saus sambal. Aduk rata.
  5. Bumbui dengan garam dan gula merah. Aduk rata dan masak hingga harum serta matang. Matikan api.
  6. Tata ikan salem dalam wadah aluminium atau panci kecil. Tuang saus di atas dan ratakan.
  7. Masukkan wadah/panci ikan ke dalam panci presto yang sudah diisi air sebanyak ½ tinggi panci. Masak selama 1 jam hingga ikan empuk sampai ke tulang-tulangnya. Angkat.
  8. Siap disajikan.
Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Kamis 18 Agustus 2022

Tips tambahan:

1. Jika ingin lebih pedas, kamu bisa menggunakan cabai merah keriting dengan takaran sesuai selera.
2. Untuk variasi, kamu bisa menyajikan ikan dengan cara digoreng dan terpisah dengan sausnya.

Ikan Salem Lezat Kaya Manfaat

Demikianlah penjelasan mengenai ikan salem lezat kaya manfaat. Semoga kamu bisa mendapatkan manfaat dahsyat salem sebagai menu yang sehat untuk keluarga. Pastinya berbagai manfaat di atas bisa kamu peroleh dengan rutin mengkonsumsi salem dengan berbagai sajian olahan masakan istimewa sesuai selera seperti salem bumbu sarden di atas ya Sob. Semoga bermanfaat.

Pencarian Populer : https://wacaberita com/ikan-salem/kasiat ikan salem