Peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 115 dan 116

Peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 115 dan 116

Wacaberita.com – Halo sobat, adik adik siswa kelas 5 SD MI masih semangat belajar kan. Mari kita simak bersama pertanyaan berikut tentang Peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 115 dan 116.

Sebaiknya adik adik siswa kelas 5 membaca materinya terlebih dahulu yang terdapat pada halaman sebelumnya. Kemudian adik adik mampu menjawab pertanyaan Peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 115 dan 116.

Diharapkan adik adik mampu menjawab pertanyaan Peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 115 dan 116 secara mandiri. Nanti hasil pekerjaan adik adik bisa dicocokan dengan kunci jawaban berikut.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 5 agar dapat memahami tentang materi pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 tentang Benda-Benda di Sekitar Kita.

Ayo Mengamati

Perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan berikut.

1. Apa yang dikerjakan anak-anak dalam gambar? Apakah mencerminkan kerukunan saat di sekolah? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut

Jawaban

Yang dikerjakan anak-anak dalam gambar pertama adalah merapikan buku-buku di perpustakaan bersama-sama. iya, kegiatan yang mereka lakukan bersama-sama yaitu merapikan buku di perpustakaan mencerminkan kerukunan saat di sekolah. Ini termasuk kegiatan kerja bakti, bekerja bersama secara sukarela demi untuk kepentingan bersama.

Baca Juga :  Contoh perubahan alam akibat aktivitass manusia, Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 140

2. Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut

Jawaban

Yang dilakukan oleh bapak-bapak pada gambar kedua adalah kegiatan ronda atau siskamling. Sikap atau perilaku ini sering dilakukan di lingkungan masyarakat. Ronda dan siskamling ini adalah bagian dari usaha masyarakat secara bersama-sama untuk menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.

Ayo Berlatih

1. Apa yang kamu lakukan saat di depan rumahmu ada kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti? Tuliskan pada kolom berikut

Jawaban

Bergabung dan ikut membantu warga untuk membersihkan lingkungan. Meskipun membantu sebisanya, hal tersebut dapat memupuk rasa saling tolong-menolong dan menciptakan kerukunan antar warga.

2. Apa manfaat dari hidup rukun?

Jawaban

Kerukunan membuat hidup terasa lebih aman dan damai. Hubungan baik dengan orang lain akan memudahkan kita ketika memerlukan bantuan.

Demikian pembahasan pada pertanyaan Peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 115 dan 116. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Jangan lupa belajar ya dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski