Manfaat Alpukat, Superfood Yang Kaya Nutrisi

manfaat alpukat

Manfaat Alpukat, Superfood Dengan Segudang Nutrisi – Sobat Waca Berita, pernah dengar istilah superfood? Superfood merupakan istilah untuk makanan yang memberikan nutrisi dan antioksidan dalam jumlah yang tinggi dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu makanan berupa buah yang dikatakan sebagai superfood adalah alpukat.

Belakangan ini, alpukat telah menjadi makanan yang sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan. Alpukat sering disebut sebagai makanan super karena kandungan nutrisinya dan banyaknya khasiat pada buah tersebut.

Ada banyak jenis alpukat yang bentuk dan warnanya bervariasi. Dari yang berbentuk buah pir hingga bulat, dan hijau hingga hitam. Nah, sebelum kita membahas manfaatnya lebih mendalam, simak dulu beberapa fakta menarik alpukat:

Menurut Rekor Dunia Guinness, alpukat terberat yang pernah ada memiliki berat hingga 2,5 kilogram (kg).
Roti panggang dengan alpukat sangat terkenal di tahun 2017, sampai-sampai tercatat ada lebih dari 3 juta foto roti panggang alpukat yang diunggah ke Instagram setiap hari.
Alpukat tidak dapat matang di atas pohon. Alpukat hanya bisa matang setelah dipanen dan didiamkan di suhu ruangan.
Trik untuk mematangkan alpukat dengan cepat adalah dengan memasukkannya ke dalam kantong kertas berwarna cokelat dengan pisang. Pisang melepaskan gas etilen, hormon tumbuhan alami yang membantu pematangan buah.
Kamu dapat memberikan buah alpukat kepada anjing dan kucing, namun jangan sampai lupa untuk mengupas kulitnya. Karena kulit alpukat beracun bagi mereka.

Baca Juga :  Biodata Wikana, Tokoh Kemerdekaan Indonesia

Kandungan Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Walaupun alpukat termasuk buah dengan kalori dan lemak yang tinggi, namun jangan khawatir karena lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak sehat. Alpukat juga termasuk buah dengan kandungan gula sangat sedikit, yaitu sekitar 0,6 g (gram) per 100 g.

Berikut ini kandungan dalam setiap 100 g alpukat:

  • Kalori: 160 kalori
  • Protein: 2 g
  • Lemak Sehat: 15 g
  • Karbohidrat: 2 g
  • Serat: 9 g
  • Vitamin K: 26% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Folat: 20% dari AKG
  • Vitamin C: 17% dari AKG
  • Kalium: 14% dari AKG
  • Vitamin B5: 14% dari AKG
  • Vitamin B6: 13% dari AKG
  • Vitamin E: 10% dari AKG
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Magnesium
  • Mangan
  • Fosfor

Segudang Manfaat Alpukat

Berkat kandungan nutrisi tersebut, alpukat memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan mulai dari membantu menurunkan berat badan, melindungi tubuh dari penyakit kronis, hingga menjaga kesehatan jantung. Ini dia manfaat lain dari alpukat:

Membantu Menurunkan Berat Badan

Alpukat mampu membantu kamu untuk kenyang lebih lama sehingga kalori yang kamu konsumsi perharinya juga akan lebih rendah.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat dengan makanan memiliki keinginan lebih rendah untuk makan selama 5 jam berikutnya, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah ini.

Alpukat juga kaya serat dan sangat rendah karbohidrat, yang juga menjadi peran penting dalam membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Alpukat Dapat Membantu Mencegah Kanker

Terdapat bukti penelitian bahwa alpukat mungkin bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa buah alpukat dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit.

Ekstrak alpukat juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Menurunkan Risiko Depresi

Alpukat mengandung folat tingkat tinggi yang dapat membantu mengurangi risiko depresi karena folat membantu mencegah penumpukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak.

