Jawaban Matematika Halaman 235 Kelas 7

Jawaban Matematika Halaman 235 Kelas 7 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Matematika SMP tentang “Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data” Muatan Pelajaran Matematika kelas VII BAB VII. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik-adik semuanya siswa kelas VII dapat memahami dan mengerti tentang Menggunakan Data.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas VII, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Matematika Halaman 235 Kelas 7

Soal

2. Berdasarkan Tabel 1 di halaman 234 dan Contoh 1, selidiki apakah data Yuni 10, 7 cm termasuk panjang atau pendek dibandingkan median. Bandingkan hasilnya dengan jawaban di Soal 1 pada halaman 234. Diskusikan hasil temuanmu tersebut.

Jawaban

Karena median 10,5 cm, rekor Yuni 10,7 cm lebih panjang dari median.
(Contoh hal yang disadari)
– Rekor Yuni lebih pendek dari rata-rata, tetapi lebih panjang dari median.
– Kesimpulan yang berbeda dapat diambil tergantung pada nilai perwakilan (representatif) yang digunakan untuk menentukan apakah catatan Yui lebih panjang atau lebih pendek di kelas

Baca Juga :  Kunci Ayo Duga Aktivitas 7.6 halaman 211 Migrasi ke Bumi Baru? IPA SMP Kelas 7

3. Jika terdapat 63 nilai data, di manakah letak median jika data terurut berdasarkan besarnya?

Jawaban

Nilai ke-32

4. Ada 10 Sekolah Menengah Pertama di suatu kota. Banyaknya kelas di masing[1]masing sekolah ditunjukkan di bawah ini. Hitunglah rata-rata, median, dan modusnya.
6, 12, 9, 7, 6, 18, 4, 9, 6, 12

Jawaban

Karena jumlah data adalah 89, maka nilai rata[1]rata adalah 8,9 dari 89/10 = 8,9.
Jika data disortir dalam urutan menaik, 4, 6, 6, 6, 7, 9, 9, 12, 12, 18 Karena nilai ke-5 adalah 7 dan nilai ke-6 adalah 9, mediannya adalah 8 dari (7 + 9) ÷ 2 = 8. Nilai yang banyak muncul adalah 6. Oleh karena itu, modusnya adalah 6.

Penjelasan

Banyak siswa berpikir bahwa mean dan median selalu sama, tetapi ini adalah masalah untuk disadari bahwa keduanya tidak selalu cocok. Perlu diketahui bahwa perlu dipertimbangkan mana yang layak digunakan, berdasarkan tujuan penggunaan dan karakteristik data.

Median

Jika data disusun berdasarkan urutan ukurannya, nilai median yang terletak di tengah adalah nilai ke n + 1 : 2 bila jumlah n adalah ganjil. Sebaliknya, jika n adalah bilangan genap, maka median menjadi nilai rata-rata dari nilai ke n/2 dan n/2 + 1.

Ketika mempertimbangkan nilai represen[1]tatif dari keseluruhan data, nilai rata-rata mudah dipengaruhi oleh pencilan, tetapi nilai median tidak mudah dipengaruhi oleh pencilan. Ini karena tidak peduli seberapa besar nilai tepi, median tidak berubah selama urutannya tidak berubah. Oleh karena itu, jika terdapat pencilan, mungkin lebih baik menggunakan nilai median sebagai nilai representatif daripada nilai rata[1]rata.

Modus

Seperti median, modus tidak terlalu terpengaruh oleh pencilan. Disini nilai yang paling sering muncul adalah modus.

Baca Juga :  Jawaban Peristiwa pada Masa Pemerintahan Kolonial Inggris

Jika ada beberapa nilai yang paling sering muncul, semuanya ditetapkan sebagai modus. Selain itu, dalam situasi aktual, seperti yang dipelajari pada halaman 238, nilai kelas dari kelas dengan frekuensi tertinggi dalam tabel distribusi frekuensi sering kali ditetapkan sebagai nilai modus.

Penutup

Itulah pembahasan tentang Jawaban Matematika Halaman 235 Kelas 7, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 271 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 267 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 266 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 268-269 Kelas 7
Jawaban Matematika Halaman 234 Kelas 7