Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7

Table of Contents

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 – Hai sob, Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan
permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Kali ini waca berita akan membahas Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 7 sub tema 3 pembelajaran 1

Ayo Berdiskusi

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 150

Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Amatilah gambar-gambar di atas!

Gambar-gambar tersebut merupakan peristiwa atau kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mengisi kemerdekaan. Ceritakanlah kegiatan apa sajakah itu.

jawaban

Gambar 1

Menunjukkan kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Kegiatan berupa kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Gambar 2

Menunjukkan kegiatan memajukan kesejahteraan umum yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Kegiatan berupa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah/swasta yang didukung oleh seluruh rakyat Indonesia.

Gambar 3

Menunjukkan kegiatan olahraga yang mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional. Merupakan salah satu kegiatan positif yang merupakan nilai cinta tanah air dan bangsa, dan merupakan perwujudan dari kegiatan mengisi kemerdekaan.

Gambar 4

Menunjukkan pagelaran wayang kulit. Merupakan salah satu kegiatan positif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara menjaga dan melestarikan serta membudayakan kesenian-kesenian asli Indonesia.

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 151

Banyak peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan kita. Ada peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dan patut dirayakan bersama orang lain. Untuk itu, diperlukan sebuah surat undangan untuk merayakannya bersama orang lain. Hari menjelang sore. Ayah Beni mengajak Beni pulang dari kebun cengkih Pak Rudi. Ayah Beni akan menghadiri undangan pertemuan warga. Pertemuan warga tersebut sangat penting karena akan membahas pembangunan jalan dusun.

Baca Juga :  Hormon Penguat Buah Jambu Air

Ayah : “Beni, ayo, kita pamit pulang ke Pak Rudi.”
Beni : “Kenapa kita harus buru-buru pulang, Yah? Beni masih betah di sini.”
Ayah : “Ayah ada undangan ke pertemuan warga. Ini surat undangannya.”
Beni : ”Baik, Ayah. Nanti Ayah harus jelaskan tentang surat undangan, ya!”

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 152

Perhatikanlah contoh surat undangan berikut ini.

Tahukah Kamu?

Surat Undangan

Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya.

Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Undangan resmi

Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.

  1. Undangan setengah resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.

  1. Undangan tidak resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 153

Ayo Mengamati

Perhatikan kembali surat undangan yang diterima ayah Beni. Menurutmu, termasuk jenis surat undangan yang manakah surat tersebut? Jelaskan.

Jawaban

Ayah Beni menerima sebuah surat. Jenis surat yang diterima ayah Beni adalah surat undangan resmi

Alasan

Surat undnagan yang diterima ayah Beni mengatasnamakan sebuah instansi. Instansi tersebut yaitu Pemerintah Daerah Dusun Mentari.

Kamu telah mengatahui jenis-jenis surat. Setiap jenis surat memuat bagianbagian surat. Secara umum, inilah gambaran bagian-bagian yang ada dalam suatu surat.

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 154

Pernahkah kamu melihat surat undangan yang diterima ayah atau ibumu? Dapatkah kamu menentukan bagian-bagian di dalamnya?

Perhatikan beberapa contoh surat undangan berikut, lalu lakukanlah petunjuk kegiatannya.

  1. Tandai dengan warna merah untuk contoh undangan resmi.
  2. Tandai dengan warna kuning untuk contoh undangan setengah resmi.
  3. Tandai dengan warna biru untuk contoh tidak undangan resmi.

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 155

Ayo Berdiskusi

Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini!

Jawaban

Jenis undangan Persamaan Perbedaan

Persamaan :

Persamaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi yaitu sama-sama berisi tentang pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan

Perbedaan :

Undangan resmi : Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan

Undangan setengah resmi : Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.

Undangan tidak resmi : Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran

Ayo Mencoba

Undangan yang diterima ayah Beni terbuat dari kertas. Kertas merupakan benda yang mudah terbakar. Tahukah kamu bahwa pada peristiwa pembakaran, terjadi perubahan bentuk benda karena kalor, tetapi tidak mengubah wujud benda? Kertas yang merupakan benda padat dibakar dengan api (panas) dan berubah menjadi abu yang juga masih benda padat, hanya berubah bentuknya.

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita. Salah satu perubahan wujud yang mungkin tidak kamu sadari adalah penyubliman. Pernahkah kamu mengamati kapur barus yang diletakkan ibu di dalam lemari untuk melindungi pakaian dari ngengat? Kapur barus di lemari pakaianmu dalam beberapa hari akan mengecil dan menghilang dari lemari pakaianmu. Apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa kapur barus itu seperti menghilang dari lemari?

Baca Juga :  Yuk, Bikin Kandang Marmut dari Bambu!

Kapur barus merupakan benda padat, yang dalam waktu tertentu berubah wujud menjadi gas. Kapur barus mengalami penyubliman. Menyublim adalah peristiwa berubahnya wujud benda dari padat ke gas. Dapatkah kamu menemukan contoh penyubliman lain di dalam kehidupan sehari-hari?

Untuk menunjukkan proses penyubliman, lakukan percobaan berikut.

PERCOBAAN
Mengamati perubahan wujud benda

Alat dan Bahan

  • 4 buah batu bata untuk membuat tungku sederhana
  • 1 buah lilin
  • 1 buah kaleng bekas susu
  • 5 butir kapur barus ukuran kecil
  • 1/5 bagian kaleng pasir kering
  • Piring aluminium
  • Es batu

Cara Kerja

  1. Tumpuk batu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.
  2. Letakkan lilin di tengah tungku, lalu nyalakan lilin.
  3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, lalu masukkan kapur barus.
  4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.
  5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, lalu letakkan beberapa butir es batu.
  6. Diamkan selama sepuluh menit.

Pengamatan

Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus setelah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring. Setelah melakukan pengamatan pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?

Kesimpulanku:

Jawaban

Pada percobaan kapur barus tersebut, terjadi peristiwa menyublim. Menyublim merupakan peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Kapur barus yang dipanaskan mengalami proses menyublim.

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 157

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari. Perubahan wujud benda merupakan satu perubahan alami karena fenomena alam yang terjadi di sekeliling kita. Dalam kehidupan bermasyarakat, perubahan juga terjadi. Perubahan itu dapat berupa perubahan fisik maupun perubahan perilaku masyarakat. Perubahan secara fisik merupakan perubahan yang dapat dengan mudah dilihat, misalnya perubahan kenampakan suatu wilayah karena pembangunan gedung-gedung prasarana, dan juga jalan-jalan.

Usaha dan kegiatan pembangunan di negara kita sudah dilakukan sejak negara merdeka oleh pemerintah hingga sekarang. Pembangunan nasional Indonesia merupakan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Artinya, pembangunan semua aspek dan bidang kehidupan, tidak hanya pembangunan fisik, tetapi juga manusia Indonesia seutuhnya.

Pembangunan tidak dapat dilakukan jika kita belum merdeka dan berdaulat sebagai sebuah negara dan bangsa yang diakui dunia. Oleh karena kita sudah merdeka, ada banyak kegiatan pembangunan yang perlu dilakukan untuk mengisi kemerdekaan ini.

Bacalah artikel berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca

Kegiatan Mengisi Kemerdekaan
Negara Indonesia

Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia didapatkan dengan cara yang tidak mudah dan tidak murah. Bertahun-tahun para pemimpin bangsa ini berupaya dengan berbagai macam cara untuk melepaskan diri dari penjajahan bangsa lain. Ribuan nyawa manusia juga telah melayang dalam upaya ini.

Kini, Indonesia telah merdeka dan berdaulat. Namun, banyak hal yang harus dilakukan untuk mengisinya dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia yang seutuhnya seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini. Generasi penerus bangsa harus mengupayakan agar pembangunan manusia seutuhnya ini dapat dilakukan terus-menerus dengan berbagai cara.

Cara-cara yang dapat dilakukan antara lain adalah mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Hal ini dapat dimulai dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar negara dan mengenal budaya bangsa sendiri. Rasa cinta tanah air dan bangsa dapat dipupuk dan dilakukan dengan kegiatan-kegiatan sederhana, seperti mengunjungi berbagai daerah di Indonesia dan mengenal cara hidup dan nilai-nilai masyarakatnya.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas

Selain itu, kemerdekaan harus diisi dengan membangun kualitas manusia Indonesia. Para pemuda hendaknya dapat menggunakan masa kemerdekaan bangsa dengan menuntut ilmu setinggi-tingginya dan berkarya untuk membangun negara sendiri. Berbagai ilmu dan teknologi hendaknya dikuasai untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara dan untuk menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata baku dan tidak baku. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi dengan teman lainnya.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus

  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya pembangunan.
  2. Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  1. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pe”.
  1. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pem”. Kata tebal akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.

Kosakata pada Bacaan

Kosakata Baku : Merdeka
Arti Kata : Terbebas dari penjajah

Kosakata Baku : Sejahtera
Arti Kata : Aman Sentosa dan Makmur

Kosakata Baku: Generasi
Arti Kata : Angkatan atau turunan

Kosakata Baku : Teknologi
Arti Kata : Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis

Kosakata Baku : Kualitas
Arti Kata : Tingkat baik buruknya sesuatu

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 159

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, kemukakan pendapatmu tentang sumbangsih atau kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan RI! Tuliskanlah pendapatmu pada peta pikiran di bawah ini. Lalu, diskusikanlah pendapatmu di dalam kelompok kecil.

Kegiatan untuk mengisi kemerdekaan

Jawaban

Asal Daerah : Jawa Tengah
Belajar dengan Tekun

Asal Daerah : Jawa Barat
Saling menghormati dan menghargai

Asal Daerah : Jawa Timur
Mendukung perkembangan produk dalam negeri

Asal Daerah : DKI Jakarta
Mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia

Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari hasil diskusi dengan teman temanmu?

Kesimpulanku:

Jawaban

Kita dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki serta dengan cara kita masing-masing.

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 160

Ayo Mengamati

Amati gambar-gambar berikut yang menunjukkan kegiatan pembangunan! Pembangunan sarana dan prasarana di berbagai bidang berikut dilakukan untuk menunjang kegiatan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan manusia guna mencapai kesejahteraan. Pembangunan Jalan Pembangunan Jembatan Pembangunan Pasar Pembangunan Sekolah Pembangunan Tempat Ibadah

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 161

Ayo Berlatih

Pernahkah kamu melihat kegiatan pembangunan yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu rasakan? Bagaimana masyarakat sekitarmu menanggapi pembangunan tersebut? Di masyarakat, terdapat kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan nasional. Ada juga, kegiatan yang tidak mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik. Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.

  • Faktor pendukung pembangunan nasional.
  • Faktor penghambat pembangunan nasional.

Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

  1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.
  2. Diskusi: bisa dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.
  3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti guru atau sejarawan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawaban

Faktor penghambat pembangunan nasional yaitu:

– Tingkat pendidikan rendah
– Kurangnya modal ekonomi, manusia, maupun teknologi
– Kesenjangan sosial
– Produktivitas yang rendah
– Munculnya peristiwa yang mengguncang stabilitas dan keamanan negara.

Presentasikan hasil pencarianmu bersama teman sekelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan tersebut di tempat yang disediakan di bawah ini.

Jawaban

Pembangunan nasional merupakan faktor penting bagi kemajuan bangsa. Pembangunan nasional dapat dilakukan pada banyak sektor, seperti pendidikan, infrastruktur, manusia, dan ekonomi. Semakin baik kualitas pendidikan suatu bangsa, maka semakin baik pula pembangunan nasionalnya

Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 162

Kesimpulan

Undangan adalah surat ajakan dari seseorang untuk menghadiri suatu acara. Jadi, kehadiran orang-orang yang mendapat undangan sangatlah diharapkan oleh pihak yang mengundang.

Apa yang kamu lakukan seandainya kamu mendapat undangan? Kamu abaikan isi undangan tersebut ataukah kamu baca isi undangan tersebut? Kamu akan datang tepat waktu sesuai waktu yang dicantumkan dalam undangan, terlambat, ataukah justru tidak datang?

Jawaban

Ketika saya mendapatkan undangan, saya akan membaca isi di dalamnya dengan cermat, lalu sebisa mungkin saya akan menghadiri undangan tersebut sebagai bentuk menghargai kepada pengundang.

Demikianlah Pembahasan Mengenai Jenis Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1. Semoga bermanfaat

Mintalah bantuan kepada orang tuamu atau dengan anggota keluarga lain yang sudah dewasa. Lakukan percobaan untuk membuktikan peristiwa menyublim. Tentukan sendiri jenis percobaannya dan laporkan hasilnya.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski