Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 176 Mengapa kalian memiliki kebutuhan

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 176 Mengapa kalian memiliki kebutuhan. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Kebutuhan Manusia

Kebutuhan Manusia Menurut Kepentingan/intensitas Kegunaan:

  • Kebutuhan primer : Kebutuhan paling mendasar dan harus dipenuhi oleh manusia.
  • Kebutuhan sekunder : Kebutuhan berupa penunjang hidup. Kebutuhan ini bisa ditunda pemenuhannya setelah kebutuhan primer dipenuhi.
  • Kebutuhan tersier : Kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau meningkatkan harga diri, prestise atau gengsi. Biasanya digolongkan menjadi sebuah kebutuhan mewah.

Kebutuhan tergantung pada siapa yang memiliki kebutuhan tersebut. Contohnya kamera akan menjadi sebuah kebutuhan primer untuk seorang fotografer. Namun untuk orang lain, bisa jadi menjadi kebutuhan sekunder atau tersier.

Maka dari itu, tahukah kalian, mengetahui kebutuhan pribadi dan menggolongkannya ke dalam tiga kelompok kebutuhan itu cukup penting loh untuk dilakukan. Tujuannya agar kita mengetahui mana kebutuhan yang harus didahulukan kemudian memisahkan antara kebutuhan utama, sampingan, atau hanya sekedar keinginan.

Mari Refleksikan

1. Mengapa kalian memiliki kebutuhan?

Jawaban : Karena ada yang harus dipenuhi. Sebab setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan dan kebetuhan tersebut berbeda-beda.

2. Apakah kebutuhan hidup kalian sama dengan kebutuhan hidup teman kalian/orang lain?

Jawaban : Bervariasi, namun setiap orang memiliki beberapa kebutuhan serupa seperti sandang, pangan, papan. Namun ada juga yang memiliki kebutuhan yang berbeda.

3. Apa hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak?

Jawaban : Hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak adalah kegunaan dan manfaatnya

4. Apakah kalian dapat memaksakan kebutuhan kalian kepada orang lain? Mengapa?

Jawaban : Jawaban bisa ditekankan pada setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan kemampuan yang juga berbeda untuk memenuhinya.

5. Mana yang lebih utama kebutuhan atau keinginan?

Jawaban : Kebutuhan merupakan segala hal (barang dan jasa) yang harus dipenuhi agar melengkapi kehidupan manusia. Sementara keinginan adalah hasrat, kehendak, dan harapan terhadap barang dan jasa.

Namun, terkadang kita berlebih dalam memenuhi keinginan, sehingga lupa akan kebutuhan. Kita perlu mengetahui perbedaan keduanya. Setelah itu kita akan tahu bahwa kebutuhan jauh lebih penting daripada keinginan.

6. Menurut kalian bagaimana caranya menentukan urutan kebutuhan dari masing-masing orang?

Jawaban :  Tentukan urutan prioritasnya. Penuhi atau laksanakan sesuai dengan urutan prioritasnya.

Belajar Lebih Lanjut

Membuat daftar prioritas dapat membantu kalian menentukan banyak hal. Mana kebutuhan yang harus didahulukan/dikerjakan dan mana kebutuhan yang harus ditunda atau bahkan dihilangkan. Ini akan membantu kalian untuk memilih kebutuhan yang tepat.

Baca Juga :  Jawaban BAB 4 Ulasan Matematika Halaman 281 Kelas 7

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 176 Mengapa kalian memiliki kebutuhan. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.