Baca Juga :  Ragam Twibbon Seungkwan Day di Tahun 2022

Kelebihan homosistein juga dapat mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Baik untuk Kesehatan Mata

Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu meningkatkan penglihatan. Alpukat mengandung beta-karoten dan antioksidan yang bermanfaat untuk mata.

Buah alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini membantu menjaga penglihatan dan meminimalkan kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Kandungan vitamin A yang tinggi, juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang berkembang seiring bertambahnya usia.

Manfaat Alpukat Dapat Memperbaiki Pencernaan

Meskipun teksturnya lembut, alpukat sebenarnya kaya akan serat dengan kandungan sekitar 6-7 gram per setengah buah.

Mengonsumsi makanan dengan serat alami dapat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Manfaat Alpukat Dapat Melindungi dari Penyakit Kronis

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit gastrointestinal tertentu secara signifikan.

Asupan serat yang tinggi juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan bagi penderita obesitas.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Alpukat juga kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Makan alpukat secara rutin juga bisa mengatur kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL), serta trigliserida darah.

Manfaat Alpukat Bisa Mencegah Osteoporosis

Setengah dari buah alpukat mengandung sekitar 25 persen dari asupan vitamin K harian yang direkomendasikan.

Nutrisi ini sering diabaikan, tetapi penting untuk kesehatan tulang.

Mengonsumsi makanan dengan vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mencegah osteoporosis.

Sumber Nutrisi yang Baik untuk Bayi dan Ibu Hamil

Alpukat adalah sumber folat yang baik. Memakan alpukat bagi wanita hamil sangat baik karena alpukat mengandung folat yang dapat membantu perkembangan janin yang sehat.

Baca Juga :  Biodata William Robert Grove Penemu Fuel Cell

Asupan folat yang memadai juga bisa mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf atau cacat lahir.

Manfaat Alpukat Sebagai Detoksifikasi Alami

Konsumsi serat yang cukup meningkatkan pergerakan usus secara teratur, yang sangat penting untuk pengeluaran racun harian melalui empedu dan tinja.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa serat makanan juga dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan dan peradangan.

Membuat Tubuh Lebih Sehat

Survei terhadap 17.567 peserta menunjukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi alpukat ternyata jauh lebih sehat daripada orang yang tidak makan buah ini.

Orang yang mengonsumsi alpukat secara teratur memiliki asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi, memiliki berat badan lebih rendah, memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah, dan lemak perut yang jauh lebih sedikit.

Cara Konsumsi Alpukat

Salah satu cara terbaik menikmati alpukat adalah dengan memakannya sendiri. Potong alpukat matang menjadi dua dan tambahkan topping sesuai selera kamu. Jika kamu suka manis, kamu bisa tambahkan taburan gula kelapa atau gula aren.

Jika kamu lebih suka asin, peras jus lemon dan tambahkan bubuk paprika, lada, dan sedikit garam diatas alpukat.

Alpukat merupakan buah yang sangat fleksibel. Karena rasanya yang cenderung tawar. Selain dimakan langsung, buah ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti dijadikan camilan, dimasukkan ke dalam sushi, dicampurkan ke salad, sampai dijadikan smoothie dan jus.

Selain itu, alpukat juga dapat dijadikan alternatif pengganti bahan-bahan makanan agar lebih sehat, ini dia beberapa tipsnya:

  • Oleskan alpukat di atas roti panggang di pagi hari sebagai pengganti mentega.
  • Gunakan alpukat sebagai pengganti mayones dalam salad, atau sebagai olesan pada sandwich.
  • Campurkan alpukat, perasan jeruk lemon, susu almond, krim, dan madu lalu bekukan untuk membuat es krim yang sehat.

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi, serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh, tak salah lagi jika alpukat dijuluki sebagai superfood. Selain sehat, alpukat rasanya juga enak dan mudah diolah menjadi berbagai macam menu makanan.

Yuk, mulai konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran secara rutin agar tubuh kuat dan badan senantiasa sehat! Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski